Comscore Tracker

Ketua KPU: Demokrasi RI Unik, Pemilu Seperti Musyawarah Besar Rakyat 

Hasyim Asy'ari jadi pembicara di IMGS 2022 by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menilai, Indonesia punya konsep demokrasi yang menarik.

Dia menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi terbesar, setelah India dan Amerika Serikat.

"Jadi variannya macam-macam, sebagai contoh begini, kalau menurut populasi di dunia negara yang mempraktekkan demokrasi liberal itu yang besar-besar ada tiga. Pertama adalah India, yang kedua adalah Amerika Serikat, kemudian yang ketiga Indonesia," kata Hasyim dalam acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 by IDN Times di The Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2022).

Hasyim mengatakan, demokrasi di Indonesia termasuk salah satu yang unik lantaran menyesuaikan dengan kondisi budaya, sosial, hingga agama. Oleh sebab itu, dia menyebut pemilihan umum (pemilu) seperti semacam musyawarah besar rakyat Indonesia.

"Kalau boleh jujur kita ini punya mekanisme demokrasi yang menarik ya, jadi saya menyebut pemilu di Indonesia itu semacam musyawarah besar rakyat Indonesia," ujar dia.

Selain itu, kata Hasyim, keuntungan demokrasi di Indonesia ialah penggunaan bahasa persatuan. Di mana bahasa tersebut mampu mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia yang beragam.

"Satu hal yang paling menguntungkan, di Indonesia itu dalam konsep demokrasi adalah kita sudah punya satu bahasa yang kemudian memudahkan kita untuk berkomunikasi yaitu Bahasa Indonesia," imbuh dia.

Hari ini Hasyim menjadi pembicara dalam acara IMGS 2022 di depan ratusan audiens. Dia membagikan sejumlah hal soal bagaimana kondisi dan idealnya demokrasi Indonesia di masa mendatang. Dia hadir dalam diskusi bertajuk The Future of Indonesia Democracy.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Pengamat: Parpol Diisi Baby Boomers Tak Mikir Seperti Milenial-Gen Z

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya