Diundang Raja Naik Haji, Anies Ucapkan Terima Kasih ke Pangeran MBS

Ganjar juga ikut diundang untuk naik haji oleh Raja Saudi

Jakarta, IDN Times - Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan mengunggah foto di akun media sosialnya tengah berjabat tangan dengan putera mahkota Kerajaan Saudi, Mohammed Bin Salman al-Saud (MBS). Ia dan sejumlah pejabat dari Indonesia ikut diundang untuk makan siang di Istana Mina, Mekkah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu merupakan salah satu dari tamu Raja Salman yang diundang untuk menunaikan ibadah haji 1.444 Hijriah. Itu sebabnya, Anies kemudian mengucapkan terima kasih kepada MBS atas undangan ibadah haji tersebut. 

"Kemarin pada 29 Juni 2023, Putra Mahkota Kerjaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud (MBS) mengundang para tamu raja untuk makan siang bersama di Istana Mina, Mekkah," demikian yang ditulis oleh Anies di akun Instagram dan dikutip pada Jumat (30/6/2023). 

Ia menambahkan sejumlah tamu raja ditempatkan di Mina Hospitality Palace yang jaraknya hanya 10 menit dari bangunan utama Istana Raja di Mina. Kompleks istana sendiri, kata Anies, berada di sisi barat daya kawasan Mina. 

"Saat berjumpa dengan putera mahkota Pangeran MBS kami sampaikan ucapan terima kasih atas kehormatan untuk bisa berangkat haji atas undangan dari Kerajaan Arab Saudi. Kami juga ucapkan penghargaan atas pelayanan yang luar biasa selama tinggal di Mekkah ini," katanya lagi. 

Anies diketahui mulai berangkat ke Saudi pada 22 Juni 2023 lalu. Ia bahkan dilepas secara khusus oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

1. Anies doakan Raja Salman diberi usia yang panjang

Diundang Raja Naik Haji, Anies Ucapkan Terima Kasih ke Pangeran MBSANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto

Lebih lanjut, ia juga menitipkan pesan kepada Raja Salman agar diberikan kesehatan dan usia yang panjang. Ia juga mendoakan agar Pangeran MBS bisa tetap menjalankan tugasnya sebagai Putera Mahkota Saudi dengan baik. 

"Kepada Pangeran MBS, kami sampaikan juga ucapan selamat. Semoga bisa terus menjalankan tugas dengan baik. Semoga, bisa kembali berkunjung ke Indonesia," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Ia berharap akan semakin banyak kerja sama antara Indonesia-Arab Saudi supaya hubungan kedua negara makin erat. "Lagipula relasi kedua negara sudah seperti saudara dan berlangsung amat panjang," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Anies, Ganjar dan Puan Nikmati Jamuan Raja Salman saat Berhaji

2. Raja Salman ikut menjamu Ganjar Pranowo hingga Imam Besar Masjid Istiqlal

Diundang Raja Naik Haji, Anies Ucapkan Terima Kasih ke Pangeran MBSBakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan bertemu dengan capres Ganjar Pranowo di Istana Raja Saudi pada 29 Juni 2023. (www.instagram.com/@yusufmansurnew)

Selain Anies, Raja Salman juga mengundang sejumlah tamu lain dari Indonesia yang merupakan pejabat tinggi. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Ketua DPR, Puan Maharani, Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, hingga Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. Foto tersebut diunggah oleh pendakwah Yusuf Mansur. 

"Ini momen super langka kalau buat saya pribadi," demikian yang ditulis oleh Yusuf di akun Instagramnya dan dikutip pada hari ini. 

Di dalam foto itu, ia terlihat duduk di antara Ganjar dan Anies. Ia mengatakan baik Ganjar dan Anies terlihat asyik berbincang di Istana Raja Salman. 

"Saya sampai inisiatif mempamitkan diri. Sebab, kata Pak Anies dan Pak Ganjar, mau melontar jumroh. Aslinya, kayak betah. Bercengkerama," tutur dia. 

3. Pertemuan Puan dan Anies di Saudi tidak disengaja

Diundang Raja Naik Haji, Anies Ucapkan Terima Kasih ke Pangeran MBSAnies Baswedan dan istri yang tak sengaja bertemu Ketua DPR, Puan Maharani di Arab Saudi. (Dokumentasi PDIP)

Sementara, Anies tidak hanya tak sengaja bertemu Ganjar Pranowo di Saudi. Ia juga bertemu Ketua DPR, Puan Maharani di Guest House di Mina.

Menurut Puan, pertemuannya dengan Anies juga tidak disengaja atau direncanakan sebelumnya. Meski begitu, ia tetap berbincang dengan Anies sebagai bentuk silaturahmi. 

"Silaturahmi itu harus terus dijaga, kapan pun, dan di mana pun. Apalagi di Tanah Suci," ungkap Puan di dalam keterangan tertulis pada Jumat (30/6/2023). 

Keduanya bertemu di sela-sela prosesi melempar jumarah. Sambil beristirahat, Puan dan Anies pun sempat berbincang. 

Prosesi lontar jumroh itu, Puan turut didampingi Ketua DPP PDIP, Said Abdullah. Ia pun membenarkan pertemuan Puan dan Anies tidak direncanakan. 

"Kami sedang beristirahat sejenak usai dari Mina untuk melempar jumrah kedua. Tanpa direncanakan, kami bertemu dengan Mas Anies Baswedan. Saat keduanya beristirahat usai kegiatan panjang itu lah mereka bertemu," ujar Said. 

Ia mengatakan baik Puan dan Anies saling mendoakan agar dapat menjalankan sisa rangkaian ibadah haji dengan lancar. "Mereka terlihat bercakap-cakap santai. Bicara yang ringan-ringan saja dan saling mendoakan. Apalagi sedang berada di Baitullah sebagai tempat yang bermustajab untuk berdoa," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Banggar DPR itu. 

Baca Juga: Ganjar Ketemu Anies di Saudi, Demokrat: Tanda Pilpres 2024 Bakal Sejuk

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya