Jokowi Disebut 17 Kali di Dokumen Visi, Misi, Program Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran akan lanjutkan program Jokowi

Jakarta, IDN Times - Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, menyebut nama Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebanyak 17 kali dalam dokumen visi, misi, dan programnya.

Dalam dokumen bertajuk Prabowo Gibran 2024 Bersama Indonesia Maju itu, nama Jokowi pertama kali disebut pada halaman empat. Prabowo-Gibran menampilkan semacam bangunan berbentuk rumah dengan tiga pilar dan tiga fondasi. Nama Jokowi disebut dalam salah satu fondasi itu.

Adapun tiga fondasi itu di antaranya, pertama, Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo dan para pemimpin negara Indonesia. Kedua, keberlanjutan pembangunan menghadapi tantangan strategis bangsa Indonesia. Ketiga, prinsip-prinsip Ekonomi Pancasila Berdasarkan UUD 1945.

Pada bagian atapnya membahas mengenai visi yang tertulis Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045. Sementara, masing-masing pilar itu tertulis 8 Misi Asta Cita, 17 Program Prioritas, dan 8 Program Hasil Terbaik Cepat.

Baca Juga: Visi Misi Prabowo-Gibran: Perkokoh HAM, SDM, hingga Hilirisasi

1. Nama Jokowi disebut dalam pengantar

Jokowi Disebut 17 Kali di Dokumen Visi, Misi, Program Prabowo-GibranPrabowo-Gibran di Indonesia Arena GBK jelang pendaftaran ke KPU pada Rabu (25/10/2023). (youtube.com/GerindraTV)

Prabowo-Gibran dalam pengantar dokumen visi, misi, dan program juga menyebut nama Jokowi sebanyak dua kali.

Awalnya pasangan calon (paslon) itu menyinggung soal cita-cita proklamator bangsa Indonesia, Sukarno dan Mohammad Hatta, yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Prabowo dan Gibran juga menyinggung soal potensi Indonesia Emas 2045. Mereka menyebut pemerintahan Presiden Jokowi telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) mengenai Indonesia Emas, yang diharapkan bisa dicapai sebelum atau di tahun 2045.

"Untuk mencapai cita-cita abadi bangsa ini diperlukan pembangunan ekonomi, politik, kesejahteraan rakyat, dan pertahanan yang berkesinambungan. Pembangunan yang dibangun atas dasar fondasi yang telah dibuat oleh para pemimpin negara Indonesia mulai dari Presiden Sukarno, Presiden Suharto, Presiden Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden Joko Widodo," bunyi tulisan pengantar dalam dokumen tersebut.

"Dalam waktu yang tidak lama lagi, Indonesia akan mencapai usia 100 tahun proklamasi kemerdekaan di tahun 2045. Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) yang mencita-citakan tercapainya Indonesia Emas di atau sebelum tahun 2045," lanjut mereka.

Baca Juga: PDIP Bantah Prabowo Sulit Bertemu Megawati

2. Prabowo Gibran kutip pernyataan Jokowi dalam tantangan strategis 2024-2029

Jokowi Disebut 17 Kali di Dokumen Visi, Misi, Program Prabowo-GibranPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, nama Jokowi juga disebut pada sub bab mengenai Tantangan Strategis Bangsa Indonesia 2024-2029. Prabowo dan Gibran menyebut Jokowi sudah mengingatkan tentang tantangan strategis mengenai berbagai ancaman global.

"Presiden Joko Widodo menyampaikan pada 7 Oktober 2023: Tantangan ke depan itu bukan semakin ringan, tetapi semakin berat. Dunia sedang tidak baik-baik saja. Ada perang, perubahan iklim, krisis pangan. Karena itu, dalam menyusun visi, misi, dan program periode 2024-2029, Prabowo dan Gibran mempertimbangkan tantangan strategis yang dihadapi oleh Bangsa dan Negara Indonesia," tulis Prabowo-Gibran.

Kemudian nama Jokowi disematkan dalam bagian Fondasi Indonesia Maju. Dalam bagian itu dijabarkan mengenai capaian di era pemerintahan Jokowi hingga modal potensi Indonesia maju.

Baca Juga: Prabowo: Tak Boleh Hanya Segelintir Orang yang Nikmati Kekayaan Indonesia

3. Penjabaran visi Prabowo-Gibran juga sebut nama Jokowi

Jokowi Disebut 17 Kali di Dokumen Visi, Misi, Program Prabowo-GibranPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain itu, nama Jokowi disematkan pula dalam penjabaran mengenai visi Prabowo-Gibran yang bertajuk Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045.

Adapun pemaknaanya sebagai berikut:

Bersama: Prabowo dan Gibran mengajak Putra Putri Terbaik Bangsa dari semua latar belakang yang memiliki kesamaan tekad untuk bekerja sama

Indonesia Maju: Membangun bangsa dengan dasar fondasi kuat yang dibangun oleh kepemimpinan Presiden Joko Widodo

Menuju: Dengan tujuan yang jelas, yaitu

Indonesia Emas: Negara yang setara dengan negara maju di
tahun 2045 atau lebih cepat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya