Dinilai Sosok Profesional, Erick Thohir Disebut Layak Maju Pilpres

Erick Thohir figur non-parpol yang berpotensi di 2024

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik, Emrus Sihombing menilai, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir konsisten mendapat dukungan kuat maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari berbagai kalangan masyarakat. 

Hal itu karena Erick Thohir dianggap sebagai sosok profesional yang memiliki kompetensi dan pengalaman.

Baca Juga: BEM UI Bocorkan Mahasiswa Gelar Demo Besar Tolak Ciptaker 6 April

1. Erick Thohir dinilai berasal dari kalangan profesional

Dinilai Sosok Profesional, Erick Thohir Disebut Layak Maju PilpresMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Youtube JakLingko Indonesia)

Emrus mengatakan, Erick Thohir menjadi figur yang sekarang banyak digandrungi masyarakat. Banyaknya penilaian positif terhadap Erick lantaran figurnya yang memiliki citra berasal dari kalangan profesional.

Di sisi lain, peluang maju pada Pilpres 2024 terbuka, karena sosoknya yang berasal dari non-parpol sehingga mudah diterima berbagai kalangan.

"Saya melihat Erick Thohir ini tidak kader partai, paling sesuai dia menjadi kandidat calon wakil presiden," kata Emrus dalam keterangannya, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga: Survei SMRC: Bila Pileg Digelar Saat Ini, PDIP Juara

2. Berpeluang maju sebagai cawapres

Dinilai Sosok Profesional, Erick Thohir Disebut Layak Maju Pilpresilustrasi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut, Emrus menuturkan, sosok mantan Presiden Inter Milan itu punya karakteristik kepemimpinan yang dekat dengan rakyat. Oleh sebabnya, untuk saat ini Erick Thohir disebut layak maju maju sebagai cawapres.

Dengan dinamika politik saat ini, peluang itu masih sangat terbuka lebar. Kondisi demikian dikuatkan dengan kedekatan Erick Thohir dengan sejumlah partai politik (parpol) pengusung peserta Pemilu 2024.

"Untuk calon wakil presiden saya kira sangat berpeluang," tutur Emrus.

Baca Juga: Survei: Tingkat Kepuasan Jokowi di Akhir Periode Lebih Tinggi dari SBY

3. Elektabilitas Erick Thohir terus meningkat

Dinilai Sosok Profesional, Erick Thohir Disebut Layak Maju Pilpresilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Di sisi lain, dalam berbagai survei, elektabilitas Erick Thohir juga terus mengalami peningkatan. Terbaru, pada survei Indo Barometer periode 12-24 Februari 2023, Erick Thohir mampu puncaki elektabilitas cawapres dengan torehan 22,9 persen.

“Erick Thohir sosok cawapres merakyat dan peduli membuatnya begitu dekat dengan masyarakat,” imbuh Emrus.

 

Penasaran dengan isu-isu pemilu dan gonjang ganjing capres cawapres, baca selengkapnya di sini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya