Banyak Parpol Gabung, KIM Serahkan Nama Cawapres ke Prabowo

Tim pemenangan segera dibentuk

Jakarta, IDN Times - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menyerahkan sepenuhnya penentuan cawapres kepada Prabowo Subianto.

Saat ini tercatat ada tujuh parpol yang secara resmi tergabung dalam KIM dan mendukung Prabowo sebagai capres. Partai itu adalah Gerindra, PBB, PAN, Golkar, Gelora, Garuda, dan Demokrat.

"Semua partai yang berkoalisi di Koalisi Indonesia Maju menyarankan sepenuhnya penentuan cawapres kepada calon presiden yang didukung, dalam hal ini Prabowo Subianto," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2023).

Baca Juga: Bantah Prabowo Tampar Wamen, Gerindra: Upaya Tutupi Isu Lain

1. Prabowo ajak parpol koalisi untuk memberikan masukan

Banyak Parpol Gabung, KIM Serahkan Nama Cawapres ke PrabowoPrabowo Subianto (IDN Times/Aryodamar)

Kendati penentuan cawapres berada di tangan Prabowo, parpol koalisi tetap akan diajak berdiskusi untuk memberikan masukan dan pertimbangan mengenai nama cawapres.

"Namun tentunya Pak Prabowo pasti akan urun rembug kepada partai-partai koalisi juga kepada untuk menerima atau masukan pertimbangan tentang cawapres yang akan diajak bersama sama dalam pilpres," tutur dia.

Baca Juga: SBY Temui Prabowo di Hambalang: For You, Saya Siap Turun Gunung!

2. Dasco belum mengetahui kapan digelar pertemuan antarparpol bahas cawapres

Banyak Parpol Gabung, KIM Serahkan Nama Cawapres ke PrabowoKetua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dasco mengaku tak mengetahui lebih lanjut kapan akan digelar pertemuan antarelite parpol untuk membahas figur cawapres pendamping Prabowo.

"Saya pikir yang tahu nanti agendanya para ketua ketua umum lah itu kita nanti tinggal denger berita baik saja lah kan gitu," tutur dia.

Baca Juga: Diprotes Agar Usir TKA China, Ganjar: Kalau Diusir Kamu Bisa Gantikan?

3. Tim pemenangan segera dibentuk

Banyak Parpol Gabung, KIM Serahkan Nama Cawapres ke PrabowoMenteri Pertahanan Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Dasco memastikan, dengan bergabungnya Demokrat ke KIM, tentu akan menambah tim teknis yang sebelumnya sudah terbentuk. Dia menegaskan, terkait tim pemenangan sudah dibahas dan segera dibentuk dalam waktu dekat.

"Soal tim pemenangan ini juga dalam rangka memenuhi persyaratan KPU tentunya sudah dibicarakan dan akan segera dibentuk dalam rangka memenuhi persyaratan KPU," imbuh Dasco.

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya