7 Penemuan Terpenting di Bidang Biologi, Kamu Perlu Tahu

Temuan ini ikut andil dalam mengubah dunia

Biologi merupakan bidang studi yang menarik dan sangat kompleks. Cakupannya luas, mulai dari membahas hewan, tanaman, manusia, virus, bakteri, lingkungan, hingga rekayasa genetik. Tak heran kalau biologi menjadi mata pelajaran favorit banyak orang waktu masih duduk di bangku sekolah.

Tak terhitung betapa banyaknya penemuan dalam biologi yang berkontribusi pada kemajuan peradaban manusia. Berikut ini beberapa temuan yang terpenting!

1. Arteri membawa darah, bukan udara

7 Penemuan Terpenting di Bidang Biologi, Kamu Perlu Tahuilustrasi arteri dan vena (niveinclinic.com)

Selama 400 tahun, orang-orang mempercayai bahwa arteri membawa udara. Namun, Galen (dokter Yunani) meragukan itu. Salah satu temuannya adalah arteri membawa darah, bukan udara.

Tidak hanya itu, Galen juga mampu membedakan tujuh pasang saraf kranial, menggambarkan katup jantung, serta mengamati perbedaan struktural antara arteri dan vena, dilansir Britannica. Galen percaya bahwa anatomi merupakan dasar pengetahuan medis.

Pada saat itu, pembedahan mayat manusia masih dianggap tabu. Sehingga, Galen harus puas membedah dan bereksperimen dengan hewan seperti babi, domba, kambing, hingga kera Barbary. Tak pelak, kesimpulannya mengenai anatomi manusia sering keliru.

2. Mikroskop yang bisa memperbesar hingga 500 kali

7 Penemuan Terpenting di Bidang Biologi, Kamu Perlu Tahuilustrasi replika mikroskop Leeuwenhoek (quekett.org)

Mikroskop ciptaan Antonie van Leeuwenhoek memiliki kejelasan dan pembesaran yang lebih optimal daripada mikroskop majemuk pada zamannya. Dirancang sekitar tahun 1668, mikroskop ini sepenuhnya buatan tangan (handmade), termasuk sekrup dan paku keling, mengutip Microscope Master.

Selama hidupnya, ia menciptakan lebih dari 400 jenis mikroskop, namun hanya sembilan yang masih bertahan hingga kini. Dilansir Bionity, mikroskop ini bisa memperbesar sampai 275 kali. Bahkan, ada yang bisa memperbesar hingga 500 kali!

Apa tujuan Leeuwenhoek menciptakan mikroskop? Ia ingin mencari tahu lebih banyak tentang kehidupan yang tak kasatmata, seperti bakteri, vakuola sel, dan pola pita serat otot.

3. Taksonomi modern untuk memberi nama makhluk hidup

7 Penemuan Terpenting di Bidang Biologi, Kamu Perlu Tahuilustrasi taksonomi modern (slidetodoc.com)

Carolus Linnaeus merupakan penemu taksonomi modern. Ia membuat aturan untuk memberi nama hewan dan tumbuhan dengan tata nama binomial yang konsisten, mengutip Britannica.

Dua komponen sistem Linnaean adalah gagasan tata nama binomial (penamaan organisme) dan gagasan hierarki (mengklasifikasikan organisme ke dalam kelompok). Hierarki Linnaean secara berurutan dari yang paling umum ke spesifik adalah kingdom, filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies.

Sementara, binomial nomenklatur adalah ide Linnaeus bahwa setiap spesies perlu diberi nama yang unik. Nama terdiri dari dua bagian, yaitu genus dan julukan tertentu. Jika digabung, kedua kata tersebut membentuk nama ilmiah spesies.

4. Teori seleksi alam menjelaskan mengapa organisme mampu bertahan hidup

7 Penemuan Terpenting di Bidang Biologi, Kamu Perlu Tahuilustrasi seleksi alam (expii.com/Gabi Slizewska)

Kamu pasti pernah mendengar tentang teori seleksi alam yang dikembangkan oleh Charles Darwin dan Alfred Russel Wallace. Secara alami, organisme menghasilkan lebih banyak keturunan daripada yang mampu bertahan di lingkungannya.

Individu yang lebih siap secara fisik lebih mungkin bertahan hidup, tumbuh dewasa, dan bereproduksi. Sedangkan individu yang kurang siap atau lebih lemah cenderung tidak mencapai usia reproduktif atau menghasilkan lebih sedikit keturunan, dilansir National Geographic.

Teori seleksi alam terkadang disebut sebagai "survival of the fittest". Organisme yang "fittest" (paling mampu beradaptasi dengan lingkungannya) adalah yang paling berhasil bereproduksi dan mewariskan sifat-sifatnya ke generasi selanjutnya.