Comscore Tracker

Cara dr Cipto Mangunkusumo Menjawab Tantangan Masa Depan

Sosok cendekia luar biasa mengabdi untuk Indonesia

Kamu mungkin mengenal sosok dr. Cipto Mangunkusumo sebagai salah satu pahlawan nasional. Ia dikenal sebagai salah satu anggota dari "Tiga Serangkai" yang membentuk Indische Partij bersama dengan Ki Hajar Dewantara dan Ernest Douwer Dekker. Sosoknya yang berani untuk bertindak menjadikannya sangat berjasa bagi Indonesia.

Kini, namanya dikenang sebagai nama rumah sakit di daerah Salemba, Jakarta. Lalu, bagaimana Cipto Mangunkusumo menjawab tantangan yang ada di masa depan? Simak artikel di bawah ini.

1. Sosok kompeten yang terus mengabdi

Cara dr Cipto Mangunkusumo Menjawab Tantangan Masa DepanDokter Cipto Mangunkusumo (Dok. Kemendikbud)

Sebagai seorang dokter, Cipto Mangunkusumo tidak hanya menjalankan kompetensinya. Ia juga menjalankan pengabdiannya kepada masyarakat. Cipto Mangunkusumo merupakan sosok yang kompeten serta penuh pengabdian dan pengorbanan.

Selain memberikan pelayanan sebagai dokter, Cipto Mangunkusumo juga hadir sebagai sosok pengajar. Sebelum bersekolah di STOVIA, ia mengajarkan Bahasa Melayu. Setelah menjadi dokter pun, Cipto tetap mendidik generasi muda dengan memberikan pelatihan bagi mereka.

2. Andil dalam membasmi wabah pes di Jawa

Cara dr Cipto Mangunkusumo Menjawab Tantangan Masa DepanTjipto Mangunkusumo (ikpni.or.id)

Salah satu pengorbanan besar Cipto Mangunkusumo adalah ketika menangani wabah pes di Jawa pada 1910. Ia bahkan mengangkat seorang anak yang orangtuanya meninggal akibat penyakit pes. Jasa besarnya menangani wabah ini menghasilkan penghargaan bintang Ridder order van Oranye Nassau pada 1912.

Namun, penghargaan ini ia kembalikan kepada pemerintah karena permintaannya untuk menangani wabah pes di Solo ditolak oleh pemerintah. Bersama dengan Ernest Douwes Dekker dan Suwardi Suryaningrat, ia membentuk Indische Partij untuk menuntut kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Biografi Cipto Mangunkusomo, Dokter Rakyat yang Hidup di Pengasingan

3. Aktif, ekspresif, dan berani

Cara dr Cipto Mangunkusumo Menjawab Tantangan Masa Depanintisari.grid.id

Cipto Mangunkusumo merupakan sosok yang aktif. Ia sering berpartisipasi dalam berbagai gerakan mahasiswa. Cipto Mangunkusumo mengekspresikan rasa cintanya pada tanah air yang tersimbolkan melalui cara berpakaian dan perilakunya. Ia bahkan berani "melanggar" aturan untuk memperlihatkan sikapnya.

Ketika tergabung dalam Budi Utomo, Cipto Mangunkusumo meminta agar Budi Utomo membuka dirinya agar semua kalangan bisa bergabung. Ketika idenya tidak disetujui, Cipto Mangunkusumo memutuskan untuk keluar. Menurutnya, sebuah organisasi tidak boleh melihat latar belakang anggotanya.

dr. Cipto Mangunkusumo merupakan orang yang memiliki prinsip dan memegang kukuh prinsipnya. Pemikirannya juga mengarah jauh ke depan. Bahkan ketika ia diasingkan  ke Belanda agar pola pikirnya berubah, Cipto Mangunkusumo malah mengubah pola pikir masyarakat Indonesia yang ada di Belanda supaya bisa memikirkan Indonesia.

Ia juga merupakan sosok yang lebih dari sekadar politikus. Dibandingkan politikus yang berfokus pada pencapaian kekuasaan, Cipto Mangunkusumo melakukan hal yang lebih mendasar. Pemikirannya yang visioner dan pemberani menghasilkan buah-buah manis bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Sekolah yang Didirikan oleh Pahlawan Nasional, Ada yang Masih Berdiri

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya