Kaesang Pangarep Gabung ke PSI, Perkuat Dukungan Jokowi ke Prabowo?

PSI belakangan dekat dengan KIM

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, menilai gabungnya Kaesang ke PSI bisa memperkuat agenda politik keluarga Jokowi di Pilpres 2024.

Baca Juga: Kaesang Gabung PSI, Gibran Enggan Menanggapi

1. Kaesang dan PSI potensial dukung Prabowo

Kaesang Pangarep Gabung ke PSI, Perkuat Dukungan Jokowi ke Prabowo?Kaesang Pangarep usai menerima KTA dari PSI. (IDN Times/Larasati Rey)

Menurut Arifki, PSI dalam waktu dekat akan gabung Koalisi Indonesia Maju (KIM). Sebab, PSI tidak mungkin gabung Koalisi Perubahan.

Di sisi lain, PSI tak gabung koalisi pendukung Ganjar lantaran keduanya punya ceruk pemilih yang sama.

Dengan demikian, kata Arifki, kemungkinan besar PSI, termasuk Kaesang akan mendukung Prabowo sebagai capres. Terlebih, jajaran elite PSI sering menghadiri acara deklarasi dukungan kepada Prabowo sebagai bacapres.

“Pemilih PSI dan PDIP itu sama. Hal ini yang mempersulit koalisi dua partai ini, meskipun sebelumnya PSI sudah lebih awal mendukung Ganjar sebagai capres. Ketika PSI mendekat ke Prabowo pada momentum selanjutnya Kaesang bergabung dengan partai berlambang mawar ini,” ujar Arifki kepada IDN Times, Senin (25/9/2023).

Baca Juga: KPU Siapkan 1,2 Miliar Surat Suara dan 4 Juta Kotak Suara Pemilu 2024

2. Strategi PSI gaet ceruk suara pendukung Jokowi

Kaesang Pangarep Gabung ke PSI, Perkuat Dukungan Jokowi ke Prabowo?Presiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Bergabungnya Kaesang sebagai kader PSI, salah satunya didukung dengan kemunculan baliho dukungan untuk maju sebagai Calon Wali Kota Depok. Agenda ini menjadi strategi bagi PSI untuk menarik pemilih yang suka dengan Jokowi.

"Dengan memanfaatkan popularitas Kaesang, PSI berusaha mengubah citra partainya dari partai nonparlemen menjadi partai parlemen di Pemilu 2024," tutur Arifki.

Baca Juga: Yusril Yakin Prabowo Bisa Selesaikan Masalah di Tanah Papua

3. PAN yakin Kaesang dukung Prabowo usai gabung PSI

Kaesang Pangarep Gabung ke PSI, Perkuat Dukungan Jokowi ke Prabowo?Instagram.com/@zitaanjani

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani meyakini Kaesang akan mendukung Prabowo sebagai bacapres pada Pemilu 2024.

Zita menuturkan, meski belum secara resmi mendeklarasikan dukungan, elite PSI sering menghadiri acara deklarasi Prabowo. Menurutnya, itu menjadi sinyal kuat bahwa PSI akan segera gabung KIM.

"Kan kemarin (elite PSI) hadir kan di Rapimnas Demokrat dan juga foto bareng bersama ketua umum-ketua umum lainnya yang mendukung (Prabowo), jadi kayanya sih sinyal-sinyal-nya akan mendukung ya," kata dia dalam acara diskusi Total Politik di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (23/9/2023).

Zita juga sempat berkelakar mengapa Kaesang tak gabung ke PAN. Padahal partai berlambang matahari itu sama dengan PSI, dekat dengan anak muda.

"Tapi menyesalnya begini lho. Kenapa enggak ke PAN aja gitu loh, kenapa ke PSI gitu. Kalau ke PAN kan lebih asyik, bisa gabung di blue squad," ujar dia sambil tertawa.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: PAN Yakini Kaesang Dukung Prabowo Usai Gabung PSI

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya