Jokowi Kantongi Nama Pendampingnya, PDIP: Sudah Diamini Koalisi

Nama pendamping Jokowi tinggal diumumkan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan dirinya telah mengantongi nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya di Pilpres 2019. Pernyataan Jokowi tersebut diperkuat oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto mengatakan, pengumuman nama pendamping Jokowi hanya tinggal menunggu momentum yang pas.

1. Sebelum mengumumkan pasangan Jokowi, PDIP melakukan banyak persiapan

Jokowi Kantongi Nama Pendampingnya, PDIP: Sudah Diamini KoalisiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasto, PDIP telah mengatakan kepada Jokowi bahwa ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mengumumkan calon wakil presiden. Mulai dari persiapan koalisi partai, agenda pemerintahan ke depan dan juga visi misi, serta tim kampanye.

"Siapa juru bicaranya, terus bagaimana koordinasi dengan parpolnya, itu kan kerja detail yang juga memerlukan waktu karena itu detail kondisi sebelum pengumuman pasangan calon," jelas Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Senin (9/7).

2. Koalisi Jokowi semakin dewasa setelah kerja sama di Pilkada

Jokowi Kantongi Nama Pendampingnya, PDIP: Sudah Diamini KoalisiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Hasto, komunikasi yang dilakukan oleh koalisi Jokowi saat ini cukup baik. Ia mengatakan bahwa beberapa kali koalisi Jokowi sudah melakukan kerja sama di Pilkada serentak 2018, jadi ia menilai bahwa masing-masing partai sudah dewasa dalam menentukan sikap.

"Ruang kerja sama untuk memastikan bahwa pasangan ini adalah pasangan yang terbaik. Dan kami yakini apa yang disampaikan Pak Jokowi kepada Ibu Megawati tadi malam itu betul-betul merupakan suatu hal yang terbaik," terang Hasto.

Lanjutnya, setelah pengumuman pendamping Jokowi nantinya setiap partai juga akan kembali berkompetisi untuk menghadapi Pileg.

"Kemudian pada saat bersamaan mereka bekerja sama. Ini menurut saya menunjukan kualitas demokrasi kita, sehingga kita tahu ada ruang kerja sama dan ruang kompetisi," tambahnya.

3. Soal pendamping Jokowi, PDIP telah bahas dengan koalisi partai

Jokowi Kantongi Nama Pendampingnya, PDIP: Sudah Diamini KoalisiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasto juga menerangkan, terkait nama yang telah dikantongi oleh Jokowi tersebut, PDIP telah mengomunikasikan kepada partai-partai koalisi lainnya. Sehingga, PDIP juga memberikan ruang kepada partai lainnya untuk memberikan aspirasi.

"Jadi kami juga mendengarkan partai-partai lain. Tapi kami juga, suasananya apapun kita menempatkan Pak Jokowi sebagai presiden. Tentu saja punya mata telinga, pemetaan politik yang lebih detail terhadap siapa yang akan mendampingi Pak Jokowi," ungkap dia.

Hasto menyampaikan bahwa keputusan apapun yang dihasilkan nanti, semua telah menjadi keputusan bersama dengan koalisi lainnya. Meski calon pendamping Jokowi bukanlah dari partai politik, tidak ada masalah bagi koalisi partai lainnya.

"Pokoknya yang diumumkan ini dipastikan semuanya akan bergandengan tangan lah," terang dia.

Baca Juga: Jokowi-Megawati Makin Intens Bertemu, Ada Apa Ya?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya