Comscore Tracker

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan Berduri

Gak hanya landak, lho!

Sebagai bagian dari perlindungan diri, duri dibutuhkan oleh beberapa hewan atau tanaman untuk bertahan di alam liar. Kita tahu bahwa ada begitu banyak tanaman yang menggunakan duri sebagai perlindungan diri terhadap serangan hewan atau hama.

Namun, pada hewan, duri dijadikan alat yang lebih kompleks karena bisa mengandung zat tertentu. Nah, kita dapat intip satu per satu dari potret hewan berduri di bawah ini. Yang jelas, spesies dengan duri tajam gak hanya monopoli keluarga landak saja. Yuk, disimak!

1. Bintang laut mahkota duri adalah spesies perairan dangkal. Menurut Oceana, hewan ini bisa berpotensi merusak ekosistem terumbu karang

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriBintang laut mahkota duri sering dianggap predator bagi organisme kecil di terumbu karang. (wikimedia.org/Thomas Quine)

2. Laba-laba berduri adalah penenun andal. Dilansir University of Florida, spesies ini merupakan salah satu laba-laba paling berwarna

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriLaba-laba berduri menjadi spesies laba-laba berwarna yang paling jago membuat sarang. (wikimedia.org/Markrosenrosen)

3. Nah, kadal armadillo juga memiliki duri di sekujur tubuhnya untuk perlindungan diri. Mereka sering membentuk bola di saat terdesak

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriKadal berduri armadillo memiliki duri di kulitnya untuk mempertahankan diri. (wikimedia.org/Frank Wouters)

4. Sebagai cikal bakal serangga, ulat ngengat dilengkapi duri kecil agar terhindar dari predator, ditulis New York Natural Heritage Program

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriDuri kecil di tubuh ulat ngengat berfungsi untuk menyulitkan predator di saat memburunya. (wikimedia.org/Greg Dwyer)

5. Duri pada ikan buntal memiliki racun berbahaya. Florida Museum menjelaskan bahwa habitatnya tersebar di seluruh dunia

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriIkan landak atau ikan buntal berduri adalah spesies beracun yang berbahaya. (unsplash.com/Stelio Puccinelli)

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Ikan Buntal yang Belum Banyak Diketahui Orang

6. Menjadi salah satu santapan berharga mahal, ternyata bulu babi memiliki duri tajam untuk mempertahankan diri dari predator

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriBulu babi punya duri-duri tajam dan panjang yang akan melindungi tubuh mereka dari predator. (wikimedia.org/Filip Maljkovic)

7. Ekidna adalah spesies berduri yang berasal dari Papua dan Australia. Mereka mendeteksi makanan di tanah dengan mengeluarkan listrik

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriDengan ujung moncong yang bisa mengeluarkan medan listrik, ekidna dapat berburu mangsa di tanah. (unsplash.com/Meg Jerrard)

8. Kalau landak mini semua orang pasti tahu. Dilaporkan dalam Animal Diversity, spesies ini memiliki sekitar 5.000 duri di tubuhnya

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriLandak mini kerap dipilih untuk dijadikan hewan peliharaan. (unsplash.com/Alexas_Fotos)

9. Dilansir Animalia, kadal berduri adalah spesies endemik Australia dan dapat hidup hingga 20 tahun

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriKadal berduri sering ditemukan di wilayah tandus yang ada di Australia. (wikimedia.org/Baras)

10. Landak hutan punya duri tajam yang akan membuat korbannya mengalami infeksi. Bahkan, ular saja takut sama keberadaan mereka

Ada yang Beracun Mematikan, Ini 10 Potret Unik Hewan BerduriLandak hutan merupakan spesies dengan duri-duri panjang ditubuhnya. (unsplash.com/Jeffery Hamilton)

Well, itu tadi beberapa potret tentang spesies hewan yang memiliki duri tajam di sekujur tubuhnya. Semoga artikel singkat ini dapat memperkaya pengetahuanmu di bidang fauna, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Binatang yang Jarang Diketahui, dari Heyna hingga Landak

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya