Anies Bakal Bawa Gagasan Indonesia di Sidang PBB Jika Jadi Presiden

Anies ingin menghadiri langsung sidang PBB

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, mengatakan, dirinya akan menghadiri langsung sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) jika terpilih sebagai Presiden 2024-2029.

Tidak hanya sebagai partisipan, Anies juga berjanji akan membawa berbagai gagasan Indonesia tentang arah dunia ke depan.

"Pertama, kembali hadir dalam sidang umum PBB, karena kalau hadir otomatis saya akan bisa melakukan bilateral meeting dengan berbagai kepala negara dalam satu kunjungan," kata Anies saat menjawab sejumlah pertanyaan dari peserta Conference on Indonesian Foreign Policy 2023 (CIFP 2023)-FPIC yang digelar di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (2/11/2023).

Diketahui, Presiden Joko" Jokowi" Widodo tidak pernah menghadiri secara langsung Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak menjabat pada 2014 lalu. Jokowi kerap mendelegasikan kehadiran di PBB kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pada periode kedua pemerintahannya, Presiden Jokowi menyampaikan pidato di forum PBB yang disampaikan secara daring.

Kemudian, Anies juga menyatakan akan mengunjungi negara-negara tetangga dekat Indonesia. Sebab negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura merupakan sahabat terdekat.

"Itu yang harus kita jangkau dan yang ketiga, saya ingin datang ke Tanah Palestina," tegas Anies yang kembali disambut tepuk tangan peserta.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Ini Sosok Menteri Luar Negeri Panutan Anies Baswedan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya