Puan Sebut AHY Masuk Radar Bacawapres PDIP  

Puan dan AHY bertemu di Senayan hari ini

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengungkapkan, PDI Perjuangan (PDIP) mengetahui sederet nama yang diajukan menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) dalam pemilihan presiden tahun depan.

Hal ini diutarakan Puan ketika bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Minggu (18/6/2023).

“Soal bacawapres, kami belum menerima proposal apapun. Tapi sudah memahami dan mengetahui untuk adanya usulan nama dari partai yang kemudian mengusulkan,” kata Puan di Hutan Kota Plataran Senayan, Jakarta, Minggu.

“Usulan tersebut tentu saja akan kami tampung, nama-nama yang waktu itu saya sebutkan, salah satunya bacawapres-nya Mas AHY dari Partai Demokrat juga masuk radar PDIP,” ungkap Puan lagi.

Baca Juga: Puan-AHY Bertemu, Ini Pesan Megawati dan SBY

1. Masih menimbang bacawapres yang cocok untuk Ganjar

Puan Sebut AHY Masuk Radar Bacawapres PDIP  Ganjar Pranowo (IDN Times/Gregorius Aryo Damar)

Namun, PDIP saat ini masih mencermati perkembangan ke depan. Terlebih bacawapres mana yang cocok dengan capres usungan PDIP, yakni Ganjar Pranowo.

“Tentu saja harus ada kesamaan visi dan misi. Untuk menyamakan hal tersebut kita perlu bicara, perlu ngobrol, perlu lihat dinamika politik secara nasional, perkembangan dan lain sebagainya,” tutur Puan.

Baca Juga: Bertemu AHY, Puan Maharani: Orang Deket Kok 

2. Bakal terus membangun komunikasi dengan AHY

Puan Sebut AHY Masuk Radar Bacawapres PDIP  Puan Maharani dan AHY melakukan pertemuan, Minggu (18/6/2023). (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Puan menegaskan, dirinya dan PDIP akan terus membuka ruang komunikasi dengan AHY dan jajaran Partai Demokrat.

“Kami berdua sudah sepakat, ya, Mas AHY, silaturahmi ini akan terus dilakukan untuk bisa membangun komunikasi sehingga tidak ada misskomunikasi. Kalaupun belum bisa ada kesamaan, ya, namanya juga masih mencari pola untuk bisa sama-sama, ya, kita harus bicara terus, bicara terus, bicara terus, bicara terus, dan kami sudah sepakat komunikasi itu akan terus dilaksanakan,” ucapnya.

Baca Juga: Puan dan AHY akan Bertemu di GBK, PDIP: Bahas Kepentingan Negara

3. PDIP dan Demokrat sepakat pilpres harus berjalan aman dan damai

Puan Sebut AHY Masuk Radar Bacawapres PDIP  Puan Maharani dan AHY melakukan pertemuan, Minggu (18/6/2023). (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Puan dan AHY juga sama-sama kompak menegaskan bahwa pemilihan presiden tahun depan harus digelar secara aman, damai, dan mewakili suara rakyat.

“Yang bisa saya sampaikan di sini adalah kami berdua menyepakati bahwa pemilu harus berjalan secara damai, silaturahmi harus tetap dilaksanakan, pesta demokrasi ini harus bisa membawa suasana sejuk, adem,” kata Puan.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Golkar Sambut Putusan MK, Pemilu 2024 Tetap Proporsional Terbuka 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya