Comscore Tracker

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afro

Semua jenis rambut itu cantik, termasuk rambut afro!

Selama ini, stigma yang berkembang di masyarakat adalah rambut lurus itu cantik. Padahal, jenis rambut lainnya pun tak kalah menawan! Termasuk rambut afro, yang memiliki bentuk keriting kecil-kecil. Somehow, rambut afro ini tak kalah memesona dari jenis rambut yang lain.

Tahukah kamu fakta-fakta unik seputar rambut afro? Apa perbedaannya dengan jenis rambut yang lain? Mari mengenal lebih dekat, yuk!

1. Kenali lebih dahulu klasifikasi jenis-jenis rambut berikut ini!

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afropinterest.com

Tahukah kamu bahwa rambut dibagi menjadi empat tipe? Yakni straight (lurus), wavy (bergelombang), curly (keriting) dan coily (keriting kecil dan rapat). Empat jenis rambut ini pun masih dibagi menjadi sub-jenis, yakni 1 (A, B dan C), 2 (A, B dan C), 3 (A, B dan C) dan 4 (A, B dan C). Apa perbedaan masing-masing jenis tersebut?

Yang pertama, rambut lurus dibagi menjadi tiga, yaitu halus, sedang dan kasar. Rambut lurus dikenal sebagai tipe yang sangat lembut, berkilau, cenderung berminyak, jatuh dan sulit menahan keriting. Kedua, rambut bergelombang dibagi jadi tiga, yakni loose waves (gelombang longgar), defined waves (gelombang pasti) dan wide waves (gelombang lebar). Perbedaan di antara ketiganya adalah kecenderungan dari lurus ke keriting.

Ketiga adalah rambut keriting, yang juga dibagi menjadi tiga, yaitu loose curls (keriting longgar), tight curls (keriting ketat) serta corkscrews (keriting yang sangat rapat). Ketiganya memiliki ciri-ciri rambut yang keriting, terlihat penuh dan tebal. Terakhir, jenis rambut coily (keriting kecil dan rapat), dibagi juga menjadi tiga yakni defined coils, z coils dan tight coils. Tipe ini memiliki ciri rambut yang keriting kecil-kecil, melingkar kuat, sangat bervolume, rapat dan erat. Untuk lebih jelasnya, perhatikan bagan di bawah ini:

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afrohshairclinic.co.uk

2. Jenis rambut afro dimiliki oleh siapa saja?

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afroprettyandcocoa.com

Rambut ini dinamai afro karena sebagian besar pemiliknya memang orang-orang keturunan Afrika. Namun, nyatanya rambut ini juga dimiliki orang-orang Oceania. Ini termasuk orang Polinesia, Melanesia, Mikronesia, Papua dan Aborigin di Australia. Tak heran jika saudara-saudara kita di Papua memiliki rambut jenis ini.

Jangan heran, karena kelompok etnis yang berbeda memiliki perbedaan dalam hal struktur, kepadatan dan laju pertumbuhan rambut. Itulah kenapa rambut orang keturunan Afrika cenderung keriting kecil-kecil, sementara rambut orang dari ras Mongoloid cenderung lurus. Hal ini alami dan memang terkandung dalam DNA masing-masing suku, etnis dan ras. 

3. Seberapa cepat rambut afro tumbuh?

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afroself.com

Jika dugaanmu rambut afro tumbuh lebih cepat dari jenis lain, kamu salah! Justru sebaliknya, menurut British Journal of Dermatology, rambut afro tumbuh lebih lambat dari rambut orang dari ras Kaukasia. Rambut afro tumbuh rata-rata 256 mikrometer per hari, sementara rambut dari ras Kaukasia tumbuh sekitar 396 mikrometer per hari.

Selain itu, dari segi kepadatan rambut, keduanya pun berbeda. Kepadatan rata-rata rambut afro adalah 190 rambut per cm2, sementara kepadatan rambut dari ras Kaukasia sekitar 227 rambut per cm2. Meski begitu, rambut afro memang terlihat lebih banyak karena lebih mengembang, mekar dan bervolume.

4. Rambut afro lebih kuat dari jenis rambut lain?

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afrohairstylehub.com

Jika kamu menebak bahwa rambut afro lebih kuat dari rambut jenis lain, lagi-lagi jawabanmu salah. Faktanya, struktur rambut ini lebih rentan rusak daripada jenis rambut lainnya, ungkap laman Haifinity. Apalagi, jika ditambah dengan perawatan kimia seperti mengecat atau mencatok rambut.

Hal ini karena rambut afro lebih kering, berbanding terbalik dengan rambut lurus yang cenderung berminyak. Minyak yang diproduksi secara alami dalam folikel rambut lebih sulit mencapai ujung rambut yang keriting dan menyebabkan rambut jadi kering, jelas laman Healthy Hair Plus. Sementara, pada rambut lurus, minyak lebih mudah untuk melakukan perjalanan ke batang rambut, melapisi tiap helai dengan perlindungan alami.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Seledri Agar Rambutmu Tetap Sehat dan Berkilau

5. Mengapa jarang rambut afro yang bisa tumbuh panjang?

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afroebony.com

Bila dibandingkan dengan rambut dari jenis lain, rambut afro adalah jenis yang paling sulit untuk tumbuh panjang. Selain karena kering, perempuan dengan rambut afro juga kerap mengalami kekurangan zat besi, ungkap laman Black American Web

Studi menunjukkan bahwa kekurangan zat besi merupakan defisiensi yang paling umum terjadi di seluruh dunia. Selama 40 tahun penelitian, ditemukan bahwa kekurangan zat besi bisa memicu kerontokan, kerusakan dan menjadikan rambut lebih rapuh. Padahal, zat besi ini adalah kunci untuk pertumbuhan rambut.

6. Rambut afro gak boleh sering-sering dikeramasi, lho!

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afrofabwoman.ng

Berbeda dengan jenis rambut lain yang keramas setiap 2 hari sekali, rambut afro gak boleh sering-sering dicuci! Rambut afro disarankan untuk dicuci tiap 7-10 hari sekali. Hal ini karena jenis rambut ini sangat kering, sementara sampo justru akan membilas minyak pada rambut, terang laman Live About.

Namun, tak masalah untuk mencuci rambut, apalagi jika sudah mulai kotor. Solusinya, berikan nutrisi lebih pada kulit kepala. Bisa dengan memberi berbagai jenis minyak, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak argan, minyak zaitun hingga minyak almond. 

7. Apa yang terjadi ketika rambut afro diluruskan?

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afroafrokinkyhair.com

Tak sedikit pemilik rambut afro yang terpaksa meluruskan rambutnya. Ini dilakukan karena berbagai hal, misalnya agar mereka mendapatkan pekerjaan lebih mudah. Padahal, meluruskan rambut justru memicu kerusakan. Pelurusan ini merubah serat rambut secara fisik dan kimia serta merusak kutikula rambut, terang laman Huffpost.

Selain itu, pelurusan rambut juga menyebabkan kerusakan pada kulit kepala karena kandungan bahan kimia di dalam obat pelurus rambut. Panas yang memancar dari blow dryer dan catokan juga merusak kutikula rambut. Oleh karena itu, membiarkan rambut afro tetap dalam kondisi alami dinilai lebih baik dari segi kesehatan.

8. Rambut afro bisa menyusut dengan sendirinya!

Unik Banget! Ini 8 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rambut Afronaturallycurly.com

Jika rambut lurus dapat bertambah panjang, tentunya rambut afro juga bisa. Bedanya, rambut afro sulit mencapai panjang yang maksimal dan akan terus-menerus menyusut! Meski tak disukai oleh para perempuan berambut afro, nyatanya rambut yang menyusut ini merupakan pertanda rambut yang normal dan sehat, terang laman Naturally Curly.

Penyusutan ini juga terjadi ketika rambut afro terkena air, di mana panjang rambut akan berkurang untuk sementara. Berbeda lagi dengan rambut afro yang telah mengalami proses kimia dan pelurusan. Rambut mereka akan menyusut lebih lama. Ini karena struktur rambut telah rusak secara permanen, sehingga tidak akan kembali ke asalnya, jelas laman Afro Kinky Hair.

Nah, itulah 8 fakta unik seputar rambut afro. Jika kamu memiliki rambut dengan tipe ini, jangan khawatir karena kamu tetap memesona! You are amazing, just the way you are!

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut Keriting Biar Tak Kusut, Jangan Direbonding!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You