Comscore Tracker

Susannah Jones, Orang Tertua di Dunia Tutup Usia. Ini Resep Hidupnya!

Jones meninggal karena sakit

Susannah Mushatt Jones yang diketahui sebagai orang tertua di dunia menghembuskan nafas terakhirnya di New York. Dia meninggal pada usia 116 tahun. Wanita kelahiran Juli tahun 1899 ini adalah orang Amerika terakhir yang lahir pada abad ke-19.

Dilansir CNN Indonesia, (14/5), wanita ini telah hidup dalam tiga momen penting yaitu melalui dua perang dunia dan 20 orang presiden berbeda. Dengan meninggalnya Susannah, maka posisi sebagai orang paling tua di dunia diambil oleh perempuan Italia bernama Emma Morano. Susannah merupakan satu dari 11 bersaudara dan orang tuanya merupakan budak pada masa perbudakan Amerika.

Susannah Jones, Orang Tertua di Dunia Tutup Usia. Ini Resep Hidupnya!Sumber Gambar: time.com

Dia kemudian pindah ke New York untuk bekerja sebagai pengasuh anak. Dari situlah dia memulai penggalangan dana beasiswa untuk perempuan Afrika-Amerika. Susannah juga terkenal dengan sebutan Miss Susie. Sebutan ini terus aktif sepanjang hidupnya.

Dia juga masih menjadi petugas patroli penghuni di rumah jompo yang ditempatinya hingga berusia 106 tahun. Selama hidupnya, Susannah dikenal selalu tidur dengan cukup, tidak merokok dan tidak meminum alkohol. Hal tersebut diduga menjadi faktor yang turut menyumbang umurnya yang panjang.

Baca Juga: Radio Bung Tomo Diratakan dengan Tanah, Inikah Cara Kita Menghargai Jasa Pahlawan?

Susannah Mushatt Jones meninggal karena sakit.

Susannah Jones, Orang Tertua di Dunia Tutup Usia. Ini Resep Hidupnya!Sumber Gambar: dnaberita.com

Kabar meninggalnya Susannah disampaikan oleh Robert Young, konsultan Gerontology Research Group. Dia mengatakan bahwa Jones telah sakit selama sepuluh hari terakhir dan meninggal di panti jompo di Brooklyn, New York, tadi malam, waktu setempat.

Jones sebelumnya pernah menikah dalam waktu singkat. Sayangnya dari pernikahan tersebut dia tak pernah memiliki anak kandung. Jones sendiri dikenal oleh keluarga dan lingkungan sekelilingnya sebagai pribadi yang mencintai keluarga dan lingkungan sekitar. Pada tahun 2015, Jones sempat direncanakan untuk pindah ke daerah pedesaan oleh keponakannya. Tujuannya supaya Jones mendapatkan udara dan sayuran segar untuk kelangsungan hidupnya.

Susannah Mushatt Jones​ resmi menjadi orang tertua di dunia versi Guinness World Record.

Susannah Jones, Orang Tertua di Dunia Tutup Usia. Ini Resep Hidupnya!Sumber Gambar: cnnindonesia.com

Susannah Mushatt Jones resmi menjadi orang tertua di dunia versi Guinness World Record pada tahun lalu. Dia dinobatkan setelah orang paling tua sebelumnya Jeralean Talley, tutup usia pada 17 Juni 2015, di umur 116 tahun. Meski demikian, manusia dengan usia terpanjang di dunia yang pernah masuk rekor dunia saat ini adalah wanita Prancis bernama Jeanne Calment (1875–1997). Dia berusia 122 tahun 164 hari saat meninggal dunia.

Baca Juga: Terungkap! Ini Penyebab Ratusan Siswa SMAN 3 Semarang Tidak Lolos SNMPTN 2016.

Topic:

Berita Terkini Lainnya