Trending di Twitter, Larangan Mudik Lebaran 2021 Tuai Pro-Kontra 

Tagar tersebut trending di Twitter pada 1 Mei 2021

Yogyakarta, IDN Times - Larangan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 H yang dikeluarkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu masih menuai pro dan kontra di masyarakat. Hal itu juga terlihat pada tagar #LaranganMudikLebaran2021 yang trending di Twitter pada Sabtu (1/5/2021) ini.

Sebagian netizen kecewa dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah karena melarang mudik Lebaran. Sebab, menurut mereka, di sisi lain pemerintah malah membiarkan kerumunan terjadi, misalnya acara pernikahan, mal, dan pasar tetap buka, dan lainnya. Namun, ada juga netizen yang mendukung upaya pemerintah menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia melalui kebijakan tersebut.

Tagar #LaranganMudikLebaran2021 masuk trending di Twitter Indonesia hari ini dengan lebih dari 5 ribu cuitan netizen.

Baca Juga: Marak Travel Gelap Saat Larangan Mudik, Tarifnya Sampai Rp750 Ribu

1. Sebagian netizen menilai kebijakan larangan mudik tak adil

Trending di Twitter, Larangan Mudik Lebaran 2021 Tuai Pro-Kontra IDN Times/Khaerul Anwar

Beberapa akun Twitter menyampaikan keluhannya terkait kebijakan larangan mudik Lebaran yang dikeluarkan pemerintah. Menurut mereka, kebijakan tersebut tak sejalan dengan pembiaran yang dilakukan pemerintah terhadap kerumunan lainnya, misalnya acara pernikahan artis.

Hal itu disampaikan akun bernama @apadilah20 yang menyebut sebagai berikut.

#LaranganMudikLebaran2021 Teruntuk satgas covid. Kalian kemana ketika presiden datang ke acara peenikahan atta aurel. Ketika sodara kami, mau mudik kalian so, jadi pahlawan. Makin kesini covid makin menekan pergerakan yang ekonominya rendah. Apakah itu yang dibilang keadilan

Senada dengannya, akun @kikilidya7 berkicau di Twitter yang isinya yaitu:

Kalapun iya sekarang orang-orang pada patuh ga mudik, tapi abis lebaran pada pulang. ya apa bedanya sekarang-sekarang sama ntar abis larangan mudik dibuka. Kalo emang alasan krn covid otaku masih ga nyampeee. sngaja banget bikin rumit #LaranganMudikLebaran2021

2. Akun Twitter yang pro kebijakan sebut keluarga jadi alasan utama tak mau mudik

Trending di Twitter, Larangan Mudik Lebaran 2021 Tuai Pro-Kontra Ilustrasi mudik (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Sementara itu, beberapa netizen setuju dengan kebijakan larangan mudik Lebaran. Alasannya adalah dengan tidak mudik, berarti menyayangi keluarga dan kerabat di kampung halaman. Seperti pada akun @herry_wl yang isi dari twitnya yaitu:

Hal itu juga disampaikan akun bernama @Zakimubarock807 yang isi twitnya menyebut, 

Karena aku sayang keluarga jadi aku gak mudik untuk kesekian kalinya stay safe frend #LaranganMudikLebaran2021

Baca Juga: Penerapan SIKM saat Larangan Mudik Bikin Masyarakat Bingung

3. Akun Twitter humas kepolisian daerah ikut meramaikan tagar ini

Trending di Twitter, Larangan Mudik Lebaran 2021 Tuai Pro-Kontra Ilustrasi penyekatan. IDN Times/Khaerul Anwar

Berdasarkan pantauan IDN Times, tagar #LarangMudikLebaran2021 di Twitter juga diramaikan oleh akun-akun Twitter humas kepolisian di masing-masing daerah. Akun-akun tersebut mendukung kebijakan larangan mudik Lebaran dan mengajak masyarakat untuk tidak mudik dan tetap di daerahnya masing-masing.

Hal ini ditunjukkan oleh akun-akun, seperti @polsekkuta, @HumasPoldaJatim, @HmsPoldaPapua dan @HumasPoldaRiau. Misalnya, pada akun @HumasPoldaJatim mengunggah twit yang isinya sebagai berikut.

Baca Juga: Jangan Nekat Mudik! Polri Juga Awasi Jalur-jalur Tikus

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya