Foto Ibu Negara Antarkan Kaesang Coblos Pilkada Viral di Medsos

Gaya sederhana Iriana banyak dipuji warganet

Jakarta, IDN Times - Selain masyarakat Indonesia, keluarga Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak yang digelar Rabu (27/6). Mereka yang mencoblos, yakni dua putra Jokowi; Kaesang Pangarep dan Gibran Raka Bumi, menantu; Selvi Ananda, serta ibu Jokowi, Sujiatmi. Sedangkan, Iriana gak ikut mencoblos dan hanya mengantarkan mereka.

Keluarga Jokowi menggunakan hak pilihnya di TPS 23 Tirtoyoso RT 05 RW 13, Manahan, Banjarsari, Solo. Namun, ada peristiwa yang menyejukan yang membuat netizen kagum terhadap keluarga orang nomor satu di Indonesia itu. Walau, yang mencoblos adalah orang terdekat Presiden, mereka tetap antri dan menunggu dipanggil oleh petugas KPPS untuk diberi kertas suara.

Foto Iriana dan Kaesang menunggu pun menjadi viral serta menjadi perbincangan hangat. Apa aja komentar mereka? Dan siapa pemenang Pilkada Gubernur Jawa Tengah berdasarkan hasil hitung cepat?

1. Keluarga Jokowi sempat menyapa warga usai mencoblos

Foto Ibu Negara Antarkan Kaesang Coblos Pilkada Viral di MedsosANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Keluarga Jokowi tiba di TPS sekitar pukul 09.00 WIB. Iriana datang bersama putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Ia langsung mendaftar ke petugas KPPS dan antre agar bisa mencoblos.

Sedangkan, Iriana gak ikut menggunakan hak suaranya karena sudah beralih KTP menjadi DKI Jakarta. Walau merupakan orang terdekat Presiden, tetapi pengamanan terhadap mereka, menurut warga gak terlalu ketat. Ini bukan kali pertama keluarga Jokowi datang ke satu tempat dengan pengamanan minim.

Sementara, ibu Jokowi, Sujiatmi tiba di TPS sekitar pukul 10.30 WIB. Usai menggunakan hak suaranya, ia mengucapkan harapannya bagi Provinsi Jawa Tengah.

"Semoga Jawa Tengah sukses," kata Sujiatmi. Selesai menggunakan hak pilihnya, keluarga Jokowi pamit dan menyapa warga sekitar.

2. Sikap antre keluarga Jokowi dipuji warganet

Foto Ibu Negara Antarkan Kaesang Coblos Pilkada Viral di Medsosinstagram.com/ayanggkahiyang/

Melihat sikap keluarga Presiden yang sederhana dan mau antre menjadi perbincangan di dunia maya. Menurut warganet, sebagai anak Presiden, Kaesang dan Gibran bisa saja meminta agar gak perlu antre dan langsung mencoblos. Tetapi, itu gak dilakukan oleh mereka.

Komentar lainnya yakni warganet membandingkan gaya Iriana yang dinilai sederhana dengan ibu negara pendahulunya yakni Ani Yudhoyono. Bahkan, ada yang sampai menandai akun Twitter Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

3. Pasangan Ganjar - Yasin sudah mengklaim kemenangan di Pilkada 2018

Foto Ibu Negara Antarkan Kaesang Coblos Pilkada Viral di MedsosANTARA FOTO/R. Rekotomo

Kendati hasil penghitungan sebenarnya belum dirilis oleh KPUD Jawa Tengah tetapi kedua pasangan calon Ganjar Pranowo - Taj Yasin dan Sudirman Said - Ida Fauziyah masing-masing mengklaim kemenangan berdasarkan hasil hitung cepat.

Ketua DPP PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, mengklaim berdasarkan hasil survei internal mereka, Ganjar - Yasin memperoleh 71,6 persen suara. Sementara, perolehan suara terburuk, diprediksi Bambang yakni 61,6 persen.

"Tapi, yang paling masuk akal adalah 65,4 persen," ujar Bambang di kantor DPP PDIP Jawa Tengah pada Selasa malam (26/6).

Bambang menjelaskan klaim kemenangan mereka berdasarkan survei yang dilakukan dengan metode harian seperti yang dilakukan di pemilihan Presiden Korea Selatan. Survei harian itu, disebut Bambang bahkan sudah dimulai sejak 18 Juni lalu.

Sementara, di kubu Sudirman - Ida juga gak mau kalah. Tim pemenangan paslon nomor urut dua itu memprediksi akan meraih lebih dari 60 persen. Menurut tim pemenangan paslon, Ikhsan Mustofa, ada tim tabulasi penghitungan suara yang sudah disiapkan di kantor DPP Gerindra Jawa Tengah.

"Target kami untuk pemenangan Sudirman - Ida cukup 60 persen saja. Kami memprediksi akan menang di 38.383 TPS yang tersebar di 51.135 desa/kelurahan," ujar Ikhsan kepada media semalam.

Sementara, dari hasil hitung cepat SMRC yang sampelnya telah masuk 100 persen semalam menunjukkan paslon Ganjar - Yasin sebagai pemenang. Ganjar meraih 58,58 persen suara, sedangkan Sudirman mendapat 41,42 persen suara.

Baca juga: Foto-foto Romantisnya Jokowi dan Ibu Iriana di Tanah Papua, Sepayung Berdua

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya