Hebat, Ini 5 Perempuan yang Terpilih Sebagai Astronot NASA

Mereka terpilih dari 18.000 pelamar

Ketika masih kecil, pasti salah satu cita-citamu adalah menjadi astronot. Namun, seiring waktu kamu mulai melupakan keinginanmu untuk menjadi astronot. Berbeda dengan mereka yang memang ingin mewujudkan mimpinya untuk pergi ke luar angkasa. Bisa dibilang astronot adalah pekerjaan yang dimimpikan sejuta umat, tetapi hanya sedikit yang bisa mewujudkannya.

Salah satunya yaitu 11 orang yang dilaporkan telah terpilih untuk menjadi astronot terbaru NASA. Dan kelimanya merupakan seorang perempuan. Berikut ini lima perempuan hebat yang terpilih dari 18.000 pelamar untuk menjadi astronot NASA.

1. Jessica Watkins

Hebat, Ini 5 Perempuan yang Terpilih Sebagai Astronot NASAnasa.gov

Jessica Watkins berhasil terpilih menjadi astronot terbaru NASA. Hal ini tentu sangat membanggakan bagi perempuan berumur 31 tahun tersebut. Sebelumnya Jessica memperoleh pendidikan di Universitas Stanford jurusan Ilmu Kelingkungan. Ia juga melanjutkan program doktoral di Universitas California dengan jurusan Geologi.

Setelah lulus, Jessica sempat bekerja di NASA di bagian laboratorium yang meneliti planet Mars. Kini perempuan hebat ini akan benar-benar bisa melangkahkan kakinya di Mars. Ia merasa sangat bersyukur bisa terpilih menjadi salah satu astronot yang akan terbang ke luar angkasa.

2. Zena Cardman

Hebat, Ini 5 Perempuan yang Terpilih Sebagai Astronot NASAnasa.gov

Terpilih menjadi salah satu astronot yang pergi ke luar angkasa, Zena mengaku ia hanyalah perempuan biasa dari Virginia. Meski bekerja sebagai microbiologist, Zena juga sangat menggmari puisi dan mendaki tebing. Wanita berusia 32 tahun ini sempat menyelesaikan pendidikannya di Universitas Carolina Utara untuk program sarjana dan master.

Zena mengambil jurusan Biologi dan Ilmu Kelautan. Ilmu yang diperolehnya tersebut sangat membantunya untuk mempelajari struktur batuan serta makhluk hidup yang kemungkinan tinggal di planet Mars.

Baca Juga: NASA Temukan Galaksi "Godzilla", Lebih Besar dari Bima Sakti!

3. Jasmin Moghbeli

Hebat, Ini 5 Perempuan yang Terpilih Sebagai Astronot NASAnasa.gov

Jasmin Moghbeli merupakan perempuan blasteran Iran dan Amerika. Ia lahir di Jerman dan dibesarkan di New York, Amerika. Perempuan yang baru berusia 36 tahun ini bertugas sebagai pilot untuk penerbangan ke Mars nanti.

Jasmin sendiri merupakan alumni MIT dan sudah menyelesaikan studinya di Naval Test Pilot School. Ia mengaku sudah berkeinginan menjadi astronot semenjak kelas 6 SD. Dan kini ia berhasil mewujudkan mimpinya tersebut.

4. Loral O’Hara

Hebat, Ini 5 Perempuan yang Terpilih Sebagai Astronot NASAnasa.gov

Lahir dan besar di Texas, perempuan berusia 36 tahun ini menjadi salah satu astronot yang resmi akan pergi ke Mars. Berkuliah di jurusan Teknik Penerbangan, Loral sangat menyukai apapun yang dapat terbang di udata. Entah itu burung maupun sebuah roket.

Lora O'Hara menyelesaikan studinya di Universitas Kansas untuk program sarjana dan Universitas Purdue untuk unrtuk master degree. Sebelumnya Lora sudah bekerja selama 8 tahun sebagai Research Engineer di Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts. Dan pernah juga bekerja di perusahaan yang memproduksi roket.

5. Kayla Barron

Hebat, Ini 5 Perempuan yang Terpilih Sebagai Astronot NASAnasa.gov

Kayla Barron merupakan lulusan dari U.S Naval Academy ke-52 yang berhasil menjadi astronot NASA. Perempuan yang mendapat pangkat letnan ini merasa senang dapat berkontribusi untuk NASA. Ia bahkan sangat percaya diri dapat beradaptasi dengan cepat di luar angkasa karena sebelumnya bekerja sebagai submarine warfare officer.

Kayla sempat menyelesaikan pendidikan master di Universitas Cambridge untuk jurusan Teknik Nuklir. Ini berkat program beasiswa dari yayasan yang didirikan oleh Bill Gates dan Melinda, sang istri.

Itulah lima perempuan yang terpilih sebagai astronot NASA. Mereka dapat mengalahkan belasan ribu pelamar berkat kerja keras mereka. Jadi, kamu jangan pernah semangat untuk mewujudkan mimpimu agar seperti kelima perempuan hebat di atas.