Comscore Tracker

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Gaya Gravitasi Bumi Sebesar Jupiter

Seberapa kuat sih gaya gravitasi planet Jupiter itu?

Gaya gravitasi adalah gaya tarik-menarik dua buah partikel yang memiliki massa. Pada dasarnya, semua benda yang ada di alam semesta ini memiliki gravitasinya sendiri-sendiri. Hanya saja, ukurannya yang berbeda-beda.

Laman Universe Today menyebut bahwa planet Jupiter adalah planet yang memiliki gaya gravitasi terbesar di Tata Surya kita. Satu-satunya benda langit di Tata Surya yang gravitasinya jauh melebihi Jupiter hanyalah Matahari.

Gaya gravitasi planet Jupiter adalah 2,5 kali lebih besar dibanding gaya gravitasi Bumi. Nah, apa yang akan terjadi jika gaya gravitasi Bumi setara dengan gaya gravitasi Jupiter? Yuk, disimak!

1. Berat badanmu akan bertambah

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Gaya Gravitasi Bumi Sebesar Jupiteraarp.org

Ingat ya, berat itu berbeda dengan massa. Berat adalah satuan yang diukur akibat gaya tarik gravitasi, sedangkan massa adalah jumlah dan jenis materi yang ada dalam tubuh kita. Jadi, semakin kecil gaya gravitasinya, maka berat tubuhmu akan semakin ringan.

Bagaimana jika Bumi memiliki gaya gravitasi sebesar Jupiter? Tentu berat tubuhmu akan semakin berat. Jika berat tubuhmu di Bumi adalah 50 kg, maka di Jupiter beratmu akan mencapai 125 kg. Itu karena Jupiter memiliki gaya gravitasi 2,5 kali lebih besar ketimbang Bumi.

Namun, jangan bayangkan kamu menjadi lebih gemuk, lho. Karena bagaimana pun, massa tubuhmu akan tetap sama. Massa tubuh tidak akan berubah meskipun kita berpindah planet.

2. Bumi akan memiliki massa yang jauh lebih besar

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Gaya Gravitasi Bumi Sebesar Jupitersciencealert.com

Laman Live Science mencoba menganalisa bagaimana jadinya jika Bumi memiliki kekuatan gravitasi yang lebih besar. Kekuatan gravitasi yang masif tentu berbanding lurus dengan massa, maka massa Bumi seharusnya juga semakin besar.

Dengan adanya peningkatan massa di Bumi, maka kepadatan dan radius Planet Bumi juga akan bertambah. Manusia dan hewan akan kesulitan bergerak akibat gaya tarik yang masif, karena dibutuhkan lebih banyak energi untuk menahan tarikan gravitasi.

Kepadatan dan radius Bumi yang semakin meningkat juga tentu akan memengaruhi seluruh kehidupan Bumi, dari yang terkecil seperti bakteri hingga yang terbesar. Akan ada lonjakan kepunahan besar-besaran.

Baca Juga: 9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi yang Punya Lautan!

3. Proses evolusi akan berubah dan mungkin hanya menyisakan organisme kecil

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Gaya Gravitasi Bumi Sebesar Jupiterlivescience.com

Mungkin jika perubahan gravitasi Bumi terjadi secara perlahan selama jutaan tahun, evolusi masih dimungkinkan terjadi secara apa adanya. Namun, jika gaya gravitasi berubah drastis, maka kebanyakan makhluk hidup akan punah, kecuali organisme terkuat di Bumi, salah satunya adalah tardigrada.

Seperti dicatat dalam laman BBC, organisme kecil ini merupakan organisme yang sangat kuat, bahkan kekuatannya di luar batas organisme lainnya. Tardigrada dapat hidup di suhu nol derajat celcius dan bahkan di suhu 150 derajat celcius.

Organisme ini juga akan bertahan hidup di tengah lingkungan yang dipenuhi radiasi tinggi, bahkan tardigrada dapat hidup tanpa oksigen selama beberapa hari. Kemungkinan besar, jika gravitasi Bumi setara dengan Jupiter, maka organisme semacam tardigrada dan organisme ekstrem lainnya yang dapat bertahan hidup.

4. Kamu dan manusia lainnya akan malas untuk bergerak

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Gaya Gravitasi Bumi Sebesar JupiterUnsplash/Tomasz Wozniak

Penelitian dan studi yang pernah dicatat dalam laman sains Astronomy, mengungkap bahwa tubuh manusia masih dapat menahan kekuatan gravitasi 4,6 kali gravitasi Bumi. Artinya, manusia masih dapat bergerak, namun akan sangat menyiksa.

Jika dalam kondisi diam, tulang manusia diperkirakan dapat menahan kekuatan gravitasi sebesar 90 kali gravitasi Bumi. Dalam kondisi ini, beberapa organ tubuh mulai kacau dan tidak berfungsi normal. Yang jelas, tak ada orang yang berani mencobanya, karena risikonya sangat menakutkan, yakni remuknya tubuh bagian dalam.

Bagaimana dengan gravitasi Jupiter? Jika kamu selamat bersama tardigrada (dan organisme lainnya) dalam proses adaptasi dan evolusi yang baru, maka kamu akan semakin malas untuk bergerak. Kamu gak akan melakukan olah raga, dan 70 persen waktumu akan kamu habiskan untuk berdiam diri.

5. Selain berat bertambah, kamu juga akan terlihat lebih pendek

5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Gaya Gravitasi Bumi Sebesar JupiterUnsplash/Martin Jernberg

Mengapa kamu akan terlihat menjadi lebih pendek? Karena ukuran Bumi juga pasti akan jauh lebih besar daripada sebelumnya, seperti dicatat dalam Live Science. Akibatnya, ukuran tinggi juga akan berubah. Bahkan Gunung Everest pun juga akan terlihat pendek.

Jika Bumi memiliki ukuran yang jauh lebih besar, akan banyak batu-batuan luar angkasa yang menabrak Bumi akibat gaya tarik Bumi yang masif. Ukuran Bumi yang bertambah besar akan memengaruhi banyak hal, mulai dari aspek biologis hingga geologis Bumi itu sendiri.

Ukuran ketinggian yang telah paten sebelumnya akan berubah, dan mungkin akan dibutuhkan revisi atau penyesuaian baru. Namun, sekali lagi, bahwa ukuran tinggi tidak berpengaruh pada ukuran massa.

Itulah lima hal yang akan terjadi jika gaya gravitasi Bumi setara dengan gaya gravitasi Jupiter. Ternyata, gravitasi sangat berpengaruh terhadap semua hal yang ada di planet ini, ya!

Baca Juga: 5 Planet Paling Ekstrem yang Pernah Diamati dari Bumi, Apa Saja?

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya