Lapor ke Jokowi soal Dukungan Ganjar, Elite PPP Naik Bus ke Istana

PPP bakal ajak PAN dan Golkar dukung Ganjar

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Mardiono, tiba di Istana Kepresidenan, Kamis (4/5/2023) pukul 16.00 WIB. Sesuai rencana, ia bakal melaporkan hasil rapat pimpinan nasional (rapimnas) ke-5 PPP di Yogyakarta, yang resmi memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024.

Mardiono tiba di Istana dengan menggunakan bus PPP. Elite PPP tiba dengan menggunakan jaket berwarna hijau dan logo PPP. 

"Jadi, rombongan hari ini ada seluruh majelis dan total 13 orang, terdiri dari seluruh majelis, mahkamah partai, para wakil ketua umum, dan perwakilan dari pengurus harian. Ketua fraksi dan perwakilan sekretaris fraksi," ungkap Mardiono menjawab pertanyaan awak media. 

Selain melaporkan hasil rapimnas ke-5, Mardiono mengaku, tim PPP ingin halal bihalal dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Diketahui, Mardiono sudah halal bihalal dengan lima ketua umum parpol pendukung pemerintah beberapa hari lalu di Istana. 

"Jadi, ini merupakan tindak lanjut dari keputusan rapimnas, di mana klausul keempat mengamanatkan ke saya agar menyampaikan hal ini kepada Pak Presiden. Apalagi PPP adalah partai koalisi pemerintah," tutur dia. 

Mengapa PPP memilih memberikan dukungan bagi kader dari PDI Perjuangan tersebut?

1. PPP memilih mendukung Ganjar setelah melalui proses panjang

Lapor ke Jokowi soal Dukungan Ganjar, Elite PPP Naik Bus ke IstanaKetum PDIP dan Plt Ketum PPP ketika mengumumkan kesepakatan untuk dukung Ganjar Pranowo pada Minggu, 30 April 2023. (www.instagram.com/@pdiperjuangan)

Lebih lanjut, Mardiono menjelaskan, alasan parpol yang ia pimpin mendukung Ganjar karena ada kedekatan historis antara parpol dengan lambang ka'bah hitam dengan PDIP. PPP pun, kata dia, sudah lama menjalin kerja sama dengan Ganjar. 

"Dukungan serupa telah pernah diberikan oleh PPP, yakni dukungan politik pada Pilkada Provinsi Jateng 2018. PPP telah menghantarkan Beliau menjadi Gubernur Jateng yang berpasangan dengan kader PPP, Gus Taj Yasin, putra dari KH Maimun Zubair. Beliau adalah guru kami semua," ujar Mardiono di rapimnas di Sleman, Yogyakarta pada 26 April 2023. 

Alasan lain PPP mendukung Ganjar lantaran ia secara konsisten menunjukkan elektabilitas yang tinggi di sejumlah lembaga survei, dibandingkan tokoh politik lainnya.

"Beliau juga memiliki dukungan popularitas dan elektabilitas sebagai politisi telah dibuktikan melalui berbagai lembaga survei, dengan menempatkan Beliau di posisi teratas bila dibandingkan tokoh-tokoh yang lainnya," kata dia.

Selain itu, PPP menilai, Ganjar memiliki integritas dan akseptabilitas di basis massa PPP. "Tingkat akseptabilitas Beliau sangat cocok untuk menduduki posisi sebagai pemimpin bangsa," katanya. 

Ganjar secara historis, kata Mardiono, tidak dapat dipisahkan dari PPP. Hal itu lantaran mertua Ganjar pernah menjabat sebagai Ketua DPC PPP. 

Baca Juga: PPP: Usai Umumkan Ganjar Capres di Pemilu 2024, Belum Tentu KIB Bubar 

2. PPP ingin kader mereka yang dipasangkan dengan Ganjar menjadi cawapres

Lapor ke Jokowi soal Dukungan Ganjar, Elite PPP Naik Bus ke IstanaPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kanan) usai melaksanakan salat id bersama Capres PDIP, Ganjar Pranowo (kiri) di Solo (Dok. Tim Media Ganjar Pranowo)

Poin penting lainnya yang pernah disampaikan Mardiono di rapimnas yakni PPP bakal mengusahkan, agar kader internalnyalah yang dipasangkan dengan Ganjar sebagai bakal calon wakil presiden. Namun, Mardiono tidak menyebutkan siapa kader internal yang dimaksud, sebab sebelumnya santer terdengar Ganjar akan disandingkan dengan Sandiaga Uno usai ia hijrah ke PPP. 

"Ini saya tekankan karena ini adalah hasil dari rapat konstitusi PPP. Keinginan ini bukan harapan yang berlebihan, mengingat kader PPP, Hamzah Haz pernah menjabat sebagai Wakil Presiden mendampingi Ibu Megawati Soekarnoputri," kata dia. 

3. PPP bakal ajak PAN dan Golkar ikut dukung Ganjar di Pemilu 2024

Lapor ke Jokowi soal Dukungan Ganjar, Elite PPP Naik Bus ke IstanaMuhammad Mardiono menjawab pertanyaan wartawan setelah menjalani pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/11/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Lebih lanjut, Mardiono bakal mengajak Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk sama-sama mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. 

Menurut dia, jika dukungan kepada Ganjar mengalir dari KIB, maka akan tercipta KIB Plus. "Termasuk saya untuk mengajak anggota KIB untuk sama pilihannya dengan PPP," ujar Mardiono di Kantor DPP PDIP pada 30 April 2023.

Di sisi lain, posisi PPP di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan berbeda sejak mereka resmi mengumumkan kerja sama politik dengan PDIP. Meski KIB belum resmi diumumkan bubar, namun Golkar sudah menyiapkan langkah antisipasi seandainya benar-benar ditinggal oleh PAN dan PPP. 

Baca Juga: PPP Resmi Dukung Ganjar di Pilpres 2024, Tak Sebut Sosok Cawapres

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya