Comscore Tracker

4 Kisah Gua Tham Luang, Tempat Anak-anak Thailand Terjebak 16 Hari

Gua ini kini menjadi pusat perhatian dunia

Gua Tham Luang menjadi pusat perhatian dua pekan ke belakang ini. Pasalnya ada 12 anak termasuk 1 pelatih sepak bola yang terjebak di dalam gua itu. Sejak 23 Juni terjebak, mereka semua baru berhasil diselamatkan Selasa (10/7) malam. Lalu sebenarnya seperti apa sih gua itu?

1. Gua ini diyakini sebagai saluran terpanjang di bawah gunung sepanjang 6 mil

4 Kisah Gua Tham Luang, Tempat Anak-anak Thailand Terjebak 16 Harishutterstock via travelwireasia

Diwartakan Forbes, gua tersebut memiliki nama Tham Luang Nang Non dan berada jauh di bawah pegunungan perbatasan Thailand dan Myanmar. Gua Tham Luang diyakini merupakan jaringan saluran sepanjang enam mil yang ada di Pegunungan Doi Nang Non. Batuan utama di sekitar gua adalah batuan kapur dengan campuran batuan sedimen lainnya. Banyak stalaktit dan stalagmit di area gua sepanjang beberapa kilometer.

Nama gua Than Luang Nan Non secara harfiah berarti gua dari wanita yang tertidur Ini dinamakan sesuai dengan legenda, dimana seorang putri melakukan bunuh diri setelah cintanya pada rakyat jelata dilarang. 

2. Ada beberapa versi cerita legenda tentang gua Tham Luang ini.

4 Kisah Gua Tham Luang, Tempat Anak-anak Thailand Terjebak 16 Haribbc.com

Ada banyak cerita mengenai gua dan gunung tersebut. Legenda mengatakan ada seorang putri cantik yang jatuh cinta dengan rakyat jelata dan kemudian hamil. Namun karena cintanya dilarang, mereka melarikan diri dan pergi ke Gua Tham Luang untuk beristirahat.

Saat sang lelaki pergi mencari makan, ia tertangkap oleh tentara kerajaan dan dibunuh. Putri itu kebingungan dan akhirnya bunuh diri. Darahnya mengalir menjadi air yang mengalir di gua. Sementara tubuhnya menjadi gunung di sekitar gua itu.

Karena cerita inilah gunung disekitar gua disebut sebagai gunung sleeping lady, atau gunung wanita yang sedang tertidur. 

3. Ada yang menyebut gua ini sebagai rumah raksasa iblis. Ada juga yang menyebut gua ini sebagai tempat para roh

4 Kisah Gua Tham Luang, Tempat Anak-anak Thailand Terjebak 16 Hariabc.net.au

Selain legenda putri tidur itu, ada cerita legenda lain yang berkembang. Beberapa menyebutkan gua itu adalah rumah raksasa iblis bernama yaksha yang diperindah dari dalam gua oleh seorang raja. Cerita lain menyebutkan gua itu merupakan tempat roh-roh dimana raja Thai Utara, Jao Luang Kham Daeng ditipu untuk mengikuti wanita cantik ke dalam gua. Dia kemudian dimakan oleh roh-roh di dalamnya. Dalam kematiannya, Raja Jaou Luang Kham Daeng diyakini menjadi penguasa gua tersebut.

Dari masing-masing kisah yang ada, masyarakat sekitar percaya jika gua itu menjadi rumah dari roh yagn kuat. Yang kadang-kadang berbahaya namun memberikan kemakmuran dan kesehatan. 

Gua-gua di Thailand Utara selama ini menjadi lokasi dimana tradisi keagamaan berbaur. Biasanya ada tempat suci untuk Buddha, para pertapa Hindu hingga para penguasa roh gunung. 

4. Gua Tham Luang kini diproyeksikan sebagai destinasi wisata di Thailand

4 Kisah Gua Tham Luang, Tempat Anak-anak Thailand Terjebak 16 Hariabcnews.go.com

Terlepas dari legenda apapun yang ada, Gua Tham Luang ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Gua itu memang cukup memikat. Pintu masuknya luas. Namun sayangnya jika musim hujan, gua itu akan dipenuhi air. Beberapa tempat sempit di dalam gua akan dipenuhi air dan berpotensi menjebak para penjelajah.

Nah, selamatnya anak-anak dari tim sepak bola Wild Boars ini seperti mukjizat. Mengingat saat ini Thailand sedang diguyur hujan deras. 

Saat ini Otoritas Pariwisata Thailand mengumumkan rencana untuk mempromosikan gua itu sebagai daya tarik pariwisata setelah beberapa pekan menjadi sorotan dunia. Otoritas Pariwisata Thailand bahkan akan bekerja sama dengan otoritas lokal dan sektor wisata untuk mempromosikan gua dan tempat menarik lainnya di sekitar gua.

Saat ini Otoritas Pariwisata Thailand sedang mempertimbangkan membuat rute baru. Tidak hanya untuk mempromosikan gua, tetapi juga komunitas terdekat seperti desa-desa kecil yang bisa dijadikan desa wisata.

IAKT Photo Community Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You