NasDem Tawarkan Muhaimin Jadi Cawapres Anies, PKB: Itu Jalan Langit

PKB gelar rapat pleno putuskan nasib koalisi dengan NasDem

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Hasanuddin Wahid, menuturkan, tawaran NasDem untuk berkoalisi dan meminang Muhaimin Iskandar jadi calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan merupakan jalan langit.

Sebab, penjajakan kerja sama politik dari NasDem muncul secara tiba-tiba dan pada waktu yang tepat. Oleh sebab itu, PKB menyambut baik tawaran tersebut.

"Wah itu jalan langit. Iya kan, karena tiba-tiba saja tepat dan alhamdulilah. Kita menyambut baik, intinya begitu," kata dia saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga: PKB Pingit Muhaimin Jelang Tentukan Nasib Koalisi dengan NasDem

1. PKB konsultasi dengan kiai dan ulama NU

NasDem Tawarkan Muhaimin Jadi Cawapres Anies, PKB: Itu Jalan LangitSekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Hasanuddin Wahid di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat (1/9/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasanuddin mengatakan, pihaknya akan memutuskan nasib koalisi dengan NasDem pada Jumat sore di Surabaya, Jawa Timur.

Sebelumnya, PKB menggelar rapat pleno bersama jajaran pimpinan pusat dan dewan syuro di Kantor DPP, Jakarta. Hasilnya masih akan dibahas oleh para kiai dan ulama.

"Nah, nanti sore akan kita perluas dengan seluruh komponen PKB yang lain termasuk hasil rapat pleno barusan, sejumlah kiai, dewan syuro, kita diutus untuk berkomunikasi dengan seluruh kiai sepuh di pesantren-pesantren di kalangan Nahdlatul Ulama untuk meminta tausiyah beliau-beliau atas tawaran kerjasama dari Partai NasDem," tutur dia.

Baca Juga: PKB Gelar Rapat Pleno DPP, Bahas Duet Anies-Muhaimin?

2. PKB pingit Muhaimin jelang tentukan nasib koalisi dengan NasDem

NasDem Tawarkan Muhaimin Jadi Cawapres Anies, PKB: Itu Jalan LangitKetum PKB, Muhaimin Iskandar dalam peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-25 PKB di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah pada Minggu (23/7/2023) (dok. PKB)

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, memastikan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat ini sedang dipingit jelang memutuskan nasib kerja sama politik dengan NasDem. Hal itu diungkapkan Jazilul saat ditanya mengenai keberadaan Muhaimin.

"Ada, (Muhaimin) ada. Sedang kita pingit," kata dia saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat.

Jazilul juga menegaskan, terkait deklarasi duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan diputuskan dalam rapat di Surabaya, Jawa Timur.

"Tunggu nanti keputusan rapat nanti sore. Rapatnya akan diselenggarakan jam 3 hari ini. Di surabaya," lanjut Jazilul.

Baca Juga: PKB: Nasib Duet Anies-Muhaimin Diputuskan Sore Ini

3. Rapat pleno bahas koalisi PKB dan NasDem berjalan alot

NasDem Tawarkan Muhaimin Jadi Cawapres Anies, PKB: Itu Jalan LangitWakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jazilul juga mengatakan, rapat pleno di DPP PKB, Jakarta yang membahas duet Anies dan Muhaimin pada Pilpres 2024 berjalan dengan alot.

Rapat pleno itu melibatkan jajaran dewan syuro, sekjen, waketum, dan jajaran lainnya. Masing-masing menyampaikan argumentasi terkait pandangan arah politik pada Pilpres 2024.

"Yang jelas tadi dinamikanya sangat alot. Masing-masing juga memberikan argumentasi," kata dia.

Pantauan IDN Times di lokasi, rapat pleno digelar sejak pukul 07.00 WIB.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya Berganti Nama, PKB Jengkel 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya