Comscore Tracker

7 Fakta Unik Pulau Ular, Jangan Pernah Nekat Pergi ke Sana!

Pulau ini terlarang untuk manusia

"Kalau kamu tersesat di laut dan menemukan pulau ular, pergilah, jangan menginjakkan kaki di sana."

Tahukah kamu bahwa ada beberapa tempat di dunia ini yang tidak boleh dikunjungi oleh manusia? Salah satunya adalah Ilha da Queimada Grande atau biasa disebut sebagai Pulau Ular. Sesuai namanya, Pulau Ular diisi oleh sejumlah besar populasi ular sehingga merekalah yang berkuasa di sana.

Bahkan, pulau tersebut juga menjadi rumah dari ular paling berbahaya di dunia. Praktis, akan lebih baik bagi manusia untuk menghindari pulau tersebut daripada mengunjunginya. Itulah kenapa Pulau Ular yang terletak di Brasil ini dilarang untuk dikunjungi.

Berhubung hanya sedikit orang yang pernah mengunjungi Pulau Ular, tentu tidak banyak informasi yang beredar seputar pulau ini yang membuatmu jadi penasaran. Berikut beberapa fakta menarik tentang Pulau Ular!

1. Menampung banyak sekali ular

7 Fakta Unik Pulau Ular, Jangan Pernah Nekat Pergi ke Sana!sustainability-times.com

Melansir My Snake Pet, pernah diyakini bahwa Pulau Ular menjadi rumah bagi 430 ribu ular, tetapi jumlah sebenarnya jauh lebih rendah dari itu. Studi yang lebih baru menemukan populasi ular golden lancehead berkisar di antara 2.000 hingga 4.000 saja. Ya, tetap aja itu gak sedikit, sih. Populasi ini terkonsentrasi sepenuhnya di hutan hujan, yang hanya mencakup sebagian kecil pulau (sekitar 62 hektar).

Ular golden lancehead sendiri merupakan salah satu spesies ular yang paling berbisa. Jika manusia terkena gigitannya, maka dapat dipastikan dirinya akan mati dalam kurun waktu satu jam. Yakin mau ketemu sama ribuan ular ini?

2. Tidak ada satupun manusia yang singgah

7 Fakta Unik Pulau Ular, Jangan Pernah Nekat Pergi ke Sana!oeco.org.br

Mengutip All Thats Interesting, Pulau Ular tidak dihuni oleh satupun manusia. Namun, dulu pernah ada legenda yang menunjukkan kalau ada orang-orang yang tinggal di Pulau Ular hingga tahun 1920-an. Hanya saja penjaga mercusuar setempat beserta keluarganya tiba-tiba dibunuh ular yang merayap masuk melalui jendela.

Sejak itu, tidak ada yang berani tinggal atau bahkan sekadar singgah di Pulau Ular. Saat ini pun angkatan laut secara berkala mengunjungi mercusuar untuk pemeliharaan dan memastikan tidak ada orang yang berkeliaran terlalu dekat dengan pulau.

3. Pernah ada nelayan tersesat

7 Fakta Unik Pulau Ular, Jangan Pernah Nekat Pergi ke Sana!dnaindia.com

Alkisah pernah ada seorang nelayan yang tersesat dan kebetulan mendarat di Pulau Ular. Awalnya, dia tidak mengenali pulau tersebut karena memang tersesat. Ketika dia mencoba mengambil pisang, tiba-tiba ada ular yang menggigitnya. 

Sontak, nelayan tersebut langsung lari kembali ke perahu setelah mendapat serangan ular. Namun, sayangnya banyak ular yang berdatangan dan kembali menyerangnya. Pada akhirnya, perahu tersebut berhasil ditemukan dan ditemukan nelayan itu sudah mati bersimbah darah di dalamnya.

Baca Juga: 5 Jenis Ular Laut di Indonesia, Ada yang Lebih Mematikan dari Kobra

4. Ular golden lancehead di pulau itu jauh lebih berbahaya

7 Fakta Unik Pulau Ular, Jangan Pernah Nekat Pergi ke Sana!alltimelists.com

Racun yang dihasilkan oleh ular golden lancehead dari Pulau Ular jauh lebih berbahaya dibanding ular golden lancehead yang berada di daratan biasa. Tingkat bahayanya ditaksir mencapai 5 kali lipat. Satu gigitan saja memiliki tingkat kematian 7 persen dan dapat menyebabkan nekrosis jaringan otot, pendarahan otak, gagal ginjal, dan pendarahan usus.

Setelah itu, kamu akan mati dalam waktu satu jam. Apalagi mengingat jarak dari Pulau Ular ke daratan utama berjarak lebih dari satu jam. Apa sempat untuk diselamatkan kalau sudah tergigit?

5. Makan burung

7 Fakta Unik Pulau Ular, Jangan Pernah Nekat Pergi ke Sana!mysnakepet.com

Ular yang ada di Pulau Ular, khususnya golden lancehead tetap harus mencari makan meskipun pulau tersebut didominasi oleh ular. Mereka perlu menemukan sumber makanan untuk memperkuat racun yang ada di dalam tubuhnya.

Akibat dari keterbatasan sumber makanan, maka para ular kebanyakan mengincar burung. Ular itu akan bersembunyi di pohon terlebih dahulu. Ketika seekor burung berhenti di pulau itu untuk beristirahat, barulah ular menyerang. Bisa yang ular salurkan bakal langsung melumpuhkan burung yang digigitnya.

6. Racun ular bisa menyelamatkan nyawa

7 Fakta Unik Pulau Ular, Jangan Pernah Nekat Pergi ke Sana!oversixty.com.au

Untungnya, kamu tidak hanya akan mendapatkan kabar buruk dari ular yang tinggal di Pulau Ular. Ada kabar baiknya juga, yakni racun ular golden lancehead bisa dimanfaatkan oleh para ilmuwan sebagai keperluan farmasi.

Racunnya bisa digunakan dalam membuat obat untuk penyakit jantung, masalah sirkulasi, dan pembekuan darah. Selain itu, racun ini juga dapat membantu menyembuhkan kanker.

7. Satu ular dihargai Rp436 juta

7 Fakta Unik Pulau Ular, Jangan Pernah Nekat Pergi ke Sana!theguardian.com

Berhubung status ular di Pulau Ular sudah terancam punah dan racun mereka berpotensi menjadi obat, maka seekor ular dibanderol seharga Rp436 juta di pasar gelap. Akibatnya, banyak pemburu rela mengambil risiko nyawa mereka untuk menyelinap ke pulau dan menangkap sebanyak mungkin ular. Tertarik kah kamu untuk mengikuti jejak mereka?

Itulah beberapa fakta menarik tentang Pulau Ular yang sangat dilarang untuk dikunjungi. Biarkan mereka tetap hidup di alamnya dan menjadi salah satu pulau terunik di dunia.

Baca Juga: 5 Reaksi Tubuh Saat Tergigit Ular Berbisa, Ini Kronologi Per Menitnya

Adhyasta Dirgantara Photo Writer Adhyasta Dirgantara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya