14 Juni Hari Donor Darah: Sejarah dan Cara Memperingatinya

Yuk, donor darah!

Dirayakan setiap tahun, Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day jatuh pada tanggal 14 Juni. Hari peringatan ini tentunya digunakan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya stok darah yang aman.

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia juga sebagai ajang apresiasi bagi orang-orang yang sudah rutin mendonorkan darahnya. Tentunya, para pendonor ini sudah menjadi pahlawan karena telah menyelamatkan banyak nyawa yang sedang memerlukan stok darah.  

Baca Juga: PMI Makassar Kekurangan Stok Komponen Darah, Yuk Ikutan Donor!

1. Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

14 Juni Hari Donor Darah: Sejarah dan Cara MemperingatinyaIlustrasi donor darah (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Donor darah awalnya tercipta karena adanya eksperimen seorang ilmuan yang bernama Richard Lower. Ia kemudian mendalami dan mempelajari donor darah pada hewan. Dari kerja kerasnya, Richard berhasil untuk melakukan transfusi darah pada dua anjing. 

Penemuan tersebut menjadi pemantik awal ilmu pengetahuan tentang donor darah mulai berkembang. Pada tahun 1901, muncul Ilmuwan yang bernama Karl Landsteiner yang membuatkan klasifikasi khusus berkaitan dengan pembagian darah.

Gagasan Karl pun disebut dengan ABO Human Blood Type. Ide dari Karl inilah yang menjadi sistem dalam menentukan pendonoran darah. Berkat penemuannya, ia mendapatkan penghargaan Nobel.

Peringatan Hari donor Darah Sedunia pertama kali dicetuskan pada tahun 2004 berdasarkan kesepakatan dari sejumlah organisasi. Kemudian pada tahun 2005 melalui Majelis Kesehatan Dunia ke-58, ditetapkan Hari Donor Darah Sedunia menjadi sebuah acara global yang diperingati setiap tahun. Kemudian, Pemilihan tanggal 14 Juni sebagai hari perayaan, diketahui karena pada tanggal tersebut merupakan hari ulang tahun Karl Landsteiner.

2. Cara memperingati Hari Donor Darah Sedunia

14 Juni Hari Donor Darah: Sejarah dan Cara MemperingatinyaIlustrasi spesialis pengambil darah memeriksa tekanan darah pasien terinfeksi virus corona yang sembuh Monica Jacobs sebelum ia mendonasikan plasma convalescent di Pusat Donor Darah Central Seattle Barat Laut ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Rabu (2/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Lindsey Wasson)

Setiap negara pasti memiliki cara masing-masing untuk merayakan Hari Donor Darah Sedunia. Tentunya, banyak kegiatan-kegiatan seru yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah.

Nah, terdapat beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperingati hari spesial ini, di antaranya:

  • Menjadi seorang pendonor. Pastinya akan banyak sekali tempat-tempat donor darah yang dibuka. Alangkah baiknya kamu ikut berpartisipasi dalam mendonorkan darah.
  • Berkomitmen untuk menjadi pendonor rutin
  • Mengajak keluarga maupun teman untuk melakukan donor darah
  • Mempromosikan di media sosial akan pentingnya melakukan donor darah. Agar, semakin banyak yang tersadar untuk melakukan donor darah.
  • Menjadi relawan dalam kegiatan pendonoran darah.

Itu dia sejarah Hari Donor Darah Sedunia dan cara memperingatinya. Semoga semakin banyak masyarakat yang tersadar akan pentingnya melakukan donor darah. Jadi, sudah berapa kali kamu melakukan donor darah?

Baca Juga: Bantu Kekurangan Stok Darah, Satpas 1221 Depok Gelar Donasi Darah

Topik:

  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya