Bukan Everest, Ini 5 Fakta Mauna Kea sebagai Gunung Tertinggi di Bumi

Lho, bukannya gunung tertinggi itu Everest?

Tentu kamu sudah mengetahui jika Gunung Everest merupakan gunung dengan puncak tertinggi di dunia, bukan? Puncak Everest memiliki ketinggian 8.848 meter dari permukaan laut. Ini memang yang membuat Gunung Everest sebagai gunung dengan puncak tertinggi di bumi.

Namun, ketinggian Everest tersebut diukur dari kaki Gunung Everest yang berada di atas permukaan air laut. Nah, faktanya, di dunia ini ada gunung yang tingginya melebihi Everest karena gunung tersebut memiliki kaki gunung di dasar laut.

Gunung tersebut bernama Mauna Kea yang terletak di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Inilah lima fakta tentang Mauna Kea, gunung yang ternyata menjadi gunung tertinggi di bumi. Yuk, disimak!

1. Jika diukur dari kaki gunungnya, Mauna Kea adalah gunung tertinggi di bumi

Bukan Everest, Ini 5 Fakta Mauna Kea sebagai Gunung Tertinggi di Bumiwilderutopia.com

Yup, kamu gak salah baca, kok. Mauna Kea memang menjadi gunung tertinggi yang ada di bumi saat ini jika ketinggian dihitung secara total dari kaki gunungnya.

Seperti dicatat dalam jurnal sains Live Science, Mauna Kea memiliki total ketinggian 10.210 meter. Itu artinya Mauna Kea lebih tinggi sekitar 1.300 meter jika dibandingkan dengan Everest.

Kaki gunung Mauna Kea berada di kedalaman 6.000 meter di bawah permukaan laut. Hal itu berbeda dengan Everest yang kaki gunungnya terdapat di daratan yang sejajar dengan permukaan laut.

2. Terdapat observatorium canggih di puncak Gunung Mauna Kea

Bukan Everest, Ini 5 Fakta Mauna Kea sebagai Gunung Tertinggi di Bumibigislandguide.com

Terdapat observatorium dan fasilitas penelitian astronomi di puncak Gunung Mauna Kea. Seperti ditulis dalam laman resminya, Observatorium Mauna Kea merupakan salah satu observatorium tercanggih yang ada di muka bumi.

Observatorium ini rencananya juga akan dilengkapi dengan Thirty Meter Telescope (TMT) yang merupakan salah satu teleskop inframerah tercanggih di dunia dengan lensa utama yang berdiameter 30 meter. Teleskop canggih ini bahkan juga digunakan NASA untuk mengamati objek luar angkasa dari muka bumi.

Ada banyak ilmuwan dan ahli astronomi yang melakukan penelitian di Observatorium Mauna Kea. Bahkan, fasilitas penelitian ini juga bekerja sama dengan NASA dan angkatan udara Amerika Serikat untuk melakukan penelitian di bidang astronomi.