Fahri Hamzah Yakin Prabowo Bisa Berantas Korupsi di Indonesia

Prabowo dinilai punya integritas dan pengalaman mumpuni

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gelora, Fahri Hamzah menuturkan, bakal calon presiden Prabowo Subianto punya integritas mumpuni untuk memberantas korupsi di Indonesia.

Fahri yakin, jika Prabowo terpilih jadi Presiden RI dia akan mampu mengurangi berbagai permainan curang pejabat yang berpotensi merugikan negara dan masyarakat.

Menurutnya, Prabowo menjadi pilihan paling rasional untuk visi Indonesia bersih ke depannya.

"Makanya sekarang kita sebagai orang rasional berpikir, kali ini kita memilih orang yang ngerti persoalan seperti Prabowo, supaya kehendak untuk main-main, nyopet-nyopet (korupsi) menggunakan kekuasaan dan sebagainya, itu bisa dihentikan," kata Fahri dalam acara Seminar Nasional Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK), dikutip Selasa (26/9/2023).

Baca Juga: Prabowo: Yang Penting Asal Jangan Prabowo Bohong dan Berkhianat

1. Prabowo dinilai punya pengalaman

Fahri Hamzah Yakin Prabowo Bisa Berantas Korupsi di IndonesiaPrabowo Subianto (IDN Times/Aryodamar)

Fahri menuturkan, Prabowo memiliki pengalaman sebagai pejabat tinggi negara. Sehingga Ketum Gerindra ini sangat mengetahui berbagai trik dan intrik di pemerintahan.

"Pak Prabowo karena dia kenal siapa orang-orang, dia itu jadi the man who knows to many thing," ujarnya.

Dengan pengetahuan luas yang dimiliki Prabowo di pemerintahan dan karakter kepemimpinan yang tegas, kata Fahri, banyak pihak khawatir kemudian melakukan serangan. Serangan itu bertujuan agar menghambat potensi Prabowo untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya, karena menjadi ancaman bagi segelintir kelompok elite nasional.

"Jadi dia (Prabowo) terlalu banyak orang, sehingga nanti ketika dia berkuasa itu ada banyak orang yang khawatir juga begitu," tutur dia.

Baca Juga: Gus Miftah Temui Khofifah, Akui Ada Misi Khusus dari Prabowo

2. Prabowo dinilai figur paling siap melanjutkan rekonsiliasi dan legacy Jokowi

Fahri Hamzah Yakin Prabowo Bisa Berantas Korupsi di IndonesiaMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Presiden Joko Jokowi" Widodo di Solo, Sabtu (22/4/2023) (Tim Humas Prabowo)

Terpisah, Fahri mengajak semua pihak untuk terlibat dalam proses sirkulasi kepemimpinan saat ini, yang mengusung tema penting, yaitu politik rekonsiliasi dan politik legacy.

"Karena waktu yang sangat pendek ini, kita sebelumnya sudah mengusulkan agar koalisi besar dipertahankan dengan platform politiknya sangat positif, yaitu rekonsiliasi dan legacy," ucap dia saat memberikan pengantar diskusi Gelora Talks bertajuk 'Jelang Final Terbentuknya Koalisi Capres 2024', di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Menurut Fahri, rekonsiliasi nasional yang telah digagas Jokowi dan Prabowo harus dilanjutkan, meskipun saat ini masih terpecah dengan adanya kubu-kubu tertentu.

Sebab, dalam proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dan Ibu Kota Nusantara (IKN) misalnya, pembangunannya telah menghabiskan uang rakyat yang nilainya mencapai ratusan triliun.

"Pemerintahan Jokowi yang 10 tahun sudah berhasil mengelola pemerintahan dan sukses dalam bidang ekonomi bisa diteruskan dan tidak boleh ditinggalkan begitu saja, siapapun pemimpinnya. Itu legacy yang harus dilanjutkan," tegas Fahri.

"Jadi tidak boleh ditinggalkan begitu saja, karena ongkosnya mahal sekali, itu adalah uang rakyat. Ini yang harus dipahami semua, bahwa berpikirnya itu tetap harus kepentingan nasional," lanjut dia.

Fahri Hamzah menyebut bahwa Prabowo sepakat untuk melanjutkan dua tema penting bangsa saat ini, yaitu rekonsiliasi dan legacy yang telah dilakukan Presiden Jokowi dengan membentuk KIM.

Prabowo, kata Fahri, merupakan satu-satunya figur dalam kabinet Jokowi yang paling siap meneruskan pemerintahan dan rencana kerja pemerintahan Jokowi.

"Kami optimis, Pak Prabowo akan memenangkan Pilpres 2024 ini, sebab elektabilitas Prabowo tinggi, yang didukung suara pendukung Jokowi," tutur dia.

Baca Juga: 5 Janji Jokowi buat Warga Rempang

3. Gerindra pastikan Prabowo akan lanjutkan kepemimpinan Jokowi

Fahri Hamzah Yakin Prabowo Bisa Berantas Korupsi di IndonesiaPolitikus Partai Gerindra, Andre Rosiade (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Anggota Dewan Pembina DPP Gerindra Andre Rosiade menegaskan, KIM akan melanjutkan pemerintahan Jokowi, apabila Prabowo terpilih sebagai Presiden RI ke-8 di 2024.

Sebab, Prabowo juga sudah menegaskan, dirinya bagian dari tim Jokowi.

"Jokowi selama ini sudah meletakkan fondasi dan percepatan program-program yang sudah dilakukan Jokowi. Intinya kita di Koalisi Indonesia Maju ingin melanjutkan pemerintahan Jokowi," ujar Andre.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya