Koalisi PDIP Siapkan Jurkam Muda Menangkan Ganjar pada Pemilu 2024

Jurkam akan kampanye di berbagai platform media

Jakarta, IDN Times - Koalisi PDI Perjuangan (PDIP) menyiapkan juru kampanye muda dan mengajak calon pemilih muda untuk memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres). 

Berdasarkan Data Pemilih Tetap (DPT) KPU, jumlah calon pemilih muda pada Pemilu 2024 mencapai 106,3 juta atau 52 persen. Artinya, suara mereka menjadi penentu kemenangan bagi para capres yang berlaga di pemilu. 

Sejak Senin (17/7/2023), koalisi PDIP memberikan pelatihan sebagai juru kampanye bagi kader-kader dan relawan muda.

"Kami akan menggembleng jurkam muda, pendukung Pak Ganjar Pranowo. Pesertanya masih sangat berdisiplin, ada 300 orang (yang ikut pelatihan)," ungkap Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto di iNews Tower, Jakarta Pusat pada Selasa (18/7/2023). 

Ada sejumlah pemateri yang memberikan pelatihan kepada jurkam muda. Di antaranya adalah Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo; mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa; Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Arsjad Rasjid; hingga Ketua DPR, Puan Maharani. 

Baca Juga: PDIP Tak Masalah Usul Pilkada 2024 Ditunda, Tapi Lebih Baik Dipercepat

1. Jurkam muda harus paham apa keunggulan Ganjar yang bisa dipasarkan

Koalisi PDIP Siapkan Jurkam Muda Menangkan Ganjar pada Pemilu 2024Ganjar Pranowo Ganjar didampingi Ketua Panitia Safari Politik Ganjar Pranowo ke Sumut, Paul Baja M Siahaan meresmikan rumah pemenangan di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Hary Tanoesoedibjo (HT) membocorkan tips cara menjadi jurkam yang efektif. Ia mengatakan, sebagai jurkam muda, mereka harus tahu keunggulan Ganjar yang bisa menarik calon pemilih.

"Jadi, kita lihat dari Pak Ganjar itu masih muda, energik, good looking, tampan. Beliau masih menjabat sebagai kepala daerah dan memiliki rekam jejak di tingkat eksekutif serta legislatif," ungkap pria yang juga mogul media itu. 

Hal lain yang juga menonjol dari Ganjar, kata HT, ia merupakan sosok family man.

"Kan kita bisa lihat dia harmonis dengan istrinya. Hal lain yang juga tak kalah penting yaitu beliau sangat dekat dengan orang-orang di bawah," ujarnya. 

Setelah tahu keunggulan atau marketing value proposition Ganjar, maka pengetahuan lainnya yang wajib dimiliki oleh para jurkam muda adalah siapa audiens yang bakal dihadapi.

"Artinya, kita harus mampu meyakinkan pihak tertentu. Maka, kita harus tahu siapa pihak tersebut. Caranya pun kami sesuaikan secara kreatif," tutur dia. 

Di dalam materi yang ia bagikan kepada para jurkam muda, HT berbagi pandangan soal platform mana saja yang pas digunakan untuk mengenalkan Ganjar ke calon pemilih muda.

"Karena kan pendekatan di televisi lain, di media sosial lain lagi, begitu pula kalau tatap muka langsung atau offline," ujarnya lagi. 

Baca Juga: [WANSUS] 3 Alasan Perindo Percaya Diri Sodorkan TGB untuk Ganjar

2. Total ada 30 jurkam muda dari Perindo dan PDIP yang dikerahkan

Koalisi PDIP Siapkan Jurkam Muda Menangkan Ganjar pada Pemilu 2024Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara itu, Hasto mengatakan, ada 30 jurkam muda yang dikerahkan dari Perindo dan PDIP.

"Masing-masing partai ada 30 orang. Sisanya adalah relawan. Jadi 50-50 jumlah relawan dan (jurkam) partai karena ini satu paduan antara partai pengusung Ganjar dan para relawan," kata dia. 

Salah satu jurkam PDIP adalah Gibran Rakabuming Raka yang sudah akan mulai berkeliling untuk mengampanyekan Ganjar.

Baca Juga: Dikukuhkan! Tim 7 Gardu Ganjar Lampung Siap Sosialisasi Ganjar Pranowo

3. Jokowi ikut utus tim 7 yang membantu untuk memenangkan Ganjar

Koalisi PDIP Siapkan Jurkam Muda Menangkan Ganjar pada Pemilu 2024Presiden Jokowi ajak Ganjar Pranowo naik Pesawat Kepresidenan (Agus Suparto/Fotografer Presiden)

Selain dari PDIP dan Perindo, rupanya Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga mengirimkan utusan khusus sebanyak 7 orang yang bakal diberdayakan menjadi jurkam bagi Ganjar. Menurut Hasto, ketujuh orang ini adalah sosok-sosok yang mumpuni. 

"Setelah bertemu Presiden, karena beliau menugaskan tim komunikasinya yang dikenal sangat andal dan piawai dan betul-betul memahami bagaimana kepemimpinan Pak Jokowi," ungkap Hasto pada Senin kemarin. 

Namun, Hasto tak mengungkap siapa tujuh nama yang tergabung di dalam utusan khusus Jokowi tersebut. Dia hanya menyebut PDIP akan bergerak cepat mengerahkan sejumlah unsur relawan untuk memenangkan Ganjar.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: PDIP Buka Suara soal Baliho Prabowo Bareng Jokowi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya