Comscore Tracker

5 Fakta Unik Panda, Hewan Mamalia yang Menggemaskan Asal China

Beratnya bisa mencapai 120 kilogram!

Siapa yang tidak tahu panda? Hewan mamalia yang satu ini sangat imut, lucu dan menggemaskan. Sebenarnya panda termasuk ke dalam keluarga beruang, namun panda tidaklah agresif. Panda gemar sekali makan bambu, dan mampu menghabiskan banyak bambu dengan cepat.

Di balik kelucuannya, ternyata ada beberapa fakta unik lho yang dimiliki oleh seekor panda. Penasaran? Inilah beberapa fakta unik tentang panda yang harus kamu tahu.

1. Walaupun makan bambu, namun panda memiliki gigi yang besar dan tajam

5 Fakta Unik Panda, Hewan Mamalia yang Menggemaskan Asal Chinamnn.com

Panda memang termasuk ke dalam keluarga beruang. Meskipun panda tidak makan daging, namun panda memiliki gigi yang besar dan tajam. Karena itulah panda mampu mengunyah bambu yang keras. Namun walaupun giginya besar dan tajam, namun panda tidak terlalu agresif. Sehingga jarang ditemukan panda menyerang manusia, atau hewan lainnya.

2. Giant Panda ditemukan pertama kali pada tahun 1869 oleh Armand David

5 Fakta Unik Panda, Hewan Mamalia yang Menggemaskan Asal Chinapixabay.com/orythys

Panda selama ini identik sebagai hewan mamalia khas China, karena panda dijadikan ikon di sana dan diabadikan di dalam bentuk uang emas. Giant Panda pertama kali ditemukan tahun 1869 oleh Armand David, seorang misionaris asal Perancis. Berat seekor Giant Panda bisa mencapai 120 kilogram, dan biasa tinggal di daerah pegunungan.

3. Panda merupakan hewan mamalia yang manja dan sangat pemalas

5 Fakta Unik Panda, Hewan Mamalia yang Menggemaskan Asal Chinapixabay.com/995645

Dari bentuk tubuhnya yang bulat, kamu pasti sudah bisa menebak kalau panda merupakan hewan yang pemalas. Nah itu benar banget. Seekor panda diketahui bisa menghabiskan sebagian besar dari masa hidupnya hanya untuk tidur.

Baca Juga: 8 Spesies Beruang yang Ada di Dunia, Termasuk Panda Juga Lho

4. Walaupun panda berbadan besar, namun bayi panda memiliki ukuran sangat kecil

5 Fakta Unik Panda, Hewan Mamalia yang Menggemaskan Asal Chinablazepress.com

Panda dewasa memang memiliki tubuh yang bulat dan besar, sehingga terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Tapi tahukah kamu kalau panda memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, ketika baru dilahirkan? Seekor bayi panda hanya memiliki berat 0,1 kg saat dilahirkan. Dan baru bisa membuka matanya ketika berumur 2 bulan. Oleh karena itu bayi panda sangat kecil dan lemah.

5. Panda memiliki cakar yang jumlahnya ganjil

5 Fakta Unik Panda, Hewan Mamalia yang Menggemaskan Asal Chinapixabay.com/7103983

Panda selalu memiliki cakar yang jumlahnya ganjil, tapi normalnya panda memiliki jemari yang berjumlah 5. Dengan begitu panda mampu menggenggam bambu dengan kuat, ketika sedang memakannya. Selain bambu, panda juga makan telur dan serangga. Telinga mereka bergerak-gerak ketika sedang mengunyah.

Hewan yang menggemaskan ini pernah terancam punah di masa lalu. Namun sejak tahun 2016, dikabarkan panda mulai memiliki berkembang biak dengan baik di China. Sehingga saat ini populasi panda terus meningkat.

Pemerintah China bahkan melakukan perbaikan habitat panda, untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan. Dan sepertinya usaha pemerintah China tersebut sudah membuahkan hasil saat ini.

Baca Juga: 5 Fakta Panda Merah, Hewan Unik yang Bikin Bingung Para Ahli

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You