Comscore Tracker

7 Fakta Pernikahan Lady Diana & Pangeran Charles yang Jarang Diketahui

Ternyata baru bertemu 13 kali, lho!

Dunia bersedih ketika Putri Diana meninggal 24 tahun yang lalu karena kecelakaan mobil. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Putri Diana memang sangat dicintai oleh rakyatnya. Sikapnya yang merakyat dan ramah membuatnya memiliki citra baik di kalangan rakyat Inggris.

Sebelum menikah dengan Pangeran Charles, Putri Diana ternyata bekerja sebagai guru di sekolah keperawatan. Hal ini menjadikan Putri Diana satu-satunya anggota kerajaan yang sudah memiliki pekerjaan sebelum menikah.

Selain fakta di atas, masih banyak lagi fakta-fakta menarik tentang Putri Diana dan pernikahannya bersama Pangeran Charles. Seperti ketujuh fakta di bawah ini yang jarang sekali diketahui oleh publik.

1. Pernikahannya tidak digelar di Westminter Abbey 

https://www.youtube.com/embed/4AVxcfadVkU

Kebanyakan pernikahan anggota kerajaan digelar di Westminter Abbey secara turun-temurun. Namun, pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles yang diselanggarakan pada 29 Juli 1981 lalu digelar di Katedral Santo Paulus, London.

Alasannya adalah agar dapat menampung tamu undangan lebih banyak. Terakhir kali Katredal Santo Paulus digunakan untuk resepsi pernikahan adalah pada tahun 1501.

2. Putri Diana saat itu masih berusia 20 tahun 

https://www.youtube.com/embed/1SIzVdAzmN0

Putri Diana terbilang masih muda ketika menikah dengan Pangeran Charles. Putri Diana baru menginjak usia 20 tahun, sedangkan suaminya 12 tahun lebih tua darinya. Putri Diana dianggap terlalu muda untuk mengemban rutinitas kerajaan yang melelahkan.

Pangeran Charles yang sudah berusia 32 tahun saat itu juga terlihat tidak memiliki banyak persamaan dengan Lady Diana. Meski jarak usia keduanya sempat menjadi perdebatan. Publik berkomentar bahwa kehadiran Lady Diana menjadi angin segar di kerajaan.

3. Terdapat total 27 kue pernikahan 

https://www.youtube.com/embed/gOQ37mVAaRc

Para tamu yang datang tidak perlu takut tidak kebagian kue. Pasalnya, terdapat 27 kue pernikahan yang dihidangkan. Salah satu kue bahkan memiliki tinggi sekitar 1,5 meter. Semua kue-kue tersebut membutuhkan waktu hingga 14 minggu untuk pengerjaannya.

Bahkan, seorang tamu undangan bernama Moyra Smith mengawetkan seiris kue pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles. Kue yang sudah berumur lebih dari 40 tahun itu dihargai 2200 Dollar atau senilai  31 juta rupiah.

Baca Juga: 8 Fakta Mengejutkan tentang Putri Diana, Pernah Jadi Pengasuh

4. Keduanya sempat membuat kesalahan saat berjanji di altar 

https://www.youtube.com/embed/uCpE6UQQheY

Kemungkinan karena terlalu gugup, Putri Diana sempat keliru mengucapkan nama Pangeran Charles saat berjanji di altar. Putri Diana mengucapkan “Philip Charles Arthur George” dan mengulanginya menjadi “Charles Philip Arthur George” yang merupakan nama Pangeran Charles yang Tepat.

Pangeran Charles juga membuat kesalahan saat ia tidak sengaja mengucapkan “the goods” yang seharusnya adalah “my worldly goods” ketika menunaikan janji di altar.

5. Pasangan ini hanya pernah bertemu 13 kali sebelum menikah

https://www.youtube.com/embed/wg_fib2gQaU

Sebelum menikah, kita pasti ingin mengenal pasangan lebih jauh. Namun, hal ini bukanlah sesuatu yang biasa dalam kerajaan. Pasalnya, Putri Diana baru mengenal Pangeran Charles pada 1980 dan lima bulan kemudian keduanya bertunangan.

Keduanya bahkan hanya pernah bertemu 13 kali sebelum menikah, tutur mendiang putri Diana. Sebelumnya, Pangeran Charles memiliki hubungan dengan Camila Parker Bowles sebelum dijodohkan dengan Lady Diana.

6. Gaun pernikahannya pecahkan rekor kerajaan

https://www.youtube.com/embed/aP_tPs2M26U

Gaun pernikahan Putri Diana memiliki panjang sekitar 7,6 meter dan menjadi gaun terpanjang sepanjang sejarah kerajaan. Sang desainer bahkan harus memindahkan gaun tersebut di tempat terbengkalai di Buckingham Palace karena terlalu memakan tempat.

Putri Diana sendiri mencoba gaun tersebut sebanyak 15 kali sampai akhirnya pas di tubuhnya. Gaun pernikahan yang dirancang untuk Lady Diana juga memiliki duplikat sama persis sebagai cadangan. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

7. Putri Diana tidak sengaja menumpahkan parfum 

https://www.youtube.com/embed/PXFgkfCcm6g

Sebelum memasuki altar, Putri Diana tidak sengaja menumpahkan sebotol parfum di gaunnya. Sayangnya, tidak cukup waktu untuk mengganti dengan gaun cadangan. Akhirnya, Putri Diana terpaksa menutupi gaunnya yang basah karena parfum tersebut dengan tangannya saat ia berjalan memasuki altar.

Beruntung para tamu tidak terlalu memperhatikan gaun Lady Diana yang terkena parfum. Publik sudah terpana dengan pesona Putri Diana ketika memasuki altar.

Wah, ternyata banyak sekali fakta menarik tentang pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles. Kira-kira, fakta nomor berapa yang baru kamu ketahui, nih!

Baca Juga: 9 Potret Istana Tempat Tinggal Megah Keluarga Kerajaan Inggris

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya