Xanana Sebut Timor Leste Ogah Gabung ASEAN, Ini Kata Kemlu RI

Kemlu RI mengatakan masalah tersebut sudah selesai

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah menjawab komentar Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, soal keengganan negaranya bergabung ASEAN jika organisasi tersebut tidak bisa menyelesaikan masalah Myanmar.

“Sudah ada penjelasan lebih lanjut bahwa pernyataan itu tidak menyampaikan posisi Timor Leste. Secara prinsip, Timor Leste sudah diterima di ASEAN namun ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi,” kata Faizasyah, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Faizasyah juga memastikan bahwa Timor Leste nanti akan hadir pada KTT ASEAN ke-43, bulan depan.

1. Keanggotaan ASEAN jadi isu strategis untuk Timor Leste

Xanana Sebut Timor Leste Ogah Gabung ASEAN, Ini Kata Kemlu RIPresiden Jokowi terima kunjungan kerja Presiden Republik Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta di Istana Bogor (dok. Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta juga menanggapi pernyataan Xanana. Jose menegaskan keanggotaan ASEAN menjadi salah satu isu strategis yang penting bagi Timor Leste.

“Keanggotaan di ASEAN menjadi isu utama yang strategis untuk kami. Ini berdasarkan dengan kepentingan nasional kami, integritas, stabilitas, hubungan perdagangan, perkembangan ekonomi dan kepentingan nasional hingga internasional,” kata Jose, kepada IDN Times, Selasa (8/8/2023).

Selain itu, Jose juga menegaskan ASEAN adalah organisasi regional yang sukses di dunia.

“Hubungan kami, dari ekonomi, budaya hingga masyarakat (dengan negara ASEAN) sudah intim di kawasan ini,” ucap Jose lagi.

Menurutnya, dengan bergabung ke ASEAN, Timor Leste menjalin hubungan lebih intens dengan negara peserta.

Baca Juga: [QUIZ] Yuk, Tes Pengetahuanmu soal ASEAN! (Part 1)

2. Timor Leste secara prinsip sudah diterima sebagai anggota ASEAN

Xanana Sebut Timor Leste Ogah Gabung ASEAN, Ini Kata Kemlu RIMenlu Retno Marsudi menerima kunjungan Menlu Timor LesteAdaljiza Albertina Xavier Reis Magno. (dok. Kemlu RI)

Secara prinsip, Timor Leste telah diterima sebagai anggota ASEAN sejak KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, November 2022.

Road map atau peta jalan keanggotaan Timor Leste pun masih terus dibahas dan dikembangkan. Timor Leste juga terus berupaya memenuhi syarat serta kewajiban untuk menjadi anggota ASEAN.

3. Indonesia memberikan program magang ke ASN Timor Leste

Xanana Sebut Timor Leste Ogah Gabung ASEAN, Ini Kata Kemlu RI30 ASN Timor Leste menerima program magang dari Indonesia. (dok. Kemlu RI)

Sebagai ketua ASEAN, Indonesia telah memberikan progam peningkatan kapasitas atau magang kepada 30 aparatur sipil negara (ASN) asal Timor Leste di berbagai kementerian dan lembaga nasional pengampu badan sektoral ASEAN di Indonesia.

Program yang berlangsung pada periode Juni-November 2023 ini bertujuan meningkatkan pemahaman ASN Timor Leste mengenai mekanisme, tata kerja, proses pengambilan keputusan, dan struktur organisasi ASEAN melalui keterlibatan langsung dalam berbagai kegiatan dan pertemuan yang diselenggarakan Indonesia selaku Ketua ASEAN 2023.

Baca Juga: Menlu: Rakyat Hidup Damai adalah Salah Satu Tujuan ASEAN

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya