Comscore Tracker

7 Alasan Ilmiah Warna Kulit Berbeda dengan Keluarga Kandung

Sangat langka! Apalagi kalau kembar dan beda satu sama lain

Seperti kata bijak buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, yang namanya anak pastinya selalu ada kemiripan dengan orang tuanya baik sifat maupun fisik. Namun ada titik di mana sang anak terlahir begitu berbeda. Yang paling kentara adalah warna kulit.

Contoh saja yang terjadi pada pasangan Nigeria di 2010. Mereka melahirkan bayi berkulit putih dengan mata biru dan berambut pirang.

Bukan, bukan. Ini bukan masalah perselingkuhan yang mana sang istri “membuat anak” dengan pria lain. Fenomena anak yang jauh berbeda secara penampilan fisik ini memang ada dan bisa dijelaskan secara ilmiah. Berikut ini adalah penjelasannya. Semoga membantu dan tidak lagi membuatmu kaget, saat anakmu ternyata memang jauh berbeda.

1. Sang anak memiliki genetik dari nenek moyang yang dulunya memang berbeda

7 Alasan Ilmiah Warna Kulit Berbeda dengan Keluarga Kandungnypost.com

Dari para peneliti yang mempelajari fenomena anak yang berbeda dengan orang tuanya, mereka meyakini gen di dalam tubuhnya berperan penting dalam hal tersebut. Fisik yang berbeda tersebut bisa jadi datang dari gen yang tersembunyi dan tersimpan pada sang ibu yang mana nenek moyangnya dulu memiliki fisik seperti itu. Hal ini dinamakan atavisme.

2. Bisa dibilang gen dalam tubuh sang anak mengalami mutasi

7 Alasan Ilmiah Warna Kulit Berbeda dengan Keluarga Kandunggoodmorningamerica.com

Dilansir jurnal berjudul “Evolution by Reverting to Ancestral Characters”, atavisme adalah fenomena pembalikan gen dari nenek moyang yang terjadi secara tiba-tiba pada individu. Kejadiannya sangat langka sampai-sampai memungkinkan terjadi sekali dalam beberapa puluh generasi. Hal itu bisa dilihat lewat mutasi pada paus sperma yang diperkirakan terjadi pada satu individu dengan kemungkinan 0,02 persen.

3. Gen mempengaruhi melanin tubuh seseorang

7 Alasan Ilmiah Warna Kulit Berbeda dengan Keluarga Kandungkilimanjarotimes.com

Jika kamu bertanya bagaimana gen bisa menentukan warna kulit seseorang, itu dikarenakan gen secara langsung menentukan kadar melanin pada tubuh. Hal ini pun terjadi sebaliknya: melanin pada tubuh bisa diteruskan pada generasi selanjutnya melalui gen. Contoh nyatanya adalah anak-anak yang tinggal di area garis khatulistiwa kebanyakan memiliki warna kulit yang lebih gelap karena orang tua dan pendahulunya banyak terpapar sinar matahari.

Baca Juga: Alami, 7 Fakta Ilmiah Kamu Spontan Menilai Sesuatu Cantik atau Jelek

4. Kemungkinan besar mendapat anak yang punya penampilan berbeda jika kawin interrasial

7 Alasan Ilmiah Warna Kulit Berbeda dengan Keluarga Kandungmirror.co.uk

Penggabungan gen dari dua orang yang berbeda etnis memungkinkan anaknya punya penampilan yang berbeda. Hal ini lebih didukung apabila satu dari kedua orang tua itu memang memiliki gen tersembunyi.

Namun berbeda halnya jika kedua orang tua itu masih sama-sama satu etnis. Untuk masalah satu ini, peneliti tetap sepakat itu menjadi masalah genetik, tetapi lebih jelasnya masih menjadi hal misterius.

5. Kenyataannya tidak ada orang yang sepenuhnya berkulit hitam atau berkulit putih

7 Alasan Ilmiah Warna Kulit Berbeda dengan Keluarga Kandungglobalivf.com

Pembelajaran tentang studi genetik menunjukkan bahwa sebenarnya tak ada satu pun orang yang punya darah murni satu etnis. Dipastikan walau hanya lima atau sepuluh persen, ada darah campuran di dalamnya. Tidak mengagetkan apabila ada anak yang terlahir berbeda dengan orang tuanya.

6. Kasus yang lebih langka, yaitu lahir kembar berbeda warna

7 Alasan Ilmiah Warna Kulit Berbeda dengan Keluarga Kandungmodernghana.com

Adalah Kian dan Remee, saudara kembar yang punya warna kulit dan rambut jauh berbeda. Kian memiliki kulit dan rambut gelap, sedangkan Remee berkulit terang dan berambut pirang.

Diperkirakan kemungkinan hal seperti ini bisa terjadi yaitu satu banding satu juta. Perkawinan interrasial menambah besar terjadinya hal tersebut.

7. Tetapi anak yang lahir berbeda rawan menjadi objek diskriminasi

7 Alasan Ilmiah Warna Kulit Berbeda dengan Keluarga Kandungsites.rowan.edu

Permasalahan utama yang akan dihadapi anak yang terlahir berbeda dari orang tuanya adalah mereka bakal menjadi objek diskriminasi. Entah itu dari lingkungannya ataupun orang tuanya sendiri.

Satu kasus menimpa anak bernama Sandra Laing yang terlahir berkulit hitam dari orang tua berkulit putih di Afrika Selatan. Dirinya diusir dari rumah pada umur 10 tahun karena adanya politik apartheid di sana.

Kalau sudah mengetahui hal ini, jangan keburu dahulu menuduh pasanganmu selingkuh jika anak yang dilahirkan punya penampilan berbeda. Bisa saja itu karena mutasi genetik. Tapi bukankah itu menambah menarik, mengingat fenomena ini menambah keberagaman? 

Baca Juga: Benarkah Jodoh? 7 Alasan Ilmiah Kemiripan Wajah Pasangan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya