Ini Sosok Menteri Luar Negeri Panutan Anies Baswedan

Anies paparkan polugri di CIFP 2023

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengungkapkan sosok menteri luar negeri (menlu) yang menjadi role model atau panutan bagi dirinya untuk urusan politik luar negeri (polugri).

Hal ini disampaikan Anies di Conference on Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2023, kala memaparkan arah politik luar negeri jika ia terpilih menjadi Presiden 2024 nanti.

“Yang pertama, Agus Salim. Lalu, Mohamad Roem, Mochtar Kusumaatmaja, dan Ali Alatas,” kata Anies, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (2/12/2023).

Ia juga memuji garda terdepan polugri Indonesia yaitu Kementerian Luar Negeri RI yang menurutnya dalam 10-15 tahun terakhir merekrut diplomat-diplomat hebat yang memperjuangkan posisi Indonesia di kancah global.

Baca Juga: Anies: KPK Harus Kembali Independen, Diisi Orang Berintegritas

1. Anak muda harus ikut berdiplomasi

Ini Sosok Menteri Luar Negeri Panutan Anies BaswedanCapres nomor 1 Anies Baswedan di CIFP 2023. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Anies juga mengatakan, anak muda saat ini harus bisa ikut berdiplomasi dan mempromosikan Indonesia di kancah internasional.

“Anak muda itu harus menjadi bagian diplomasi dunia. Negara harus memfasilitasi,” ucap Anies.

Baca Juga: Anies: KPK Masih Dibutuhkan untuk Berantas Korupsi karena Keserakahan

2. Pernah paparkan polugri Indonesia di CSIS

Ini Sosok Menteri Luar Negeri Panutan Anies BaswedanAnies Baswedan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Anies juga pernah memenuhi undangan CSIS pada awal November lalu tentang arah dan kebijakan polugri-nya jika ia terpilih menjadi Presiden 2024.

“Pertahanan yang tegak dan kedaulatan kuat akan menjadi program prioritas yang segera dieksekusi. Kemudian, proaktif dalam menyusun agenda dunia dan mewujudkan Indo-Pasifik damai dan stabil,” ujar Anies kala itu.

Baca Juga: Anies-Cak Imin Kritik IKN, Otorita: Kita Ikut Undang-Undang

3. ASEAN jadi garda terdepan Indo-Pasifik

Ini Sosok Menteri Luar Negeri Panutan Anies BaswedanAnies Baswedan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain itu, Anies juga menyebut bahwa ASEAN adalah garda terdepan di Indo-Pasifik. ASEAN adalah forum dialog utama antarkekuatan besar di Indo-Pasifik.

Anies juga akan terus melibatkan orang-orang Indonesia di luar negeri atau diaspora sebagai agen promosi Indonesia. Dengan begitu, Indonesia akan menjadi referensi dunia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Hamas: Israel Tak Akan Capai Tujuannya di Gaza!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya