Balon-Balon Udara Ganjar-Mahfud Hiasi Monas, Ternyata Begini Caranya!

Kreasi teknologi relawan pendukung Ganjar-Mahfud

Jakarta, IDN Times - Belasan balon udara raksasa bergambar Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Monas viral hingga jadi pembicara hangat di jejaring media sosial.

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar - Mahfud mengklarifikasi bahwa fenomena balon udara Ganjar-Mahfud yang terbang di Monas itu sebenarnya merupakan hasil komputer atau teknologi computer generated imagery (CGI).

Baca Juga: Bila Jadi Presiden, Ganjar Ajak Buruh Revisi Aturan Tenaga Kerja

1. Kreasi teknologi dari relawan dan anak muda pendukung Ganjar-Mahfud

Balon-Balon Udara Ganjar-Mahfud Hiasi Monas, Ternyata Begini Caranya!(Instagram/Jabodetabek.terkini)

Deputi Komunikasi 360 TPN Ganjar-Mahfud, Prabu Revolusi menjelaskan bahwa konten tersebut bukan Alat Peraga Kampanye (APK) yang nyata, melainkan hasil kreasi teknologi oleh para relawan dan anggota muda TPN Ganjar-Mahfud.

Menurut Prabu, konten CGI tersebut merupakan bentuk kampanye kreatif dan juga tanggapan terhadap penurunan baliho dan APK Ganjar-Mahfud yang terjadi di beberapa daerah.

Dengan kreativitas teknologi, tim kampanye ingin menunjukkan bahwa mereka dapat membuat kampanye yang abstrak, imajiner, dan digital sebagai alternatif yang menarik.

"Ini sebagai bentuk pernyataan dengan maraknya baliho Ganjar-Mahfud yang diturunkan oleh oknum-oknum tertentu. Silakan turunkan, kami akan buat yang abstrak, imaginary, yang digital," ucap Prabu dalam keterangannya Sabtu (17/11/2023).

Baca Juga: Bawaslu Tak Temukan Dugaan Pengaturan Nomor Urut Capres Pilpres 2024

2. Terobosan berkampanye politik di Indonesia

Balon-Balon Udara Ganjar-Mahfud Hiasi Monas, Ternyata Begini Caranya!Ilustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Prabu menjelaskan pentingnya penyelenggaraan kampanye yang kreatif dari anak-anak muda dengan menggunakan teknologi seperti artificial intelligence (AI), digital imaginary, dan virtual reality. Pemanfaatan teknologi tersebut merupakan terobosan dalam berkampanye politik di Indonesia, terutama di dunia digital.

"Kita bisa berkreasi apa pun untuk mendukung Ganjar-Mahfud," ujarnya.

Baca Juga: Komisioner KPU Dilaporkan ke DKPP karena Terima Pendaftaran Gibran

3. Mengenal fungsi teknologi CGI bagi untuk kampanye kreatif

Balon-Balon Udara Ganjar-Mahfud Hiasi Monas, Ternyata Begini Caranya!Dok. Istimewa/IDN Times

Lebih lanjut Prabu menuturkan, ilustrasi balon udara Ganjar-Mahfud yang menggunakan teknologi CGI viral menjadi inovasi dalam kampanye politik. Teknologi CGI tidak hanya memberikan dimensi baru dalam penyampaian pesan politik, tetapi juga membuka ruang kreativitas yang lebih luas di ranah digital.

Sebagai informasi, CGI atau Computer Generated Image merupakan teknologi yang menciptakan gambar atau video bergerak menggunakan perangkat lunak komputer. Teknologi ini sering digunakan dalam industri film dan animasi, namun penggunaannya dalam kampanye politik menunjukkan perkembangan baru dalam strategi pemasaran dan komunikasi politik.

Prabu lantas mengungkapkan, berikut penjelasannya seputar teknologi CGI yang kemampuannya berguna bagi proses kampanye kreatif.

1. Kemampuan realisme yang luar biasa

Teknologi CGI (Computer-Generated Imagery) memungkinkan pembuat kampanye kreatif menciptakan gambar dan visualisasi dengan tingkat realisme yang luar biasa.

Dengan teknologi ini, detail-detail halus dapat dihasilkan, mulai dari tekstur hingga pencahayaan yang tampak sangat nyata. Hal ini memberikan fleksibilitas tinggi dalam menciptakan gambar-gambar yang sangat mendekati kenyataan.

2. Penggunaan efek visual yang spektakuler

Teknologi CGI memberikan kemampuan untuk menghadirkan efek visual yang spektakuler dalam kampanye kreatif. Mulai dari ledakan yang dramatis hingga perubahan lingkungan yang fantastis, CGI memungkinkan pembuat kampanye untuk membawa ide-ide kreatif menjadi kenyataan secara visual dengan dampak yang luar biasa.

3. Hemat waktu dan biaya produksi

Dalam kampanye kreatif, penggunaan CGI dapat menghemat waktu dan biaya produksi. Dibandingkan dengan pembuatan set fisik atau pengambilan gambar di lokasi yang mungkin memerlukan banyak persiapan, teknologi CGI memungkinkan pembuat kampanye untuk menciptakan dunia virtual tanpa harus melibatkan logistik fisik yang kompleks.

4. Fleksibilitas dalam penyesuaian visual

Keunggulan CGI terletak pada fleksibilitasnya dalam menyesuaikan visual. Jika ada perubahan konsep atau revisi yang dibutuhkan, teknologi CGI memungkinkan untuk dengan mudah mengedit dan menyesuaikan elemen visual tanpa harus melakukan pengambilan gambar ulang atau pembuatan ulang set.

5. Interaksi dengan target audience melalui animasi

Animasi CGI dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk berinteraksi dengan target audience dalam kampanye kreatif. Dengan menciptakan karakter atau dunia animasi yang menarik, perusahaan dapat membangun koneksi emosional dengan audiens mereka dan menyampaikan pesan-pesan kampanye dengan cara yang unik dan menghibur.

Dengan pemanfaatan teknologi CGI dalam kampanye kreatif balon udara Ganjar-Mahfud, inovasi ini tidak hanya memberikan dimensi baru dalam penyampaian pesan politik, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya kreativitas dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi dalam dunia politik.

Melalui ilustrasi balon udara CGI yang viral, tim kampanye berhasil menunjukkan bahwa teknologi dapat menjadi kekuatan utama untuk menciptakan kampanye yang unik dan menarik bagi pemilih.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud: Pernyataan Aiman Masih di Koridor Bebas Berpendapat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya