Kevin Hart Undurkan Diri Sebagai Host Piala Oscar 2019, Ada Apa?

Ia terkait skandal cuitan Twitter-nya yang bernada homofobia

California, IDN Times - Aktor dan komedian, Kevin Hart, akhirnya meminta maaf kepada komunitas LGBTQ dimana sebelumnya pernah menyinggung homofobia. Kejadian ini sendiri terjadi sekitar beberapa tahun yang lalu. Bagaimana awal ceritanya?

1. Kontroversi ini bermula ketika Hart diumumkan sebagai host penghargaan Piala Oscar 2019

Kevin Hart Undurkan Diri Sebagai Host Piala Oscar 2019, Ada Apa?twitter.com/TheSource

Dilansir dari Buzzfeednews.com, kontroversi pernyataan Hart sendiri dimulai ketika ia ditunjuk sebagai host acara Piala Oscar 2019. Sayangnya, penunjukkan Hart sendiri menuai kontroversi mengingat beberapa tahun lalu ia sempat menyinggung perasaan komunitas LGBTQ karena mengucapkan pernyataan mengenai anti-gay serta mengucapkan berulang-ulang dengan kata "homo".

Beberapa anggota terkemuka dari komunitas LGBTQ yang bekerja di dunia hiburan seperti Billy Eichner, Roxane Gay, dan Indiya Moore mengkritik penunjukkan Hart sebagai host di acara tersebut. Kelompok pemantau media LGBTQ, GLAAD, mengatakan mereka telah menghubungi media televisi yang menayangkan acara ini, ABC, pihak penyelenggaran Oscar, serta manajemen Hart untuk membahas retorika dan catatannya serta peluang memasukkan LGBTQ di panggung penghargaan Piala Oscar.

2. Hal ini juga yang membuat Hart mundur sebagai host di acara tersebut

Kevin Hart Undurkan Diri Sebagai Host Piala Oscar 2019, Ada Apa?twitter.com/real1061cle

Kevin Hart akhirnya meminta maaf kepada komunitas LGBT atas pernyataan yang menyinggungnya mengenai homofobia. Pernyataan tersebut diucapkan pada hari Senin, 7 Januari 2019, waktu setempat di acara radio Sirius XM sehingga inilah yang memutuskan Hart mundur sebagai host Piala Oscar 2019. 

"Saya akan mengatakan ini, dan saya ingin membuat ini sangat jelas. Sekali lagi, Kevin Hart meminta maaf atas ucapannya yang menyakiti anggota komunitas LGBTQ. Saya minta maaf," ungkap permintaan maaf Kevin Hart seperti yang dikutip dari Latimes.com.

Ia hanya permintaan maaf tersebut diterima dan merasa bahwa bukan impian hidupnya untuk menjadi sekutu komunitas LGBTQ. Setelah ia mengumumkan pengunduran dirinya, Presiden GLAAD, Sarah Kate Ellis, mengatakan dia bisa terus belajar dari kesalahannya ini.

"Kevin Hart seharusnya tidak mundur; dia seharusnya tetap berada di situ. Permintaan maaf Hart kepada orang-orang LGBTQ adalah langkah maju yang penting, tetapi dia melewatkan kesempatan nyata untuk menggunakan platform dan panggung Oscar untuk membangun persatuan dan kesadaran.

"Kami masih akan menyambut baik percakapan itu dengannya," ungkap pernyataan dari Sarah Kate Ellis seperti yang dikutip dari Buzzfeednews.com.

3. Hart mengakui bahwa pernyataan tersebut bukan ditujukan kepada anggota komunitas mereka

Kevin Hart Undurkan Diri Sebagai Host Piala Oscar 2019, Ada Apa?twitter.com/LightfootInHwd

Hart sendiri mengakui bahwa pernyataan yang dibuat beberapa tahun lalu itu tidak ditujukan kepada anggota komunitas LGBTQ, tetapi kepada teman-temannya saat mereka berbicara satu sama lain. "Ini bukan kata-kata yang saya katakan kepada individu gay. Kami pikir tidak apa-apa untuk berbicara seperti itu, karena itulah cara kami berbicara satu sama lain," ungkap pengakuan Kevin Hart seperti yang dikutip dari Latimes.com.

Ia juga menambahkan bahwa dia mengerti kata-kata tersebut salah karena sekarang berada di ruang di mana dirinya berada di sekitar orang-orang dari komunitas LGBTQ dan sekarang ia menyadari bagaimana kata-kata ini membuat mereka merasa. Hart juga menggunakan acaranya untuk menyerukan keluhan tentang kontroversi tersebut yang dinilai tidak memeriksa Hart secara serius kemudian mengidentifikasi orang-orang yang selalu berinteraksi dengannya.

4. Pihak penyelenggara masih belum menemukan pengganti Hart untuk membawakan acara Piala Oscar 2019

Kevin Hart Undurkan Diri Sebagai Host Piala Oscar 2019, Ada Apa?twitter.com/ABC

Keputusan mundurnya sebagai host Piala Oscar 2019 diungkapkan lewat cuitannya di akun Twitter milik Kevin Hart @KevinHart4real. "Saya telah membuat pilihan untuk mundur dari menjadi tuan rumah Oscar tahun ini .... karena saya tidak ingin menjadi pengalih perhatian pada malam yang harus dirayakan oleh begitu banyak artis berbakat yang luar biasa.

"Saya dengan tulus meminta maaf kepada komunitas LGBTQ untuk kata-kata tidak sensitif saya dari masa lalu saya. Aku menyesal telah melukai orang-orang. Aku berevolusi dan ingin terus melakukannya.

"Tujuanku adalah untuk menyatukan orang-orang tidak membuat kita terpisah. Banyak cinta & penghargaan kepada Akademi. Aku berharap kita bisa bertemu lagi," ungkap isi cuitan dari Kevin Hart seperti yang dikutip dari akun Twitter miliknya @KevinHart4real.

Penyelenggaran acara Piala Oscar 2019 sendiri akan berlangsung pada hari Minggu, 24 Februari 2019, yang berlangsung di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Sampai saat ini, pengganti Kevin Hart untuk membawakan acara ini belum diumumkan.

Baca Juga: 10 Potret Komedian Kevin Hart yang Bikin Kamu Ketawa sampai Nangis

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya