Comscore Tracker

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidur

Kamu pernah memimpikan orang asing juga gak?

"Katanya kita gak akan pernah memimpikan orang yang belum pernah kita lihat wajahnya, kok!" — Benarkah begitu?

Mimpi merupakan suatu pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur setiap orang. Namun kejadian dalam mimpi jarang terjadi dalam kehidupan nyata dan sulit dikendalikan, kecuali jika itu adalah lucid dreaming di mana si pemimpi mampu mengendalikan lingkungan mimpinya saat sedang bermimpi.

Berbagai jenis mimpi dapat dialami semua orang seperti bermimpi buruk dan sebaliknya sehingga tak jarang orang menafsirkan mimpi mereka. Para peneliti telah mempelajari tentang apa yang terjadi ketika kita bermimpi. Berikut beberapa fakta mengejutkan tentang mimpi yang perlu kamu ketahui!

1. Kita melupakan 90 persen dari mimpi yang kita alami

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurfreepik.com/Racool_studio

Saat terbangun dari mimpi, kita akan lupa jalan cerita mimpi sekitar 50 persen dan 10 menit kemudian 90 persen jalan cerita mimpi juga terlupakan. Kebanyakan mimpi terjadi pada tahap REM (Rapid Eye Movement) pada siklus tidur ketika mata bergerak sementara tubuh tidak bergerak yang menandakan tidur sudah benar-benar nyenyak.

Jika terbangun tepat di saat tahap REM, akan lebih mudah mengingat mimpi. Sebaliknya, jika Anda terbangun pada tahap tidur ringan, maka akan lebih sulit untuk mengingat kembali mimpi itu.

2. Orang yang buta sejak lahir juga mengalami mimpi 

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurpexels.com/Miriam Espacio

Menurut beberapa penelitian bahwa orang buta sebenarnya juga mengalami mimpi saat tidur. Namun, dalam mimpi mereka tidak melihat gambar-gambar melainkan suara, sentuhan dan emosi yang mereka rasakan. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa kemungkinan orang buta memimpikan hal visual namun mereka tak mampu mendeskripsikannya.

3. Pria dan Wanita memiliki mimpi yang berbeda 

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurunsplash.com/Kasper Rasmussen

Laki-laki cenderung bermimpi tentang laki-laki lain, sedangkan perempuan cenderung bermimpi tentang perempuan dan laki-laki dengan seimbang. Selain itu, laki-laki juga lebih sering bermimpi tentang aktivitas fisik, sedangkan perempuan tentang percakapan dan perasaan.

4. Hewan mungkin bermimpi 

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurunsplash.com/Alexander Possingham

Banyak yang berpikir bahwa ketika seekor anjing tidur mengibaskan ekornya atau menggerakkan kakinya, ia sedang bermimpi. Meskipun sulit untuk mengatakan dengan pasti apakah ini benar-benar terjadi, para peneliti percaya bahwa kemungkinan hewan memang bermimpi. Sama seperti manusia, hewan melewati tahap tidur yang meliputi siklus tidur REM dan non-REM.

5. Tubuh menjadi lumpuh saat sedang bermimpi 

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurpexels.com/Craig Adderley

Ketika seseorang bermimpi, otot-otot akan mengalami kelumpuhan. Fenomena ini dikenal sebagai REM atonia yang mencegah kita untuk bergerak mengikuti alur cerita mimpi.

Bayangkan saja jika tubuh tidak lumpuh dan saat kita bermimpi dikejar-kejar orang maka tubuh berlari ketakutan keluar rumah. Pada dasarnya hal itu terjadi karena neuron motorik tidak distimulasi sehingga tubuh pun tidak bergerak.

Baca Juga: 10 Hal Menakjubkan tentang Mimpi yang Tak Pernah Kamu Bayangkan

6. Kita hanya memimpikan sesuatu yang kita ketahui 

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurpexels.com/Daniel Frese

Kita sering bermimpi bertemu dengan orang asing dan berada di tempat asing juga. Misalnya kita pernah bermimpi sedang mengobrol dengan orang asing bahkan bertengkar. Mungkin saja orang asing tersebut adalah teman sepupu kita atau orang yang tidak sengaja berpapasan dengan kita dalam kehidupan nyata, namun kita tak mampu mengingatnya.

Para ahli percaya bahwa otak manusia mampu merekam ribuan wajah dan tempat sepanjang hidup. Sehingga otak akan selalu dan terus memunculkan wajah dan tempat dalam mimpi kita.

7. Mimpi merupakan simbolisasi dan penggambaran mendalam dari hal lain 

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurpexels.com/Heorhii Heorhiichuk

Ketika kita tidur, otak menjadi sangat kreatif dan mampu menggali database memori dengan sangat dalam sehingga kita sering takjub dengan mimpi-mimpi aneh padahal hal tersebut bersumber dari apa yang telah kita alami. Akibatnya banyak orang yang menjadi tertarik dengan penafsiran mimpi. 

8. Semua orang cenderung mengalami mimpi yang umum terjadi

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurdreaminterpretation.info

Para peneliti telah menemukan bahwa semua orang memiliki "tema" mimpi yang sama, seperti dikejar-kejar orang atau hewan, mimpi basah, mimpi tidak dapat bergerak atau bergerak dengan sangat lambat padahal sedang dikejar-kejar, mimpi datang terlambat, mimpi jatuh, mimpi bisa terbang, mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal, mimpi gagal ujian atau sebaliknya serta mimpi mengalami kecelakaan.

9. Tidak semua mimpi itu berwarna 

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurpixabay.com/Mysticsartdesign

Peneliti mengatakan bahwa tak sedikit orang melaporkan mimpi yang mereka alami tidak berwarna (hitam putih) dan ini sekitar 12 persen orang normal yang mengalaminya. Sisanya dapat bermimpi full color atau berwarna. Kalau kalian sering bermimpi hitam putih gak?

10. Emosi negatif sering dirasakan dalam mimpi 

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurpexels.com/Kat Jayne

Selama lebih dari 40 tahun, peneliti Calvin S. Hall, PhD, mengumpulkan lebih dari 50 ribu kisah mimpi dari mahasiswa. Laporan-laporan ini dibuat tersedia untuk umum selama tahun 1990-an oleh siswa Hall William Domhoff. Kisah-kisah mimpi tersebut mengungkapkan bahwa banyak emosi yang dialami selama bermimpi dan emosi yang sering dirasakan saat bermimpi adalah kecemasan serta ketakutan.

11. Semua orang dewasa dan bayi bermimpi

11 Fakta Mengejutkan soal Mimpi yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tidurpexels.com/Dominika Roseclay

Semua orang dalam berbagai kalangan usia pasti bermimpi, kecuali jika memiliki gangguan jiwa. Bayi tidak bermimpi mengenai dirinya sampai umur tiga tahun.

Namun, sejak umur 3-8 tahun, bayi lebih sering mengalami mimpi buruk dibandingkan orang dewasa, sehingga mereka akan menangis saat terbangun dari tidur. Orang dewasa dan bayi sama-sama bermimpi sekitar dua jam per malam.

Nah, itulah beberapa fakta tentang mimpi yang dapat menambah pengetahuan kamu. Sering mengalami mimpi juga kan? Mimpi yang indah, ya!

Baca Juga: Ternyata Ini 8 Makna Mimpi Paling Umum Berdasarkan Kata Ahli Psikologi

Naomi Damanik Photo Writer Naomi Damanik

Mahasiswa Pertanian UNIB 2017 When it fails, never turn away from God

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya