Comscore Tracker

Jusuf Kalla Berharap Jokowi dan Prabowo Segera Bertemu

Rekonsiliasi diharapkan menyatukan bangsa

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap rekonsiliasi antara Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto segera terjadi.

Rencana rekonsiliasi sudah digulirkan sejak Jokowi-Ma'ruf Amin memenangkan quick count Pilpres 2019 di beberapa lembaga survei. Namun sampai saat ini kedua tokoh tersebut belum bertemu. 

1. JK menilai rekonsiliasi penting agar masyarakat kembali bersatu

Jusuf Kalla Berharap Jokowi dan Prabowo Segera BertemuANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap kedua tokoh nasional tersebut bisa segera bertemu agar masyarakat yang sempat terpecah karena Pilpres bisa bersatu lagi.

"Harapannya segera kita rekonsiliasi, bersatu kembali sehingga dua polarisasi masyarakat kembali bersatu," ucap JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (4/7).

Baca Juga: Prabowo Masuk Bursa Pilpres 2024, Gerindra: Belanda Masih Jauh

2. Jokowi belum tahu kapan akan bertemu Prabowo

Jusuf Kalla Berharap Jokowi dan Prabowo Segera BertemuANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelumnya, usai penetapan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi kembali ditanya tentang rencananya bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Jokowi mengatakan masih belum tahu kapan waktu yang tepat untuk bertemu dengan Prabowo. Ia pun meminta awak media untuk kembali bertanya kepada Prabowo kapan bisa bertemu dengannya.

"Tanya kan Pak Prabowo, kapan (mau) ketemu Pak Jokowi," kata Jokowi di Gedung KPU, pada Minggu (30/6).

3. Prabowo siap berrekonsiliasi asal pemerintah membebaskan pendukungnya

Jusuf Kalla Berharap Jokowi dan Prabowo Segera BertemuANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan rekonsiliasi antara Prabowo Subianto dan Presiden terpilih 2019-2024 Joko “Jokowi” Widodo akan digelar Juli ini.

Di dalam pembahasannya nanti, Prabowo akan melakukan pendekatan politik ke Jokowi untuk membebaskan pendukungnya yang ditahan.

“Bayangkan Pak Prabowo didatangi istri yang suaminya ditahan, suami yang istrinya ditahan, anak yang bapaknya ditahan, mereka datang memohon kepada Pak Prabowo untuk melepaskan keluarga, suami, yang ditahan,” kata Andre di kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (3/7).

Baca Juga: Prabowo Masuk Bursa Pilpres 2024, Gerindra: Belanda Masih Jauh

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You