Comscore Tracker

10 Fakta Menarik Honey Badger, Binatang yang Tidak Mengenal Rasa Takut

Si kecil ini adalah raja hutan yang sebenarnya

Honey Badger, biasa disebut juga dengan nama musang madu atau ratel. Binatang ini merupakan satu-satunya spesies dari genusnya yaitu Mellivora. Ia termasuk dalam keluarga Mustelidae, yang artinya masih memiliki kerabat dekat dengan berang-berang, cerpelai dan wolverine. Panjang rata-rata binatang ini hanya 55-77 cm, dengan beratnya berkisar antara 9-16 kg untuk jantan dan 5-10 untuk betina.

Meskipun ukuran binatang pemburu ini tergolong sangat kecil, namun keganasannya melebihi predator-predator besar seperti singa atau macan tutul. National Geographic menyebut Honey Badger sebagai binatang paling brutal di Dunia. Bahkan Guinness World Records memberikan gelar untuknya sebagai binatang yang paling tidak mengenal rasa takut. Selain itu, ada juga beberapa fakta menarik lainnya yang melengkapi predator kecil ganas ini.

1. Mereka adalah binatang karnivora, namun dalam kasus tertentu mereka bisa memakan apa saja

10 Fakta Menarik Honey Badger, Binatang yang Tidak Mengenal Rasa Takutiflscience.com

Meskipun tergolong dalam ordo karnivora, namun Honey Badger bisa memakan apa saja. Mereka pada dasarnya adalah binatang pemakan daging mulai dari burung, tikus, serangga, larva lebah dan rusa beukuran kecil. Sama seperti namanya (musang madu) mereka juga memakan madu.  Namun, saat mereka kelaparan dan tidak menemukan mangsa, maka mereka akan berubah menjadi pemakan segalanya mulai dari bangkai, bunga sampai buah-buahan.

2. Bisa mengeluarkan bau tubuh sangat menyengat

10 Fakta Menarik Honey Badger, Binatang yang Tidak Mengenal Rasa Takutanimals.sandiegozoo.org

Musang ini mirip sepeti sigung, mereka juga bisa mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Bau ini digunakan untuk menandai wilayahnya dan juga digunakan saat mereka merasa terancam. Namun, tidak seperti bau sigung, baunya tidak bertahan lama.

3. Mempunyai metabolisme yang cepat

10 Fakta Menarik Honey Badger, Binatang yang Tidak Mengenal Rasa Takutwildrepublic.com

Sistem metabolisme tubuh yang sangat cepat inilah yang mengharuskan mereka untuk terus makan dan berburu. Hal inilah, yang membuat mereka lebih aktif dibanding predator lain. Di alam liar, mereka biasanya berburu pada siang hari. Namun, di daerah perkotaan mereka biasanya berburu pada malam hari.

4. Mempunyai sistem pertahanan dan senjata alami yang mematikan

10 Fakta Menarik Honey Badger, Binatang yang Tidak Mengenal Rasa Takutdkfindout.com

Sistem pertahanan dan senjata alaminya membuat Honey Badger menjadi sangat pemberani dan ganas. Mereka memiliki kulit kendur yang sangat tebal dan elastis (sekitar 6mm) di sekitar leher hingga punggung. Kulit ini memungkinkan mereka untuk menyerang balik, meskipun sedang dalam cengkraman gigitan predator dan dapat menggeliat untuk melepaskan diri. Kulit predator kecil ini juga jarang bisa ditembus oleh panah atau tombak, dan bisa meminimalisir sengatan lebah, meskipun ada beberapa kasus dimana Honey Badger mati karena sengatan dan gigitan. Nah, selain kulitnya mereka juga memiliki gigi dan rahang yang sangat kuat sehingga gigitan mereka bisa memecahkan cangkang seekor kura-kura.

5. Binatang predator yang gila, ganas dan rakus

https://www.youtube.com/embed/JgKN3BuvC3E

Honey Badger sangat ganas dan rakus dalam berburu. Mereka tidak ragu untuk bertarung dengan predator yang lebih besar seperti serigala, jackal, hyena, singa atau macan tutul untuk merebut makanan mereka. Tidak jarang mereka juga berburu ular berbisa dan anak rusa untuk dimakan. Mereka bisa menyerang apapun yang berada di depannya, jadi jika bertemu dengan binatang ini sebaiknya menghindar. Jika tidak, ia akan menyerangmu dengan sangat agresif.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Hewan Musang, Bisa Dijadikan Teman di Rumah!

6. Mempunyai kemampuan adaptasi yang luar biasa sehingga bisa hidup di lingkungan yang ekstrim

10 Fakta Menarik Honey Badger, Binatang yang Tidak Mengenal Rasa Takutanimals.sandiegozoo.org

Kemampuan adaptasi mereka terbilang luar biasa. Mereka bisa hidup di padang pasir di Namibia atau di sekitar gurun sahara. Mereka bisa hidup di wilayah hutan hujan Kongo yang lebat. Dan mereka juga bisa hidup di padang rumput afro-alpine di Ethiopia yang memiliki suhu rata-rata yang sangat rendah.

7. Tidak mengenal rasa takut dan pantang menyerah

https://www.youtube.com/embed/aSGXOd1m7F4

Guinness World Records tidak salah memberikannya gelar karena memang predator ini tidak mengenal rasa takut. Ini juga ditambah dengan sifat pantang menyerahnya. Jika ada predator yang jauh lebih besar menyerangnya, maka mereka memilih untuk melawan dan bertarung sampai mati. Bahkan dalam sebuah kasus di Pusat Rehabilitasi Moholoholo di Limpopo, Afrika seekor Badger nekat menggali menembus pagar listrik untuk menyerang seekor singa. Kamu bisa melihat dalam video diatas, mereka juga tidak segan-segan untuk menyerang seekor buaya.

8. Binatang yang cerdas

https://www.youtube.com/embed/aZyjKF31_JQ

Honey Badger memiliki kecerdasan diatas rata-rata dibanding predator lainnya. Dalam sebuah serial dokumenter India (Land of the Tiger), binatang terlihat menggulingkan sebuah batang kayu yang digunakannya sebagai tumpuan untuk meraih seekor burung. Di area pemukiman, Honey Badger seringkali terlihat mampu untuk membuka gerbang dan lemari es. Bahkan, di area rehabilitasi satwa di Afrika Selatan mereka bisa menggunakan tongkat, garu, lumpur, batu untuk meloloskan diri dari kandang mereka.

9. Suka mencuri sarang binatang lain

https://www.youtube.com/embed/fZAYyPkSFds

Sarang dari binatang ini bisa dimana saja, mereka menggali menggunakan cakar mereka baik itu di tanah, batang pohon sampai sarang rayap. Namun, binatang ini juga suka mencuri sarang binatang lainnya. Misalnya, sarang burung hantu atau sarang rubah. Mereka juga biasanya akan menempati lubang apapun yang mereka rasa nyaman tanpa peduli lubang itu memiliki penghuni atau tidak.

10. Binatang yang penyendiri

10 Fakta Menarik Honey Badger, Binatang yang Tidak Mengenal Rasa Takuthphpublishing.co.za

Seekor Honey Badger biasanya lebih senang menyendiri, binatang ini sepertinya cukup egois untuk berburu dalam kelompok, sehingga lebih memilih berburu dan bertahan hidup sendiri. Mereka hanya akan bersama pada saat musim kawin. Seekor Honey Badger betina biasanya akan bersama dengan bayinya untuk waktu yang cukup lama hingga mereka bisa bertahan hidup sendiri.

Itulah beberapa fakta menarik dari predator kecil tanpa kenal rasa takut ini. Tentu, saja masih banyak fakta menarik lainnya tentang binatang ini. Jika kamu mengetahuinya, silakan tulis di kolom komentar.

Baca Juga: 5 Fakta Kucing Merah, Hewan Liar Endemik Kalimantan yang Hampir Punah

Afendi Nahak Photo Verified Writer Afendi Nahak

I am I

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya