Survei CSIS: Elektabilitas Prabowo Teratas, Anies Salip Ganjar

Dukungan pilihan parpol tertentu belum solid

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, berada di posisi teratas, dalam rilis survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS Indonesia), Rabu (27/12/2023).

Prabowo-Gibran berhasil meraih elektabilitas 43,7 persen, meski kurang dari dua bulan jelang Pemilu 2024. Paslon nomor dua belum berhasil meraih angka elektabilitas di atas 50 persen, yang menargetkan menang satu putaran. 

Sementara dalam survei CSIS Indonesia, terdapat kenaikan elektabilitas paslon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Mereka meraih 26,1 persen. 

Sedangkan paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih elektabilitas 19,4 persen. Kemudian, sebanyak 6,4 persen responden masih menjawab rahasia atau belum menentukan pilihan. 

"Bagi tiga paslon, masih ada waktu dan harapan, langit belum runtuh. Kedua, situasi meski kecil, tapi faktor debat masih bisa mengubah sedikit (calon pemilih)," ujar Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Indonesia, Arya Fernandes.

Survei CSIS ini dilakukan selama 13 Desember hingga 18 Desember 2023, dengan cara tatap muka. Itu berarti survei dilakukan setelah debat capres putaran pertama. Survei melibatkan jumlah sampel 1.300 orang, yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

Metode yang digunakan survei ini adalah multistage random sampling yang mempertimbangkan proporsi antara jumlah pemilih dan sampel pada setiap provinsi, berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat survei dilakukan. Margin of error survei ini lebih kurang 2,7 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

1. Faktor debat menentukan Pemilu 2024 berjalan satu atau dua putaran

Survei CSIS: Elektabilitas Prabowo Teratas, Anies Salip GanjarHasil survei nasional CSIS periode survei 13-18 Desember 2023. (Tangkapan layar dokumen CSIS)
Survei CSIS: Elektabilitas Prabowo Teratas, Anies Salip GanjarHasil survei nasional CSIS periode survei 13-18 Desember 2023. (Tangkapan layar dokumen CSIS)

Lebih lanjut, Arya menjelaskan, sebanyak 75,2 persen responden sudah mantap  menentukan pilihannya. Namun, pemilih yang belum memantapkan pilihan mencapai 24,8 persen.

Ada empat faktor yang bisa memantapkan pilihan mereka. Pertama, pada saat hari H pemilihan (10,2 persen), setelah menonton debat capres atau cawapres (5,8 persen), seminggu sebelum pemilihan (4,8 persen), dan sebelum pemilihan yaitu Januari 2024 (4,0 persen). 

"Meski debat itu (memiliki efek) yang kecil, tapi dia akan jadi faktor penting untuk menentukan, salah satunya apakah pemilu kita akan bisa berlangsung satu atau dua putaran. Jadi masih ada harapan ketiga kandidat," ujar Arya. 

Baca Juga: Anies Siap Pajakin 100 Orang Terkaya di RI: Saya Tak Punya Utang Budi

2. Pemilih parpol masih banyak yang belum solid dukung capresnya

Survei CSIS: Elektabilitas Prabowo Teratas, Anies Salip GanjarHasil survei nasional CSIS periode survei 13-18 Desember 2023. (Tangkapan layar dokumen CSIS)

Temuan lain yang menarik dari rilis survei CSIS yaitu pemilih partai politik belum sepenuhnya solid mendukung capres yang telah didukung partainya. Sebagai contoh, kata Arya, sebanyak 46,2 persen pemilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memang terlihat memilih Anies-Muhaimin.

Tetapi, lanjut Arya, ada 31,9 persen pemilih PKB yang justru bocor dan mendukung paslon Prabowo-Gibran. Sementara, sebanyak 16 persen pemilih PKB memilih paslon Ganjar-Mahfud

"Ini artinya belum ada separuhnya pemilih PKB yang mendukung Anies. Jadi belum solid mendukung paslon nomor satu," tutur dia. 

Sementara, pemilih Partai Gerindra disebut sudah solid mendukung paslon Prabowo-Gibran. Angkanya mencapai 91,6 persen. Pemilih PDI Perjuangan (PDIP) juga belum sesolid pemilih Gerindra. Angkanya 64,8 persen. 

"Ada pemilih PDIP sekitar 25 persenan yang lari ke Pak Prabowo, dan 5,6 persen lari ke Pak Anies. Jadi belum solid betul," kata Arya. 

Kemudian, Partai Golkar juga terlihat belum solid. Hanya 60 persen pemilih partai beringin yang mendukung Prabowo-Gibran. 

3. Tingkat elektabilitas parpol masih dinamis tergantung mobilisasi kampanye caleg

Survei CSIS: Elektabilitas Prabowo Teratas, Anies Salip GanjarHasil survei nasional CSIS periode survei 13-18 Desember 2023. (Tangkapan layar dokumen CSIS)

Sementara, temuan lain soal elektabilitas parpol menunjukkan PDIP memang masih teratas, angkanya 16,4 persen. Namun, posisinya sudah mulai disusul Partai Gerindra dengan elektabilitas 14,6 persen. Kendati, menurut Arya, itu semua masih dinamis. 

"Itu semua tergantung mobilisasi kampanye partai atau caleg, dan efek ekor jas dari capres atau cawapres," kata Arya. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/ubAP7eaY4Sc

Baca Juga: Soal Pembangunan IKN, Anies: Lebih Baik untuk Perbaiki Sumber Daya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya