Sayap Gerindra Sebut Gibran Tak Menolak Usul Jadi Cawapres Prabowo

Gibran disebut tunggu putusan Mahkamah Konstitusi

Jakarta IDN Times - Ketua Umum organisasi sayap Partai Gerindra, Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria), Bambang Haryadi mengatakan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tak menolak dorongan untuk menjadi cawapres mendampingi capres Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2024.

Bambang menuturkan, Gibran sejauh ini menghormati berbagai dinamika politik yang terjadi. Oleh sebab itu, putra sulung Presiden Jokowi itu disebut masih menunggu putusan MK soal batas usia capres dan cawapres.

"Gibran kami melihat beliau sangat menghormati tanggapan dinamika politik. Namun kami melihat dan menangkap beliau ingin menunggu hasil keputusan, tapi beliau juga tidak menolak lah," tutur dia dalam deklarasi dukungan Prabowo-Gibran yang digelar di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga: Ratusan Santri di Banten Nyatakan Dukungan Gibran Maju di Pilpres 2024

1. Usulan duet Prabowo-Gibran diharapkan bisa diterima

Sayap Gerindra Sebut Gibran Tak Menolak Usul Jadi Cawapres PrabowoKetua Umum organisasi sayap Partai Gerindra, Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra ini berharap, usulan soal duet Prabowo-Gibran bisa diterima oleh masyarakat luas, termasuk Gibran dan elite parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Harapan kita, namanya juga usulan ya, bisa diterima oleh mas Gibran dan tokoh-tokoh politik yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di koalisi Prabowo, baik itu di PAN, Demokrat, Golkar, dan alhamdulillah kami melihat dari beberapa parpol ini, kenapa kami memunculkan Gibran, karena kami melihat dari semua parpol yang ada di KIM, hampir semua ada nama Mas Gibran," tutur Bambang.

Baca Juga: Temui Gibran, Cak Imin Bahas Peluang Gibran-Gus Yusuf di Pilgub Jateng

2. Organisasi sayap Partai Gerindra soroti fenomena pemimpin muda

Sayap Gerindra Sebut Gibran Tak Menolak Usul Jadi Cawapres PrabowoOrganisasi sayap Partai Gerindra, Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) deklarasi dukung duet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka maju pada Pilpres 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Bambang lantas menjelaskan, umur bukan tolok ukur kapasitas seseorang dalam memimpin. Menurutnya, fenomena belakangan ini justru banyak pemimpin muda yang sukses, seperti di Prancis dan Finlandia.

Pihaknya juga memandang Gibran sukses menjadi pemimpin daerah sebagai Wali Kota Solo.

"Jadi saya pikir umur bukanlah satu hal yang menjadi tolok ukur seseorang, tapi adalah rekam jejak dan bukti yang sudah dilakukan," imbuh dia.

Baca Juga: Baliho Prabowo-Gibran Muncul di Soloraya, Gibran Ngaku Solid di PDIP 

3. Sayap Partai Gerindra deklarasi dukung Prabowo-Gibran

Sayap Gerindra Sebut Gibran Tak Menolak Usul Jadi Cawapres PrabowoOrganisasi sayap Partai Gerindra, Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) deklarasi dukung duet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka maju pada Pilpres 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Untuk diketahui, organisasi sayap Partai Gerindra, Satria, mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo dan Gibran untuk maju pada Pilpres 2024.

Bambang menilai, Gibran merupakan figur anak muda yang layak maju sebagai cawapres mendampingi capres Prabowo.

"Hari ini kami mendeklarasikan dan mengusulkan kepada Bapak Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju untuk mendampingi Pak Prabowo di Pemilu Presiden 2024 adalah Mas Gibran, atau yang sering kita sebut Gibran Rakabuming Raka," kata Bambang.

Bambang memastikan, usulan duet Prabowo-Gibran itu merupakan aspirasi dari jajaran pengurus Satria di seluruh daerah.

Salah satu pertimbangan utama Satria mendukung duet Prabowo-Gibran ialah untuk menjaga kondusivitas politik Pemilu 2024. Dia berharap, stabilitas politik yang terbangun pasca-Pilpres 2019 lalu bisa dilanjutkan.

"Dengan kami mengusulkan Mas Gibran, setidaknya kami berharap ke depan kepemimpinan ini menjadi bagian dua polarisasi yang sudah pernah terjadi, adalah kubu Pak Prabowo dan kubu Pak Jokowi," ungkap Bambang.

Di samping itu, kata Bambang, Indonesia memang membutuhkan pemimpin yang berani seperti Prabowo. Namun kepemimpinan tersebut lebih ideal jika melibatkan peran anak muda.

Menurutnya, Gibran layak maju sebagai cawapres karena mampu mengakomodir kepentingan anak muda yang jadi mayoritas pemilih di 2024.

"Kami tidak bisa mengenyampingkan bahwa kami anak-anak muda juga butuh perwakilan, dan kami melihat bahwa Mas Gibran adalah salah satu tokoh terbaik bangsa ini, yang bisa mewakili kami untuk memimpin Indonesia ke depan," imbuh Bambang.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya