Andika Perkasa: Saya Lebih Cocok Mendukung Mas Ganjar

Andika tak bisa ungkapkan apakah sudah jadi kader PDIP

Jakarta, IDN Times - Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku lebih cocok mendukung bakal calon presiden (bacapres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Menurut Andika, ketiga bacapres yang saat ini muncul, Ganjar, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, memiliki kualitas baik. Namun, Andika memiliki pilihan pribadi.

"Pak Prabowo pasti punya kelebihan, pengalaman. Begitu juga dengan Pak Anies, Beliau juga memiliki kelebihan dan pengalaman. Pak Ganjar juga begitu," ujar Andika di Jakarta Barat pada Jumat (7/7/2023). 

"Tapi, kalau saya ditanya, saya punya preferensi pribadi juga. Saya lebih cocok mendukung Mas Ganjar," tutur dia lagi. 

Ketika ditanya alasannya, Andika mengaku tidak bisa menyampaikan secara detail. Ia mengaku hanya merasa secara pribadi lebih cocok mendukung politisi PDI Perjuangan itu. 

Baca Juga: Andika Siap Jalankan Tugas Apapun di Tim Pemenangan Ganjar

1. Andika belum bisa ungkap apakah sudah menjadi kader PDIP

Andika Perkasa: Saya Lebih Cocok Mendukung Mas GanjarMantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa bersama Bacapres dari PDIP Ganjar Pranowo (dok. PDIP)

Sementara, ketika ditanyakan apakah Andika sudah menjadi kader PDIP dan memegang Kartu Tanda Anggota (KTA), mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu mengaku belum bisa menjawabnya.

"Itu belum bisa saya jawab," kata Andika. 

Indikasi Andika resmi terjun ke politik praktis terlihat ketika berziarah ke makam Bung Karno di Blitar. Andika juga hadir di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno pada 24 Juni. 

Bahkan, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut, nama Andika Perkasa masuk dalam daftar tim sukses pemenangan Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

"Ya, saya yang ditugaskan untuk kemudian nantinya membentuk tim (sukses). (Andika) masuk ke dalam list saya," ungkap Puan di SUGBK, pada 22 Juni 2023.

Keluarga Andika Perkasa cukup dekat dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Mertua Andika, AM Hendropriyono pernah menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) saat Megawati menjabat sebagai Presiden. Hendropriyono juga masuk dalam tim transisi Joko "Jokowi" Widodo-Jusuf Kalla karena kedekatannya dengan Megawati.

Baca Juga: Andika Siap Jalankan Tugas Apapun di Tim Pemenangan Ganjar

2. Andika belum pernah dihubungi PDIP bahas posisi ketua timses Ganjar

Andika Perkasa: Saya Lebih Cocok Mendukung Mas GanjarMantan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa berziarah ke makam Bung Karno. (Dokumentasi Istimewa)

Andika mengaku belum pernah membahas peluang sebagai Ketua Timses Ganjar Pranowo dengan PDI Perjuangan. Meski begitu, Andik mengaku sering berkomunikasi dengan PDI Perjuangan.

"Belum pernah dibicarakan (permintaan menjadi ketua timses). Saya siap (diberi tugas apapun). Komunikasi juga sering tapi kan tidak spesifik membahas mengenai tim pemenangan atau apa, itu gak pernah. Itu belum," tutur dia. 

Selain nama Andika, ada pula sosok Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Arsjad Rasjid yang digadang-gadang bakal jadi ketua timses Ganjar. 

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

3. PPP sebut rancangan tim sukses Ganjar akan dibahas pekan depan

Andika Perkasa: Saya Lebih Cocok Mendukung Mas GanjarSekjen PPP Arwani Thomafi (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sementara, Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi menyatakan rancangan tim sukses pemenangan bakal calon presiden Ganjar Pranowo akan dibahas pekan depan. Parpol pendukung Ganjar, kata dia, bakal menyampaikan nama-nama untuk dimasukan ke dalam tim tersebut. 

"Kami dari parpol, tentu akan sampaikan usulan nama-nama yang ditugaskan di tim kampanye nasional. Nanti kami juga mengusulkan nama yang akan bersama-sama di tim relawan. Minggu depan Insya Allah, akan rapat," ujar Arwani kepada media di Jakarta pada Jumat (7/7/2023). 

Saat ditanya apakah nama Jenderal (Purn) Andika Perkasa masuk dalam tim sukses sebagai ketua, Arwani tidak memberikan jawaban lugas. Ia hanya menegaskan semua keputusan terkait timses dan ketuanya akan dibahas pekan depan.

"Insya Allah pertemuan selanjutnya hari Senin. Nanti setiap parpol akan sampaikan usulan nama-nama itu. Hari Senin, setidaknya ada perkembangan. Apakah nanti akan secara keseluruhan atau kita sampaikan sementara usulan dari parpol," tutur dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Puan Akui Andika Perkasa Masuk Daftar Kandidat Ketua Timses Ganjar 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya