[BREAKING] Jokowi: Saya Sadar Masyarakat Penat dan Sedih Selama Pandemik

Jokowi minta masyarakat selalu saling peduli dan berbagi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta masyarakat Indonesia untuk bergotong royong mengatasi pandemik COVID-19. Ia memahami banyak masyarakat yang sudah penat menghadapi pandemik.

"Saya menyadari adanya kepenatan, kejenuhan, kelelahan, kesedihan, dan kesusahan selama pandemik COVID-19 ini," ujar Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI yang disiarkan langsung di kanal YouTube DPR RI, Senin (16/8/2021).

Jokowi pun mengatakan pandemik telah mengingatkan kepada kita untuk peduli kepada sesama. Penyakit yang diderita oleh seseorang akan menjadi penyakit bagi semuanya.

"Penyelesaian pribadi tidak akan pernah menjadi solusi. Penyelesaian bersama menjadi satu-satunya cara. Dengan budaya yang selalu saling peduli dan saling berbagi, masalah yang berat ini bisa lebih mudah terselesaikan," ujar Jokowi.

Oleh karena itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar toleransi, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika menjadi pegangan teguh masyarakat dalam menghadapi pandemik.

"Kita lewati ujian pandemik dan ujian-ujian lain setelah ini, dengan usaha yang teguh, disertai dengan doa pengharapan yang tulus. Kita jaga kesehatan kita, disiplinkan diri dalam protokol kesehatan, serta saling menjaga dan saling membantu. Tidak ada orang yang bisa aman dari ancaman COVID-19, selama masih ada yang menderitanya," ucap dia.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Singgung Kesuksesan DPR Sahkan Omnibus Law Saat Pandemik

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya