Comscore Tracker

7 Fakta Kota Detroit, Calon Kota Mati Berikutnya di Amerika Serikat

Detroit pernah jadi kota terkaya di AS

Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mendengar nama Detroit. Yap, kota di negara bagian Michigan, Amerika Serikat itu pernah menjadi kota maju dan bahkan sempat didapuk menjadi salah satu kota terkaya seantero negeri Paman Sam. Sayangnya, kota besar itu mengalami kemerosotan yang amat dalam dan bahkan bisa disebut sebagai calon kota mati.

Kendati demikian, kota yang sudah berdiri sejak 1701 itu memiliki lika-liku sejarah panjang sejak awal berdiri hingga kini. Memiliki sejarah panjang, tentunya terdapat sederetan fakta menarik di balik kota besar yang berbatasan langsung dengan Windsor, Kanada itu. Simak beberapa faktanya, berikut ini.

1. Didapuk sebagai pusat industri otomotif di Amerika Serikat

7 Fakta Kota Detroit, Calon Kota Mati Berikutnya di Amerika SerikatPemandangan Gedung Renaissance Center di Downtown Detroit (instagram.com/detroitphotocollective)

Kota Detroit beserta kota penyangganya, seperti Warren, Pontiac, dan Dearborn sudah dinobatkan sebagai wilayah pusat industri otomotif di Amerika Serikat sejak 1920-an. Kala itu, industri otomotif AS tengah berada dalam masa keemasan, sehingga terjadi ekspansi besar-besaran.

Peristiwa itu berdampak pada pertumbuhan pesat di Kota Detroit maupun wilayah sekitarnya yang disebut Metro Detroit. Hal ini ditandai dengan meningkatkan jumlah penduduk terutama populasi para pekerja di industri otomotif. 

Meski tengah mengalami kemerosotan, pemain besar otomotif AS juga memusatkan kantor dan industrinya di Detroit hingga saat ini. Beberapa perusahaan otomotif yang berkantor di Detroit meliputi, General Motor, Chrysler, dan Ford.

2. Ikut menyumbang lahirnya genre musik di AS

7 Fakta Kota Detroit, Calon Kota Mati Berikutnya di Amerika SerikatBillboard bertuliskan Techno City di Detroit (metrotimes.com)

Di samping dunia otomotif, salah satu hal yang lekat dengan Detroit adalah industri kreatifnya. Kota di Michigan ini terkenal akan seni pementasan, sehingga menjadi tempat lahirnya genre musik. Salah satu genre musik yang lahir di kota ini adalah techno music, hip hop, The Motown Sound dan lainnya.

Bahkan, kota ini merupakan tempat asal penyanyi-penyanyi terkenal seperti Madonna, Aretha Franklin, Marvin Gaye, Eminem dan sejumlah penyanyi berbakat lainnya. Lahirnya genre musik di Detroit tak bisa dilepaskan dari tingginya keberagaman ras dan suku di kota ini. Pasalnya, baik ras kulit putih Eropa, Afrika, Hispanik, Asia, dan Timur Tengah sudah berdomisili di kota ini sejak lama.

Mereka membawa berbagai macam selera musik dan ragam kebudayaan, terutama masyarakat Afrika Amerika yang membawa genre musik tersendiri dan mempengaruhi lahirnya genre baru. 

3. Memiliki taman pulau terbesar di Amerika Serikat

7 Fakta Kota Detroit, Calon Kota Mati Berikutnya di Amerika SerikatBelle Isle Park di Detroit yang tertutup salju (instagram.com/detroitphotocollective)

Salah satu hal yang menarik dari Detroit adalah pulau seluas 982 hektar yang digunakan sebagai taman kota. Pasalnya, Taman Belle Isle adalah taman pulau ini terbesar di Amerika Serikat, dengan aneka macam wahana wisata termasuk aquarium, lapangan basket, golf dan museum. 

Pulau ini bisa dibilang unik lantaran berada tepat di tengah Sungai Detroit yang menjadi pembatas antara Amerika Serikat dan Kanada. Selain itu, Belle Isle Park merupakan pulau terbesar ketiga yang ada di sepanjang aliran Sungai Detroit. 

Baca Juga: Serunya 9 Spot Wisata di Milwaukee, Kota Indah di Tepi Danau Michigan

4. Tempat terjadinya kerusuhan rasial terbesar di AS

7 Fakta Kota Detroit, Calon Kota Mati Berikutnya di Amerika Serikatpotret kerusuhan rasial Detroit di tahun 1967 (freep.com)

Pada 1960-an, Detroit memasuki masa kejayaannya dan sempat didapuk sebagai kota terbesar keempat di Amerika Serikat, persis di bawah New York, Chicago, dan Pennsylvania. Banyaknya jumlah penduduk membuat diversifikasi rasial di Detroit begitu tinggi. Tak ayal kota ini sempat dihadapkan dengan perselisihan horizontal antar ras, yang melibatkan masyarakat keturunan Afrika dan kepolisian setempat di tahun 1967.

Kerusuhan itu menewaskan sebanyak 43 orang dan mengakibatkan ribuan orang terluka maupun ditangkap. Bahkan, peristiwa berdarah itu telah menyebabkan lebih dari 2.000 bangunan rusak berat maupun ringan. Sebelum peristiwa kerusuhan itu, Detroit juga sempat dihebohkan dengan kerusuhan antar ras kulit putih dan kulit hitam tahun 1943. Hal ini timbul lantaran banyaknya pendatang akibat meledaknya industri mobil di masa Perang Dunia II.

5. Mengalami penurunan populasi selama lebih dari 6 dekade

7 Fakta Kota Detroit, Calon Kota Mati Berikutnya di Amerika SerikatRumah terbengkalai di Detroit. (instagram.com/modern_day_decay)

Kota Detroit selama ini dikenal sebagai kota mati akibat penurunan populasi penduduk, terutama pada area pusat kota atau downtown. Padahal, kota itu pernah mencapai puncaknya di tahun 1950-an, di mana populasinya mencapai 1,85 juta jiwa. Menurut Biro Sensus AS, populasi di Detroit terhitung tidak lebih dari 639.111 jiwa dan memiliki tren penurunan dari tahun ke tahun.

Bahkan, menurut Forbes, Detroit disebut sebagai kota dengan tingkat penurunan penduduk terbesar di AS. Penurunan jumlah penduduk di Detroit dilatarbelakangi melorotnya industri otomotif AS dan banyaknya industri yang dialihkan ke luar negeri. Selain itu, tingginya kriminalitas juga mendorong keengganan penduduk untuk tinggal di pusat kota dan justru memilih tinggal di pinggiran kota.

Sementara itu, di kawasan Metro Detroit dikenal akan segregasi sosialnya lantaran area pusat kota kini mayoritas dihuni oleh masyarakat kulit hitam. Sedangkan warga kulit putih menetap di area penyangga Detroit. 

6. Salah satu kota bangkrut dan berujung jadi kota mati di AS

7 Fakta Kota Detroit, Calon Kota Mati Berikutnya di Amerika Serikattampak luar gedung Lee Plaza di Detroit (instagram.com/dailydetroit)

Detroit dikenal sebagai salah satu kota yang mengalami kebangkrutan terbesar di Amerika Serikat sejak tahun 2013. Kebangkrutan kota ini dilatarbelakangi tingginya hutang yang digunakan untuk mendanai pelayanan kesehatan dan dana pensiun masyarakatnya. Selain itu, mayoritas warga Detroit diketahui berada di bawah garis kemiskinan turut mendorong kemerosotannya.

Hal itu yang disebut menjadi penyebab tingginya aksi kriminalitas di kota Negara Bagian Michigan itu. Ditambah lagi, pajak di Detroit terhitung tinggi seperti halnya kota lain di AS. Namun, tingginya pajak tidak sebanding dengan fasilitas pelayanan yang didapat warga, bahkan sekolah dan keamanan di kota itu jauh di belakang kota lain di AS.

Masalah tersebut juga berdampak pada rendahnya angka investor ataupun pemodal yang bersedia membuka usaha maupun perusahaan di kota tersebut.

7. Kota dengan bangunan kosong terbanyak di AS

7 Fakta Kota Detroit, Calon Kota Mati Berikutnya di Amerika Serikattampak luar gedung Michigan Central Station (instagram.com/drew.krz)

Penurunan populasi di Detroit berdampak menjamurnya bangunan kosong terbengkalai yang ditinggalkan penghuninya. Dilansir Huff Post, terdapat sekitar 78 ribu bangunan kosong dengan kondisi rapuh lantaran sudah ditinggalkan selama beberapa dekade.

Di sisi lain, untuk menghidupkan dan merenovasi bangunan rumah dan pencakar langit di Detroit tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Salah satu bangunan megah terbengkalai di Detroit adalah Michigan Central Station yang sudah berdiri sejak 1913. 

Itu tadi beberapa fakta menarik Kota Detroit yang sebelumnya menjadi kota industri kaya raya, tapi kini menjadi kota paling bangkrut di negeri Paman Sam. Semoga kota besar ini bisa keluar dari masalahnya dan kembali tumbuh menjadi kota maju di Amerika Serikat. 

Baca Juga: 10 Kota Dunia yang Bangkrut dan Kosong Ditinggal Penduduknya

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya