Ganjar Ketemu Anies di Saudi, Demokrat: Tanda Pilpres 2024 Bakal Sejuk

"Ini pengingat meski berbeda tapi tak putus tali komunikasi"

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat merespons positif pertemuan bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, dengan Ganjar Pranowo di tengah-tengah ibadah haji di Arab Saudi. Pertemuan itu terjadi pada 26 Juni 2023 lalu. Anies dan Ganjar disebut bertemu secara tidak sengaja. 

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra, menilai pertemuan kedua bakal capres itu seolah menjadi penanda bahwa pemilu 2024 akan berlangsung sejuk. Tidak ada penjegalan capres dan pembegalan partai politik. 

Selama ini, Anies kerap disebut-sebut bakal dijegal langkahnya agar gagal didaftarkan sebagai bakal capres ke Kantor Pemilihan Umum (KPU).

Di sisi lain, Kepala Staf Presiden (KSP) mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung untuk menyatakan bahwa kepengurusan Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Sumatera Utara lah yang sah. KLB itu menunjuk Moeldoko menjadi Ketum Partai Demokrat. 

"Tentu ini bisa membawa hawa kesejukan bagi kita semua menuju kontestasi Pilpres 2024," ungkap Herzaky, dalam keterangan tertulis pada Kamis (29/6/2023). 

Ia menambahkan, pertemuan kedua sosok itu juga menjadi tanda bahwa perbedaan sikap politik tidak harus menyebabkan tali komunikasi dan silaturahmi terputus. Semangat itu, kata Herzaky, juga diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). 

1. Partai Demokrat berharap masyarakat meniru sikap dari calon pemimpin di pemilu 2024

Ganjar Ketemu Anies di Saudi, Demokrat: Tanda Pilpres 2024 Bakal SejukAnies Baswedan (kiri) dan Ganjar Pranowo (kanan) (Dokumentasi IDN Times)

Lebih lanjut, Herzaky berharap sikap kedua calon pemimpin pada 2024 itu bisa diikuti oleh masyarakat. Meski berbeda sikap politik bukan berarti harus saling bermusuhan. 

"Pengingat kalau berbeda pilihan, bukan berarti harus bermusuhan dan tidak berkomunikasi. Kita tunggu semoga ada pasangan-pasangan lain juga bukan hanya berdua ini," kata Herzaky. 

Baca Juga: PPP Ungkap Pembahasan Pertemuan Anies dan Ganjar di Saudi saat Berhaji

2. Pertemuan dilakukan sebelum jemaah haji bergerak ke Arafah untuk wukuf

Ganjar Ketemu Anies di Saudi, Demokrat: Tanda Pilpres 2024 Bakal SejukWasekjen PPP Achmad Baidowi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sementara, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi membenarkan pertemuan itu. Dia mendapat informasi langsung dari Suharso.

"Itu sebenarnya tidak hanya enam orang pertemuannya, tetapi banyak, beliau (Suharso) mengirim foto yang banyak orang hadir juga, itu pertemuan terjadi di Hospital Guest atau pun di kita itu guest host ya kerajaan. Jadi diundang jamuan makan oleh Kerajaan Arab Saudi. Nah di situ persiapan untuk menuju Arafah. Tempatnya di hospital guest di Mina," ujar pria yang akrab disapa Awiek itu pada 27 Juni 2023 di Jakarta.

Awiek menerangkan, pertemuan itu tidak ada membahas soal politik. Menurutnya, pertemuan sebatas momen ketika sedang berhaji.

"Pertemuan itu karena mereka ada di situ, oleh Pak Harso diajak untuk ngobrol-ngobrol lah ya ketemu foto-foto. Kan momen itu belum tentu datang setiap tahun karena orang berhaji belum tentu setiap tahun. Jadi, tidak ada momen politik di situ hanya sebatas pertemuan ketemu secara kebetulan di jamuan makan oleh Kerajaan Arab Saudi," tuturnya. 

"Ya kita ber-khusnudzon saja. Beliau-beliau ada di Mekkah di Tanah Suci, di tanah yang mustajab mendoakan Indonesia ini lebih baik, adil, makmur, tentram, damai, dan sejahtera," katanya lagi. 

3. Anies dan Ganjar fokus beribadah haji

Ganjar Ketemu Anies di Saudi, Demokrat: Tanda Pilpres 2024 Bakal SejukGubernur Jateng Ganjar Pranowo datang ke warung Bubur Ayam Legenda di Semarang, Senin (26/7/2021). Ganjar terkesan dengan apa yang dilakukan pemilik warung yang bagikan bubur gratis untuk warga yang jalani isolasi mandiri. (humas.jatengprov.go.id)

Lebih lanjut, Awiek kembali menegaskan tak ada pembicaraan mengenai isu politik dalam pertemuan Anies dan Ganjar. Kedua pemimpin itu fokus untuk melaksanakan wukuf di Arafah.

"Gak ada (bahas politik). Di situ kan untuk ibadah. Gak bakal bicara soal koalisi di situ. Ya fokusnya karena mau ke Arafah, karena haji itu di Arafah, ya banyak berdoa lah. Soal ketemu masa gak ngobrol, ya ngobrol. Tetapi kan saya yakin gak bicara soal politik lah. Itu semua murni niatnya untuk ibadah," tutur Awiek. 

Baca Juga: Tim Kecil Sudah Serahkan Satu Nama Bakal Cawapres ke Anies, Siapa?

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya