Comscore Tracker

5 Manfaat Sedekah Subuh yang Mudah Dilakukan

Habis salat Subuh jangan langsung tidur ya

Jakarta, IDN Times - Salah satu cara yang bisa dilakukan umat muslim untuk melancarkan jalannya menuju surga Allah SWT yaitu dengan bersedekah. Sedekah merupakan amal salih yang dicintai Allah SWT dan tertuang dalam firman-Nya yang berbunyi:

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa saja yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah: 261)

Ada beberapa jenis sedekah, salah satunya sedekah Subuh. Sedekah ini ditunaikan usai salat Subuh atau sebelum terbitnya fajar.

Nah, berikut beberapa manfaat sedekah Subuh yang mudah dilakukan. Simak sampai habis, ya!

1. Berbagi makanan ke jemaat masjid atau dhuafa

5 Manfaat Sedekah Subuh yang Mudah DilakukanIDN Times/Hasudungan N

Salat Subuh memiliki ganjaran besar, berupa diizinkannya melihat Allah SWT di Hari Akhir kelak. Usai salat Subuh alangkah baiknya dilanjutkan dengan sedekah Subuh.

Bisa dengan berbagi makanan ke jemaat lainnya atau kaum dhuafa yang ditemui di jalan. Tidak harus makanan berat, kue dan bubur kacang hijau pun sudah cukup.

Niatkan untuk beribadah kepada Allah SWT semata sembari memohon doa agar dimudahkan dalam mencari rezeki di sepanjang hari. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya:

… Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah sebaik-baiknya Pemberi Rizki.” (QS. Saba’: 39).

Baca Juga: Dahsyatnya Sedekah Subuh Kabulkan Semua Hajat Ala Syekh Ali Jaber 

2. Menyapa anggota keluarga atau jemaah masjid sambil tersenyum

5 Manfaat Sedekah Subuh yang Mudah DilakukanPresiden Joko Widodo bersiap melaksanakan Shalat Id berjamaah di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/5. (ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Lukas/hma/aww)

Bersedekah tidak harus berupa barang atau harta, melainkan dengan senyuman juga bisa menjadi sedekah, lho. Seperti diriwayatkan dalam beberapa hadits berikut ini:

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kalian tidak bisa menarik hati manusia dengan harta kalian. Akan tetapi kalian bisa menarik hati mereka dengan wajah berseri dan akhlak yang mulia” (HR. Al Hakim).

Saat seorang lelaki datang dan bertanya, “Amalan Islam apa yang paling baik?”, Rasulullah SAW pun bersabda, “Memberi makan (orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali” (HR Bukhari).

Karena itu, sapalah jemaah lain usai salat Subuh di masjid atau kepada anggota keluarga di pagi hari dengan wajah berseri. Tentunya disertai rasa ikhlas, ya. Dengan tersenyum, hati tidak hanya menjadi gembira tapi juga membawa keberkahan tersendiri.

3. Mengajari anak-anak mengaji

5 Manfaat Sedekah Subuh yang Mudah DilakukanIlustrasi Mengaji (IDN Times/Sunariyah)

Dengan mengajari anak-anak mengaji usai salat Subuh, baik di masjid maupun di rumah, sudah termasuk kegiatan bersedekah. Sedekah tersebut dalam bentuk transfer ilmu pengetahuan.

Mengaji bersama orang lain atau anggota keluarga tidak hanya mendapat berkah berupa pahala dan ampunan dosa. Melainkan juga menguatkan kerukunan dan tali silaturahmi, serta mendapat perlindungan bersama dari Allah SWT.

4. Mengisi kotak infak yang dibuat sendiri di rumah

5 Manfaat Sedekah Subuh yang Mudah DilakukanIlustrasi memasukkan uang ke kotak amal (unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Berinfak tidak harus melalui kotak amal yang disediakan di masjid. Jika sedang tidak memungkinkan menunaikan salat Subuh di masjid, membuat kotak infak sendiri di rumah bisa menjadi alternatif untuk tetap bisa bersedekah Subuh.

Adanya kotak infak di rumah bisa sekaligus menjadi sarana belajar bersedekah bagi anak-anak atau anggota keluarga lainnya. Hasil infak yang telah terkumpul bisa diserahkan pada takmir masjid atau langsung diinfakkan di kotak amal.

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, “Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi ornag yang berinfak’, sedang yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya’” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Mentransfer uang ke kerabat, keluarga atau lembaga sosial

5 Manfaat Sedekah Subuh yang Mudah Dilakukanilustrasi memberikan uang (IDN TImes/Reza Iqbal)

Allah SWT telah memerintahkan kepada umat-Nya untuk saling tolong menolong dalam kebajikan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain” (HR. Ahmad).

Sedekah Subuh dapat mudah dilakukan salah satunya dengan mengirimkan uang kepada keluarga dan kerabat. Bisa juga kepada lembaga sosial untuk disalurkan pada kaum dhuafa atau korban bencana. Berapa pun nominalnya pasti akan sangat membantu bagi yang menerimanya.

Dengan rutin menunaikan sedekah Subuh seraya memohon doa dan rida dari Allah SWT, niscaya kebaikan pun akan menyertai sepanjang hidup. Tidak hanya berkah di dunia melainkan juga di akhirat.

Nah, itu dia beberapa manfaat sedekah subuh yang bisa kamu lakukan dengan mudah setiap harinya.

 

Penulis: Langgeng Irma Salugiasih

Baca Juga: Yuk, Kerjakan 4 Macam Sedekah Biar Hidup Makin Berkah 

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Septi Riyani
  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya