Comscore Tracker

Jadi 'Rumah' Dinosaurus, Ini 7 Gurun Terluas yang Ada di Dunia

Sahara ternyata bukan yang terluas lho!

Kalau ada yang bikin daftar tempat terluas di Bumi, Gurun Sahara pasti jadi salah satunya. Enggak diragukan lagi, yang namanya gurun pasti memiliki area yang sangat luas, apalagi gurun Sahara. Saking luasnya, sejauh apa pun kita memandang, yang kita lihat cuma lautan pasir enggak berujung.

Tapi kamu tahu kan, gurun di dunia ini bukan cuma Sahara? Begitu pun untuk urusan yang terluas, gurun Sahara juga bukan yang terluas. Terus kalau bukan Sahara, gurun apa dong yang paling luas? Dilansir livescience.com, ini dia tujuh gurun terluas di dunia!

1. Gurun Great Victoria 

Jadi 'Rumah' Dinosaurus, Ini 7 Gurun Terluas yang Ada di Duniawikipedia.org

Dimulai dari gurun terluas ke-7, gurun Great Victoria yang ada di Australia. Yup, kamu enggak salah baca, benua Australia tetangga kita ternyata juga punya gurun! Gurun satu ini memiliki luas 647.000 km persegi, dan terdiri dari pasir merah dengan curah hujan sekitar 162 mm setiap tahunnya.

Sama seperti kebanyakan gurun, suhu rata-rata di Great Victoria cukup tinggi yakni 40 derajat celcius setiap harinya dan jadi lebih dingin saat musim dingin tiba. Sebagian wilayah gurun ini adalah tanah suku Aborigin, suku asli Australia. Sedangkan sisanya adalah tempat konservasi.

2. Gurun Patagonia 

Jadi 'Rumah' Dinosaurus, Ini 7 Gurun Terluas yang Ada di Duniainstagram.com/sa.bri.na.sa

Beralih ke gurun keenam yang berada di Argentina, yaitu gurun Patagonia. Bagi banyak dari kita, nama gurun ini memang terdengar asing. Meski namanya enggak terkenal, Patagonia adalah gunung terluas keenam di dunia, dengan total luas wilayah mencapai 673.000 km persegi.

Gurun ini berbatasan dengan pegunungan Andes di sebelah barat dan samudra Atlantik yang berada di bagian timurnya. Berbeda dengan gurun di Australia, gurun Patagonia adalah gurun semi kering dengan curah hujan 160 sampai 200 mm setiap tahunnya. Pada musim dingin, frost menutupi hampir seluruh wilayah gurun, dan salju tidak turun di sini karena wilayahnya terlalu kering.

Baca Juga: 5 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Gurun Victoria Besar

3. Gurun Kalahari 

Jadi 'Rumah' Dinosaurus, Ini 7 Gurun Terluas yang Ada di Duniainstagram.com/melissa_joint_

Terbentang dari Botswana hingga Namibia, gurun Kalahari di Afrika memiliki luas mencapai 930.000 km yang membuatnya dinobatkan sebagai salah satu gurun terluas di dunia. Berbeda dengan dua gurun sebelumnya, gurun Kalahari, curah hujan di sini cukup tinggi di yakni sekitar 500 mm per tahunnya.

Selain luas, gurun ini juga ternyata cukup tua karena terbentuk sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Karena wilayahnya yang tidak terlalu kering, gurun ini bahkan pernah menjadi tempat pemukiman manusia di masa lalu. Fakta ini terbukti setelah sejumlah ahli berhasil menemukan banyak artefak berusia 70 ribu tahun di sekitar wilayah Botswana.

4. Gurun Gobi 

Jadi 'Rumah' Dinosaurus, Ini 7 Gurun Terluas yang Ada di Duniainstagram.com/muenchmax

Enggak kalah dari benua lain, Asia juga memiliki gurun Gobi yang terletak di antara Mongolia, dan China. Meski kata Gobi dalam bahasa Mongolia memiliki arti tempat tanpa air, tapi gurun Gobi sendiri sebenarnya memiliki curah hujan yang cukup tinggi untuk ukuran sebuah gurun.

Sayangnya, suhu yang mencapai 40 derajat celcius di musim panas enggak membuat tempat ini adem. Sebaliknya, di musim dingin, suhu gurun Gobi bisa turun hingga -30 derajat. Dengan luas 1,3 juta km persegi, gurun ini juga merupakan salah satu tempat di mana ada banyak kerangka dinosaurus ditemukan, termasuk kerangka T-Rex berusia 70 juta tahun yang ditemukan pada tahun 2012 lalu.

5. Gurun Arab 

Jadi 'Rumah' Dinosaurus, Ini 7 Gurun Terluas yang Ada di Duniainstagram.com/shadinassari

Berbeda 300 ribu km, gurun Arab memiliki luas 2,6 juta km persegi yang membuatnya berada di posisi ketiga sebagai gurun terluas di dunia. Sesuai dengan namanya, wilayah gurun Arab meliputi Arab Saudi hingga sebagian wilayah Irak.

Di gurun ini, suhu musim panas bisa mencapai 50 derajat celcius lho! Yang mengejutkan, meski wilayah ini sangat tandus tapi gurun Arab ternyata menyimpan sumber daya alam berupa belerang dan minyak bumi yang melimpah.

6. Gurun Sahara 

Jadi 'Rumah' Dinosaurus, Ini 7 Gurun Terluas yang Ada di Duniaunsplash.com/Mads Schmidt Rasmussen

Dari semua gurun yang ada di daftar ini, gurun Sahara adalah yang paling populer. Enggak tanggung-tanggung, gurun Sahara memiliki luas mencapai 9 juta km persegi dengan suhu tertinggi mencapai 57 derajat celcius! Saking luasnya, gurun Sahara bahkan memiliki luas setara yang sama dengan luas Amerika Serikat.

Gurun Sahara sendiri terbentuk sekitar 2,6 juta tahun yang lalu. Dilansir dari thebucketlistcompany.co.uk, uniknya gurun satu ini enggak selalu jadi gurun. Setidaknya, 41 ribu tahun yang lalu, gurun Sahara adalah sebuah padang Savana luas. Namun kemudian berubah jadi gurun tandus akibat poros Bumi saat mengelilingi matahari.

7. Gurun Antartika 

Jadi 'Rumah' Dinosaurus, Ini 7 Gurun Terluas yang Ada di Duniainstagram.com/soalliance

Selama ini, kita mengenal Antartika sebagai kutub. Tapi yang sebenarnya adalah, Antartika merupakan gurun terbesar di dunia dengan luas mencapai 14,2 juta km persegi. Kenapa Antartika disebut gurun? Ini karena Antartika memiliki curah hujan yang sangat sedikit yaitu sekitar 10 mm per tahunnya.

Para ahli bahkan percaya jika di beberapa wilayah Antartika tidak lagi turun hujan selama 14 juta tahun lamanya. Berbeda dengan gurun lain, Antartika dipenuhi salju dan suhunya pun sangat menggigit yakni -48 derajat celcius setiap harinya.

Kebanyakan dari kita beranggapan gurun selalu panas dan dipenuhi pasir. Tapi menurut para ahli, sebuah tempat bisa disebut gurun jika hanya memiliki curah hujan yang sangat sedikit. Oleh karena itulah, Antartika juga layak disebut sebagai gurun, bahkan jadi gurun terluas mengalahkan Sahara.

Baca Juga: 7 Fakta Gurun Atacama, Salah Satu Tempat Terkering di Bumi

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya