Blok Politik Pelajar: Silakan Puan Nyapres Jika Mau Dipermalukan

Generasi muda dinilai tak simpatik ke Puan Marani

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara (Jubir) Blok Politik Pelajar, Delpedro Marhaen, menanggapi potensi Ketua DPR RI, Puan Maharani, maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Hal tersebut diungkapkan, saat ditanya pandangan generasi muda soal potensi Puan nyapres di tengah kontroversi dan kritikan pedas publik.

Putri Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri itu menuai kritik karena dinilai jadi pihak yang bertanggungjawab atas disahkannya Perppu Cipta Kerja (Ciptaker) menjadi Undang-Undang (UU).

Baca Juga: Kritik BEM soal UU Ciptaker Dinilai Tidak Pengaruhi Elektabilitas Puan

1. Puan dipersilakan nyapres jika mau dipermalukan publik

Blok Politik Pelajar: Silakan Puan Nyapres Jika Mau DipermalukanKetua DPP PDIP Puan Maharani di Manado (dok. PDIP)

Pedro pun mempersilakan Puan jika ingin maju sebagai capres. Dia menilai, karier politik tersebut merupakan hak konstitusional.

Kendati begitu, Pedro mengkritisi, saat ini banyak anak muda yang sudah tidak simpatik terhadap Puan.

"Kalau Puan Maharani mau nyapres itu hak konstitusional dia, silakan maju capres dan terlebih, silakan kalau mau dipermalukan diri oleh publik lagi, melihat banyak anak muda yang tidak simpatik pada dirinya," kata dia saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga: Demo di Kantor MR.DIY, Buruh: Bukti Perppu Ciptaker Telah Makan Korban

2. Generasi muda makin tak simpatik ke Puan imbas pengesahan UU Ciptaker

Blok Politik Pelajar: Silakan Puan Nyapres Jika Mau DipermalukanKetua DPR RI Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Dia menjelaskan, tidak simpatiknya generasi muda terhadap Puan merupakan imbas dari sikap Puan yang mengesahkan UU Ciptaker. Padahal pengesahannya mendapat penolakan keras dari berbagai elemen masyarakat, termasuk mahasiswa dan buruh. Di sisi lain, disahkannya UU Ciptaker tidak melibatkan masyarakat.

"Karena menutup partisipasi terhadap pengesahan UU Ciptaker," imbuh dia.

Baca Juga: Hari Ini Ribuan Mahasiswa Demo Tolak Ciptaker di DPR

3. Puan dinilai layak nyapres

Blok Politik Pelajar: Silakan Puan Nyapres Jika Mau DipermalukanPuan Maharani menyambangi Kantor DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung, Rabu (24/8/2022) malam. (IDN Times/Martin L Tobing).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB), Afriansyah Noor, menilai Ketua PDIP, Puan Maharani layak maju sebagai capres pada Pemilu 2024.

Dia mengatakan, Puan memiliki kompetensi dan kualitas yang memumpuni sebagai calon kepala negara.

"Jadi Mbak Puan ini sudah punya kompetensi, sudah punya kualitas yang baik," ucap dia kepada IDN Times, Jumat (24/3/2023).

Afriansyah menjelaskan, Puan punya segudang pengalaman yang mumpuni sebagai tokoh nasional. Di antaranya, pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia dan saat ini dipercaya menjadi Ketua DPR RI.

"(Puan) pernah memimpin kementerian, sekarang dipercaya memimpin DPR RI, kami punya harapan besar dari Bu Puan, makanya kenegarawanannya terukur," tutur dia.

 

Penasaran isu-isu soal Pemilu 2024 dan gonjang ganjing capres-cawapres? Baca selengkapnya di sini ya!

Baca Juga: BEM UI Unggah Video Puan Maharani Berbadan Tikus di Medsos

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya