AHY Lepas Keluarga Anies Baswedan Tunaikan Haji, Sempat Bahas Koalisi?

Momen Anies ibadah haji sama dengan keberangkatan Puan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istri ikut melepas keluarga Anies Baswedan berangkat ibadah haji pada Kamis sore (22/6/2023).

Keduanya sempat membahas tentang isu Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sebelum proses boarding pesawat.

"Saya meyakinkan kepada Mas Anies bahwa tim koalisi akan terus bekerja sehingga Mas Anies bisa menjalankan ibadah dengan benar-benar fokus," ungkap AHY di akun Instagram-nya yang dikutip pada Jumat (23/6/2023). 

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu juga menitipkan pesan kepada Anies untuk tetap menjaga kondisi di tengah cuaca yang cukup menantang. AHY berharap Anies dan keluarga bisa beribadah dengan baik di Arab Saudi. 

"Kami juga menitipkan pesan kepada Mas Anies untuk mendoakan yang baik-baik bagi perjuangan besar kita semua. Semoga bisa kembali ke Tanah Air dalam keadaan yang semakin siap untuk berjuang bersama. Sekali lagi selamat menunaikan ibadah haji, Mas Anies sekeluarga," tutur dia. 

Baca Juga: NasDem Unggah Foto Surya Paloh dan Jokowi di HUT ke-62 Presiden

1. Anies meminta maaf kepada sang ibu sebelum bertolak ke Arab Saudi

AHY Lepas Keluarga Anies Baswedan Tunaikan Haji, Sempat Bahas Koalisi?Anies Baswedan ketika berpamitan dengan sang ibu sebelum menunaikan ibadah haji. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Sementara, di akun media sosialnya, Anies sempat mengunggah sejumlah foto saat ia berpamitan dengan keluarga, termasuk sang ibu. Ia mengaku berangkat dari rumah menuju ke bandara pada Kamis sore dan terbang ke Arab Saudi pada malam harinya.

Ia juga bersyukur pada tahun ini bisa menyambut panggilan dari Tuhan untuk menunaikan ibadah haji. 

"Alhamdulilah, kami mensyukuri bahwa tahun ini kami menyambut panggilan-Nya untuk menunaikan ibadah haji," demikian tulis Anies di akun Instagram-nya, dikutip Jumat (23/6/2023). 

Ia pun memohon maaf atas semua kekeliruan yang pernah dilakukan.

"Mohon maaf atas semua salah kata, salah laku, salah sikap, salah paham atau apapun yang tidak berkenan," tutur dia. 

Anies mengatakan, ibadah haji kali ini menjadi sebuah perjalanan spiritual yang penting. Selain itu, ibadah haji kali ini bakal menjadi titik tolak bagi ikhtiar perjuangan besar ke depan. 

"Haji kali ini juga menjadi momen pengingat untuk melempangkan niat, meluruskan tujuan, memohon ampunan Allah SWT dan memohon perlindungan Allah SWT dari godaan nafsu yang dapat mengotori kesucian niat," katanya lagi. 

Baca Juga: Wah, Anies Sudah Kantongi Satu Nama Cawapres untuk Berduet di 2024

2. Anies menunaikan ibadah haji bersamaan dengan Puan Maharani?

AHY Lepas Keluarga Anies Baswedan Tunaikan Haji, Sempat Bahas Koalisi?Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Sementara, beredar informasi bahwa Anies menunaikan ibadah haji bersamaan waktunya dengan Ketua DPR, Puan Maharani. Puan pun mengakui momen itu.

Namun, menurut Anies, tujuannya ke Saudi hanya untuk beribadah. Meskipun ada kemungkinan ia bakal bertemu Puan di sana. 

"Kita kalau ketemu siapa saja di sana, sama saja, tujuan kita ibadah," kata Anies di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis. 

Anies mengatakan, ibadah haji adalah momentum perjumpaan umat Islam sedunia. Sejak dulu, katanya, jemaah haji pasti akan bertemu dengan jemaah dari negara lain. Anies menyebut hal yang sama akan ia alami apabila nanti bertemu Puan di sana.

"Ya, saya insyaallah akan bertemu haji dari Palestina, dari Maroko, Kazakhstan, Afganistan, Malaysia," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Tim 8 Yakin Kebenaran Ucapan Denny Indrayana soal Anies Akan Tersangka

3. Puan tegaskan seandainya bertemu Anies, tujuannya untuk ibadah

AHY Lepas Keluarga Anies Baswedan Tunaikan Haji, Sempat Bahas Koalisi?Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. (www.instagram.com/@puanmaharani)

Sementara, Puan juga tak menampik bahwa tahun ini ia bakal menunaikan ibadah haji. Namun, ia mengaku tidak tahu apakah tanggal keberangkatannya bersamaan dengan Anies. 

"Insyaallah, saya akan berangkat haji. Insyaallah," kata Puan. 

Senada dengan Anies, ia menegaskan, seandainya bertemu dengan Anies di Saudi pun tujuan utamanya untuk beribadah dan bukan membahas isu politik.

"Ya, kalau di sana bertemu (Anies) tujuannya buat beribadah, bukan untuk membuka komunikasi politik," ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR itu. 

"Jadi, didoakan saja agar semua berjalan lancar dan mabrur. Amin," kata dia pada Selasa (20/6/2023) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. 

Di sisi lain, Puan baru meninggalkan Tanah Air usai mengikuti puncak bulan Bung Karno yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada Sabtu (24/6/2023). 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Bendum NasDem Sebut Demokrat Paksa AHY Harus Jadi Cawapres Anies

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya