Cak Imin Gagal Bujuk Demokrat Berkoalisi: Ternyata Iman AHY Kuat

Cak Imin belum melamar AHY untuk posisi capres/cawapres

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengakui ia gagal membujuk Partai Demokrat bergabung ke Koalisi Besar yang sedang dirintis. Maka itu, ia belum melamar atau menawarkan posisi tertentu bagi Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut, ketika melakukan silaturahmi politik ke Puri Cikeas, Bogor, Rabu malam (3/5/2023). 

Cak Imin mengaku tidak hanya berkomunikasi dengan AHY, tetapi sekaligus melepas rindu dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebab, Cak Imin pernah menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan jilid II kepemimpinan SBY. 

"Memang salah satu agenda saya adalah berupaya memengaruhi partai-partai, termasuk saya berencana memengaruhi Mas AHY. Tapi, setelah ketemu, ternyata imannya kuat juga," ungkap Cak Imin yang disambut tawa elite PKB dan Demokrat. 

"Karena imannya kuat, maka saya harus berhati-hati ngomongnya. Saya gak akan buka ini kalau gak ditanya," tutur dia. 

"Rahasianya (yang disampaikan), saya belum melamar (AHY), karena imannya masih kuat. Nanti kita tunggu saja. Moga-moga sepulang saya dari sini, imannya bisa goyah," kelakarnya, kembali membuat tawa elite PKB dan Demokrat. 

Apakah keinginan PKB untuk mengembangkan koalisi jadi padam?

1. PKB akan tetap berusaha mengajak Demokrat berkoalisi

Cak Imin Gagal Bujuk Demokrat Berkoalisi: Ternyata Iman AHY KuatKetum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ketika menerima silaturahmi Ketum PKB, Muhaimin Iskandar di Puri Cikeas pada Rabu, 3 Mei 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, Cak Imin sempat melontarkan sejumlah pertanyaan untuk menggali informasi soal komitmen Partai Demokrat dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Sebab, ia mendengar koalisi itu belum solid terbentuk, lantaran Demokrat masih menginginkan AHY untuk dijadikan cawapres bagi Anies Baswedan.

"Istilahnya (saya tadi bertanya) di sana (Demokrat di KPP) sudah serius atau belum? Bahasa lebih lugasnya di sana masih jomblo atau gak?" ujar Cak Imin. 

Uniknya, menanggapi ucapan Cak Imin, AHY justru mengaku tidak mendengar ada pertanyaan seperti itu yang terlontar saat diskusi keduanya. Seperti diketahui, AHY dan Cak Imin sempat berbicara empat mata di Puri Cikeas. 

"Kalau ada pertanyaan seperti itu, diskusi kami pasti lebih lama di dalam," tutur AHY merespons rayuan Cak Imin. 

Baca Juga: Cak Imin Tiba di Puri Cikeas, Coba Rayu Demokrat Gabung Koalisi Besar?

2. Cak Imin sebut rutin silaturahmi temui SBY setiap Syawal

Cak Imin Gagal Bujuk Demokrat Berkoalisi: Ternyata Iman AHY KuatKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar hadir dalam rapat koordinasi Caleg PKB se-Kalimantan Selatan di Tanah Bumbu (dok. PKB)

Lebih lanjut, Cak Imin mengaku menyambangi Puri Cikeas tidak kali ini saja. Ia mengaku rutin bertemu SBY setiap Syawal. 

"Itu sudah menjadi tradisi saya untuk bersikap sopan kepada senior, apalagi kan dulu saya pernah menjadi menteri di era Pak SBY," kata pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPR itu. 

Dari pertemuan dengan SBY, Cak Imin melanjutkan perbincangan bersama Ketua Umum Demokrat, AHY. 

3. PKB tetap optimistis meski beda koalisi, namun bisa gaet Demokrat

Cak Imin Gagal Bujuk Demokrat Berkoalisi: Ternyata Iman AHY KuatKetua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Lebih lanjut, Cak Imin mengaku dalam pembicaraan empat mata dengan AHY, tidak ada pernyataan yang saling menggoda. Ia hanya mengingatkan hanya Tuhan yang menentukan takdir. 

"Saya hanya mengingatkan saja bahwa manusia itu cuma bisa berusaha. Takdir di tangan Tuhan. Siapa tahu kita bisa bareng meski berbeda koalisi," kata Cak Imin. 

Seperti diketahui, PKB kini sudah berkoalisi dengan Gerindra di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Lalu, koalisi itu sudah melebar ke Golkar. Sedangkan, Demokrat bersama NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membentuk KPP. 

Baca Juga: Demokrat Benarkan Cak Imin Bakal Temui SBY dan AHY di Cikeas Hari Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya