PDIP: Kang Emil, Erick, Sandi, Mahfud, Basuki Masuk Bursa Cawapres

Megawati komunikasikan soal cawapres ke Jokowi dan koalisi

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menegaskan partainya teguh pada sikap, bahwa dalam menentukan calon wakil presiden (cawapres) nantinya akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Namun diakui Hasto, Ridwan Kamil yang masih berstatus Gubernur Jawa Barat, juga masuk dalam daftar bakal cawapres untuk Ganjar Pranowo.

Sebagaimana diketahui, saat acara groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno di Bandung, Jawa Barat, Hasto membuat pantun dengan menyebut “Bacawapres Ganjar ada di sini (Bandung)”.

1. Sejumlah nama masuk radar bacawapres Ganjar

PDIP: Kang Emil, Erick, Sandi, Mahfud, Basuki Masuk Bursa CawapresGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Terkait nama kandidat bakal cawapres, politisi asal Yogyakarta ini menambahkan, bahwa nama-nama itu juga tidak berbeda dengan yang pernah disebutkan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Jadi apa yang disebut presiden Jokowi, ada pak Ridwan Kamil, kemudian pak Erick Thohir, Sandiaga Uno, Mahfud MD, pak Basuki Hadimuljono, dan sebagainya sehingga apa yang saya sampaikan tadi betul," kata Hasto saat ditemui usai acara di lokasi, Rabu (28/6/2023).

Baca Juga: PPP: Sandiaga Uno Bakal Jadi Cawapres Ganjar

2. Megawati akan koordinasi dengan Jokowi dan parpol koalisi soal cawapres

PDIP: Kang Emil, Erick, Sandi, Mahfud, Basuki Masuk Bursa CawapresKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di acara Bulan Bung Karno, SUGBK, Sabtu (24/6/2023) (YouTube/PDI Perjuangan)

Hasto menegaskan bahwa, terkait bacawapres Ganjar nantinya Megawati akan berbicara dengan parpol anggota kerja sama politik pengusung Ganjar serta berkonsultasi dengan Presiden Jokowi "Jokowi" Widodo.

Dia menegaskan, Megawati juga sudah menyampaikan bahwa nama-nama bakal cawapres masih dalam tahap kajian, dan jumlahnya ada sepuluh nama. Pengkajiannya ini dilakukan dengan sangat dinamis.

"Kalau kita lihat setelah Ibu Megawati mengumumkan pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada 21 April 2023, pagi harinya itu kan pak Jokowi mengumumkan tentang (kandidat) Calon Wakil Presiden dan itu juga," ucap Hasto.

Dia lantas menyinggung ada satu nama lagi yang dimunculkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai bakal cawapres, yaitu Ahmad Heryawan alias Aher. Sosok asal Bandung yang merupakan mantan Gubernur Jawa Barat.

"Maka PKS sendiri kan juga menyebut Kang Aher sebagai salah satu bakal calon wakil presiden, yang dari Bandung ini kita harapkan hari ini bergelora ide pemikiran dan semangat dari Bung Karno untuk kita gali kembali, maka yang saya sampaikan adalah cermin dari hal tersebut," paparnya.

3. Nama-nama cawapres dalam tahap kajian

PDIP: Kang Emil, Erick, Sandi, Mahfud, Basuki Masuk Bursa Cawapresilustrasi pemilu (IDN Times/Aditya Pratama)

Hasto menegaskan, Megawati juga sudah menyampaikan bahwa nama-nama bakal cawapres masih dalam tahap kajian, dan jumlahnya ada 10 nama. Pengkajiannya ini dilakukan dengan sangat dinamis.

"Ibu Mega sendiri kan mengatakan, saat ini dalam kajian yang sangat dinamis ada 10 bakal calon wakil presiden," jelas Hasto.

Bagi Hasto, sosok Ridwan Kamil sendiri patut diapresiasi karena bisa menginisiasi pembangunan 11 monumen Bung Karno, yang semuanya dibangun dengan sangat baik, tidak hanya di Indonesia, bahkan di Aljazair.

"Tentu kami memberikan apresiasi terhadap hal tersebut, meskipun terkait dengan siapa yang nanti akan ditetapkan sebagai cawapres mendampingi pak Ganjar Pranowo, ibu Mega bersama dengan ketua umum partai pada momentum yang tepat tentu saja berkonsultasi dengan presiden Jokowi akan diumumkan," tegas Hasto.

Baca Juga: Megawati Sindir PAN, Golkar dan PKB Belum Gabung Dukung Ganjar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya