12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!

Mereka sudah ada sejak ratusan juta tahun lalu

Pernahkah kamu mendengar istilah 'fosil hidup'? Charles Darwin, pencetus teori evolusi, di tahun 1859 mengatakan bahwa fosil hidup adalah spesies (atau kelompok spesies) yang tidak banyak berubah. Fosil hidup memberikan secercah informasi mengenai bentuk kehidupan sebelumnya, yang kini sudah punah, dilansir Palaeontologia Electronica.

Beberapa hewan di bawah ini dikategorikan sebagai fosil hidup karena sudah ada sejak ratusan juta tahun yang lalu. You'll be amazed!

1. Hiu goblin

12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!ilustrasi hiu goblin (instagram.com/happyearthactions)

Melansir Wildlife Conservation Society, hiu goblin (Mitsukurina owstoni) disebut sebagai fosil hidup karena mereka satu-satunya perwakilan famili Mitsukurinidae yang masih ada. Hiu goblin telah ada di bumi sejak 125 juta tahun silam dan berevolusi selama periode awal zaman kapur.

Mengapa dinamai hiu goblin? Ini karena moncong panjang khas yang fungsinya untuk mencari makan di lautan yang gelap. Mereka bisa dijumpai di laut dengan kedalaman 100 meter atau bahkan lebih.

2. Semut Martialis heureka

12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!ilustrasi semut purba (antbase.net)

Fosil hidup selanjutnya ialah semut Martialis heureka yang ditemukan di hutan hujan Amazon. Ilmuwan menduga semut ini muncul ke permukaan 125 juta tahun silam saat tanaman berbunga berevolusi dan menciptakan relung ekologi baru, dikutip Wired.

"Saya menganggap ini sebagai penemuan sensasional. Genus semut yang baru ditemukan ini, yang termasuk dalam subfamili semut yang baru terbentuk, merupakan dasar dari evolusi semut," ujar Bert Hoelldobler, ahli entomologi dari Arizona State University.

Melansir College of Natural Sciences, arti nama ilmiah semut ini adalah "semut dari Mars" karena memiliki kombinasi karakteristik yang belum pernah dijumpai sebelumnya. Semut ini panjangnya 2-3 mm, pucat, tidak memiliki mata dan rahang yang besar, serta tinggal di dalam tanah.

3. Hiu berjumbai

12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!ilustrasi hiu berjumbai (instagram.com/animal_didyouknows)

Kemudian, ada hiu berjumbai (Chlamydoselachus anguineus) yang panjangnya 1,5 meter dan mempunyai 300 gigi. Mereka dijuluki sebagai fosil hidup karena dalam 80 juta tahun terakhir bentuknya tidak banyak berubah, dilansir National Geographic.

Menurut MarineBio, hiu berjumbai biasanya ditemukan di dekat dasar laut pada kedalaman antara 120-1.280 meter dari permukaan laut. Yang mengejutkan, hiu berjumbai memiliki masa kehamilan yang sangat panjang yaitu sekitar 3,5 tahun!

4. Ikan sturgeon

12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!ilustrasi ikan sturgeon (njspotlight.com)

Tahukah kamu dari mana asal caviar? Telur ikan yang tidak dibuahi (unfertilized eggs) dan harganya selangit ini berasal dari ikan sturgeon. Ikan sturgeon sendiri dijuluki sebagai fosil hidup karena telah menghuni bumi sejak awal zaman kapur, sekitar 130 juta tahun silam.

Meski begitu, ikan sturgeon sekarang berada di bawah ancaman berat akibat polusi air, perburuan liar, dan penangkapan yang berlebihan (overfishing). Sekitar 27 spesies sturgeon ada dalam Daftar Merah IUCN dan 63 persen di antaranya dikategorikan sangat terancam punah (critically endangered).

Baca Juga: Tak Diduga, 9 Fakta Gigi Hewan Ini Akan Mengejutkanmu

5. Udang kecebong

12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!ilustrasi udang kecebong (instagram.com/trippy.triops)

Udang kecebong (tadpole shrimp) dari ordo Notostraca dianggap sebagai fosil hidup dan telah ada di bumi sejak 200-220 juta tahun silam. Melansir Freshwater Habitats Trust, mereka bisa tumbuh hingga 10 cm, mempunyai banyak kaki, dua ekor dan antena panjang untuk mencari makanan di lumpur.

Hewan ini mempunyai tingkat adaptasi yang luar biasa. Mereka bisa bertahan dalam periode kekeringan yang panjang. Begitu kekeringan usai, mereka berkembang biak dengan cepat dan membuat populasinya meledak.

6. Lamprey

12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!ilustrasi lamprey (instagram.com/fauna_gallery_)

Berdasarkan studi yang diterbitkan di jurnal Dongwuxue Yanjiu pada tahun 2016, lamprey (yang termasuk dalam superclass Cyclostomata) adalah kelompok vertebrata paling kuno yang telah ada di bumi sejak 360 juta tahun yang lalu. Mengutip University of Chicago News Office, lamprey adalah parasit panjang seperti belut yang menempel dan memakan ikan lain.

Dari 46.000 spesies vertebrata, lamprey dan hagfish merupakan dua vertebrata tanpa rahang yang masih hidup. Selain tidak mempunyai rahang, lamprey juga tidak memiliki sisik, serta tidak memiliki sirip dada dan sirip perut yang berpasangan. Lamprey adalah hewan anadromous, yang artinya menetas di air tawar, bermigrasi ke laut, lalu kembali ke air tawar untuk bertelur.

7. Coelacanth

12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!ilustrasi ikan coelacanth (reefbuilders.com)

Dulunya, ikan coelacanth dianggap sudah punah bersamaan dengan dinosaurus. Namun, pada tahun 1938, hewan ini ditemukan di lepas pantai timur Afrika Selatan dalam kondisi hidup dan sehat, dilansir Reuters.

Ilmuwan memperkirakan penghuni laut dalam yang berukuran besar dan nokturnal ini sudah ada sejak 360 juta tahun silam. Yang mencengangkan, ikan coelacanth matang secara seksual di usia 55 tahun dan memiliki masa kehamilan 5 tahun!

8. Belangkas atau mimi

12 Hewan Tertua di Dunia yang Menjadi Fosil Hidup!ilustrasi belangkas (americanoceans.org)

Di Indonesia, kepiting tapal kuda (horseshoe crab) dikenal dengan nama belangkas atau mimi. Mereka termasuk fosil hidup karena bentuknya tidak berubah sejak 445 juta tahun, bahkan sebelum ada dinosaurus, dilansir Florida Fish and Wildlife Conservation.

Meski namanya ada embel-embel kepiting, nyatanya hewan ini bukanlah kepiting. Justru, mereka berkerabat dengan laba-laba, kalajengking, dan arachnida lain! Mind blown, huh?