Golkar Ingin Airlangga Jadi Capres 2024, Minta AMPI Gaet Anak Muda

Golkar menargetkan raih 20 persen suara di Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus, menitipkan pesan khusus pada HUT ke-45 Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), yang diperingati pada Rabu (28/6/2023). Lodewijk meminta agar sayap organisasi Golkar itu menggaet kelompok millennial, supaya sang ketua umum Airlangga Hartarto menjadi bakal capres pada Pemilu 2024. 

"Ingat yel-yel kita belum berubah, Golkar Indonesia, Indonesia Golkar, Golkar menang pilpres, menang pileg, menang pilkada, Airlangga presiden, presiden Airlangga. Jadi belum berubah. Kita tetap memperjuangkan untuk menjadikan Airlangga sebagai presiden dari Partai Golkar pada 2024," ungkap Lodewijk di kantor DPP Partai Golkar. 

"Seluruh kader AMPI diminta untuk berjuang memenangkan Partai Golkar dan memenangkan calon presidennya Partai Golkar, siapa? Airlangga," sambung dia. 

Lodewijk mengatakan AMPI akan fokus untuk menggarap calon pemilih dari kelompok anak muda. Maka itu, kata dia, Golkar memiliki pekerjaan rumah untuk bisa menarik kelompok millennial. 

"Pertanyaannya, namanya juga AMPI. Nah, segmennya siapa sih? Kita 2024 mulai kita rasakan bonus demografi yang luar biasa. Kalau kita tidak manfaatkan itu, maka kita tidak akan lolos yang dikatakan middle income trap yang sebenarnya sekarang sudah kita lewati," kata pria yang juga menjabat sebagai Sekjen DPR tersebut. 

Lalu, apa strategi Golkar agar bisa mendekati calon pemilih dari kelompok muda?

1. AMPI diminta gunakan pendekatan media sosial untuk raih kaum muda

Golkar Ingin Airlangga Jadi Capres 2024, Minta AMPI Gaet Anak MudaKetua AMPI, Jerry Sambuaga (kiri) ketika menyambut Pemuda Pergerakan UMNO. (www.instagram.com/@ampi.id)

Lebih lanjut, Lodewijk menjelaskan, dari hasil sejumlah survei untuk mendekati kelompok muda, maka Golkar harus menggunakan media sosial. Sebab, mayoritas  kelompok anak muda tidak bisa lepas dari media sosial dan telepon seluler. 

"Ada 167 juta jiwa orang Indonesia yang aktif di media sosial. Mereka rata-rata pada rentang umur 20-29 tahun. Itulah yang saya katakan merupakan garapan segmen AMPI," kata dia. 

Lodewijk pun meminta AMPI tidak lagi menggunakan cara-cara lama dalam menggaet suara millennial.

"Kalau kami tidak masuk atau menggunakan gaya kami-kami kaum baby boomer. Karena itu tidak tepat. Yang bisa mendekati anak-anak muda ya yang muda-muda ini. Jerry, Mba Putri atau Sekjennya mereka yang tahu," ujarnya. 

Baca Juga: HUT ke-58 Golkar, Airlangga Targetkan Raih 20 Persen Kursi di Pileg

2. AMPI siap tunaikan tugas untuk memenangkan Airlangga jadi capres di Pemilu 2024

Golkar Ingin Airlangga Jadi Capres 2024, Minta AMPI Gaet Anak MudaWakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sementara, Ketua Umum AMPI, Jerry Sambuaga, mengaku siap menunaikan penugasan dari Gokar, yakni membantu pemenangan Pemilu 2024.

"Kami sebagai ormas yang didirikan oleh Partai Golkar, akan tegak lurus kepada ketum (ketua umum) kami, Pak Airlangga dan kepada Partai Golkar untuk memenangkan agenda politik ke depan, baik itu pilpres, pileg dan pilkada," kata Jerry. 

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan itu mengatakan bakal berkeliling ke seluruh Indonesia. Apalagi, AMPI sudah memiliki cabang di 37 daerah. 

"Kami juga akan semaksimal mungkin melakukan roadshow di seluruh daerah di Indonesia. Kami melakukan musda-musda secara maksimal. Sementara, di luar negeri, kami juga sudah memiliki cabang contohnya AMPI Australia dan lain-lain," Jerry. 

3. Golkar menargetkan bisa meraih 20 persen suara di parlemen

Golkar Ingin Airlangga Jadi Capres 2024, Minta AMPI Gaet Anak MudaMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Pada kesempatan lain, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan pihaknya bakal berjuang agar di Pemilu Legislatif 2024, partai berlambang pohon beringin itu bisa meraih 20 persen suara. Maka, Airlangga memerintahkan seluruh kader untuk bersikap all out memenangkan Golkar. 

"Kita targetnya tidak tinggi-tinggi amat. Target kita hanya 20 persen dari 100 persen, kemenangan pilkada 60 persen, pemenangan pilpres nomor 1," ujar Airlangga ketika membuka rakernas di DPP Partai Golkar pada 4 Juni 2023.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Gabung ke Golkar, Ridwan Kamil Tak Diusung Jadi Capres di Pemilu 2024

https://www.youtube.com/embed/AXyT7lRkDWo

Topik:

  • Rochmanudin
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya